HO-3.1
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA/SMK ……………….
Matapelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/Semester
: XI/ 1 (Wajib)
Materi
Pokok : Offer and Suggest
Alokasi
Waktu : 6 x 45 menit
A.
KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional.
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
Indikator :
·
Siswa dapat
mengidentifikasi ungkapan tawaran (Students are able to identify what is offer)
·
Siswa dapat
mengidentifikasi ungkapan saran (Students are able to identify what is
suggestion)
·
Siswa dapat membedakan
ungkapan tawaran dan saran (Students are able to differentiate between offer
and suggestion)
·
Siswa dapat menjelaskan
fungsi ungkapan tawaran (Students are able to explain the usage of offer)
·
Siswa dapat menjelaskan
fungsi ungkapan saran (Students are able to explain the usage of suggestion)
4.1 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan
memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Indikator :
·
Siswa dapat
menyampaikan ungkapan tawaran sesuai konteks dengan benar (Students are able to
offer based on context properly)
·
Siswa dapat
merespon sebuah tawaran dengan tepat (Studentsare able to respond to an offer
properly)
·
Siswa dapat
menyampaikan ungkapan saran sesuai konteks dengan tepat (Studentsare able to
give suggestions based on context properly)
·
Siswa dapat
merespon sebuah saran dengan tepat (Studentsare able to respond to suggestions
properly)
·
Siswa dapat
menulis ungkapan tawaran dengan benar (Studentsare able write offers correctly)
·
Siswa dapat
menulis ungkapan saran dengan benar (Students are able to write suggestions
correctly)
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa terampil menggunakan ungkapan tawaran dan
secara lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar, dan menunjukkan perilaku santun, disiplin,
percaya diri, dan tanggung jawab.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Ungkapan Tawaran dan Saran (Offer and Suggest)
1.
Fungsi Sosial :
Menyampaikan
dan merespon tawaran dan saran
2.
Struktur Teks
Tawaran
:
Ø May
I give you a hand?
Ø Can
I help you?
Ø How
about I help you with this?
Ø Would
you like another piece of cake?
Saran:
Ø Let’s
go to the library.
Ø Why
don’t you do your homework before going out.
Ø I
suggest that we call it a day.
Ø How
about going to Sam’s place first?
3.
Unsur Kebahasaan
Kata
kerja (Modal Verbs) di dalam ungkapan tawaran :
May I ...
Can I ...
Shall I ..
Would you ...
How about I...
Kata
kerja di dalam ungkapan saran :
Let’s ....
Why
don’t we ....
We could
...
What
about ...
How
about ...
I
suggest that ....
You
might want to change ...
I think
.…
I don’t
think .…
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Scientific approach
2. Model : Discovery based learning
3. Teknik : Membaca, diskusi, kerja kelompok,
percakapan, mencipta, dan menganalisa.
E.
MEDIA
DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Buku
Teks, dongeng-dongeng dari sumber lain, tayangan cuplikan gambar.
F.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE-1
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
· Mengucapkan salam dan berdo’a bersama
· Memberi motivasi belajar dengan mengajak siswa
berimajinasi.
· Memberi brainstorming berupa pertanyaan yang
sesuai dengan materi yang akan disampaikan
· Menjelaskan tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang akan dicapai.
· Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan
uraian kegiatan yang akan dilakukan.
2.
Kegiatan
Inti (60 menit)
Siswa membaca cerita TheEnchanted
Fish secara berpasangan. Sambil
membaca, siswa diminta menggarisbawahi kata-kata yang tidak dimengerti dan
mencoba membayangkan cerita tersebut. Guru memberikan kesempatan pada siswa
untuk mengajukan pertanyaan terkait bacaan. Guru meminta pada siswa untuk
mengumpulkan informasi tentang ungkapan saran dan tawaran menurut pemahaman
mereka sendiri dan mencari nilai moral. Siswa membandingkan perbedaan antara
ungkapan saran dan tawaran dalam cerita dan siswa sudahkah mengimplementasikan
ungkapan tersebut dalam kegiatan nyata.. Siswa mempresentasikan hasil diskusi tentang
nilai moral cerita sertaungkapan yang diperoleh di dalam cerita.
3. Penutup
(20 menit)
Sebagai
penutup kegiatan pada pertemuan ke-1 siswa diminta menulis jurnal (Personal Journal Writing) tentang sikap
syukur atas nikmat Tuhan
PERTEMUAN
KE 2
1. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
· Mengucapkan salam dan berdo’a bersama
· Menanyakan tugas sebelumnya
· Mengulang kembali materi sebelumnya secara
sekilas
Guru
menyampaikan bahwa siswa akan belajar tentang offer dan suggest serta
bagaimana penggunaannya dalam komunikasi sehari-hari.
Guru menanyakan
apakah di antara siswa ada yang sudah memahami tentang offer dan suggest. Siswa
yang sudah tahu diminta memberikan contoh.
Kemudian guru
meminta siswa melihat kembali isi cerita dan menunjukkan pernyataan-pernyataan
dalam teks yang merupakanoffer dansuggest.Guru memperkuat pemahaman siswa
dengan pertanyaan-pertanyaan dan penjelasan tentang offer dan suggest serta bagaimana
merespon offer dan suggest dengan tepat. Guru menjelaskan
ciri-ciri kebahasaan dari ungkapan offer
dan suggest, melalui contoh-contoh
yang disajikan di buku teks maupun contoh dari guru sendiri.
Setelah
mendengarkan penjelasan guru dan contoh-contoh penggunaan offerdan suggest serta
ciri-ciri kebahasaan yang ada pada ungkapan offer dan suggest,
kegiatan dilanjutkan dengan latihan
tertulis berkaitan dengan ungkapan offer dan suggest.
3. Penutup
(10 menit)
-
Siswa mengumpulkan hasil latihannya.
-
Gueu memberi tugas siswauntuk
memintaayah/ibu, kakek/nenek, atau wali untuk menceritakan dongeng dalam bahasa
Indonesia. Siswa kemudian menrjemahkannya ke dalam bahasa Inggris dan
mempresentasikan hasil di depan kelas.
-
Guru memberi tugas proyek untuk minggu
yang akan datang (tugas dapat dilihat pada bagian “Let’s Create and Contribute”)
PERTEMUAN
KE 3
1. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
· Mengucapkan salam dan berdo’a bersama
· Menanyakan tugas sebelumnya
· Mengulang kembali materi sebelumnya secara
sekilas
2.
Kegiatan
Inti (80 menit)
Dengan menggunakan salah satu Visible Thinking Technic yakni Think,
Pair, Share, siswa diminta memecahkan masalah. Siswa diminta memikirkan
kalimat tawaran atau saran yang tepat untuk mendamaikan dua teman yang sedang
bermusuhan. Siswa diminta melakukannya secara berpasangan. Setelah itu mereka
menyampaikannya di depan guru dan teman sekelas.
Kemudian, siswa
diminta membentuk kelompok terdiri dari 4-5 orang. Lalu memilih salah satu di
antara 2 tugas yang ditawarkan:
a. Menciptakan
pertunjukan pantomim yang mengandung offer
dan suggestion sesuai petunjuk di
buku teks
b. Mendesain
kartu pos yang memuat offer dan suggestion sesuai petunjuk di buku teks.
Setelah waktu
yang ditentukan habis, guru memberi kesempatan kepada kelompok yang mau
menampilkan hasil karyanya di depan kelas.
3. Penutup
(5 menit)
-
Siswa mengumpulkan hasil karyanya.
-
Guru mengingatkan kembali tugas proyek
siswa.
G.
PENILAIAN
a.
Jenis/teknik
penilaian
·
Tertulis:
-
Latihan soal pada
bagian Let’s Practice
-
Summative assessment
·
Unjuk Kerja
(Kinerja/performance)
-
Melakukan percakapan
berisi ungkapan tawaran dan saran
-
Menulis dongeng
-
Proyek pembuatan poster
·
Penilaian sikap selama
proses pembelajaran:
-
Sikap saat kegiatan
membaca
-
Sikap saat kegiatan
diskusi
-
Sikap saat kegiatan
kerja kelompok
b.
Instrumen
dan Cara Penilaian
1. Tes
tertulis dalam bentuk soal. Penilaiannya dilakukan dengan cara menghitung
jumlah jawaban benar dari jumlah soal yang diberikan.
2. Instrumen
Unjuk kerja, yaitu berupa rubrik penilaian. Berikut adalah rubrik-rubrik
penilaian yang dapat digunakan oleh guru untuk melakukan penilaian unjuk kerja
siswa, berikut teknik perhitungan skornya.
a. Rubrik
Percakapan
Kriteria
|
Skor
4
|
Skor
3
|
Skor
2
|
Skor
1
|
Pelafalan
(Pronuncing)
|
Lafal dapat difahami
meskipun dengan aksen tertentu
|
Ada masalah dalam
pengucapan sehingga membuat pendengar harus sangat fokus dan kadang-kadang
menimbulkan kesalahfahaman
|
Sulit dimengerti karena
ada masalah dalam pelafalan dan frekuensinya sering.
|
Hampir selalu kelur
dalam pelafalan sehingga tidak dapat dimengerti
|
Tata
Bahasa
(Grammar)
|
Hampir tidak ada
kekeliruan tata bahasa
|
Terjadi beberapa
kekeliruan tata bahasa namun tidak berpengaruh terhadap arti
|
Banyak terjadi
kekeliruan tata bahasa yang mempengaruhi arti dan sering kali harus menyusun
ulang kalimat percakapan
|
Tata bahasa sangat buruk
sehingga percakapan sangat sulit difahami
|
Kosakata
(Vocabulary)
|
Kadang-kadang pelafalan
tidak tepat dan mengharuskan penjelasan lebih lanjut karena kosakata yang
tidak sesuai
|
Sering menggunakan
kosakata yang tidak tepat sehingga
dialognya menjadi terbatas karena kosakata yang terbatas.
|
Menggunakan kosakata
yang salah sehingga tidak dapat difahami.
|
Kosakata sangat terbatas
sehingga tidak memungkinkan terjadinya dialog
|
Kelancaran
(Fluency)
|
Dialog lancar,
sangat sedikit menemui kesulitan
|
Tidak terlalu lancar
karena menemui kesulitan bahasa
|
Sering ragu dan berhenti
karena keterbatasan bahasa
|
Sering berhenti dan diam
selama dialog sehingga dailog tidak tercipta
|
Pemahaman
(Comprehension)
|
Seluruh isi percakapan
dapat difahami meskipun sesekali ada pengulangan pada bagian-bagian tertentu
|
Sebagian besar Isi
percakapan dapat dimengerti meskipun ada beberapa pengulangan
|
Sulit untuk mengikuti
dialog yang dilakukan kecuali pada bagian dialog umum dengan percakapan yang
perlahan-lahan dan banyak pengulangan.
|
Tidak dapat difahami
bahkan dalam bentuk dialog yang singkat sekalipun
|
Cara
Penilaian Percakapan:
No.
|
Nama
Siswa
|
Perolehan Skor
|
Jumlah skor perolehan
|
||||
Kriteria ke-1
|
Kriteria ke-2
|
Kriteria ke-3
|
Kriteria ke-4
|
Kriteria ke-5
|
|||
1.
|
Annisa
Larasati
|
4
|
3
|
3
|
2
|
4
|
16
|
2.
|
Asep
Sudrajat
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
15
|
3.
|
Beni
Hermawan
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
17
|
....
|
..........................
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
|
Rumus
perhitungan nilai siswa, sebagai berikut :
Jumlah skor yang
diperoleh siswax 100
Skor maksimal/ideal
Keterangan:
·
Jumlah skor yang
diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria ke-1
sampai dengan ke-5
·
Skor maksimal/ideal
adalah hasil perkalian skor tertinggi (4) dengan jumlah kriteria yang
ditetapkan (ada 5 kriteria). Jadi skor maksimal/ideal= 4x5 = 20
Sehingga
perhitungan nilai akhir siswa adalah :
1. Annisa
Larasati : 16 x 100 = 80 2. Asep
Sudrajat: 15 x 100 = 75
20 20
b. Rubrik
Penilaian Menulis
Kriteria
|
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
Ide
Penulisan
|
Ide
yang dipilih orisinal, Ide sangat sesuai dengan genre yang dipilih, ide
dikembangkan dengan tepat dan terarah,
|
Hanya
memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 1 atau bahkan tidak memenuhi sama sekali 4 ketentuan yang telah
ditetapkan.
|
Organisasi/
Struktur Teks dan isi
|
Teks
sesuai dengan genre yang dipilih, ketentuan dan ciri-ciri genre yang dipilih
diikuti dengan sempurna, ide penulisan dan informasi yang disajikan sangat
relevan, isi teks sangat mudah dipahami.
|
Hanya
memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 1 atau bahkan tidak memnuhi semua kriteria yang ditetapkan
|
Tata
Bahasa
|
Tidak
ada kesalahan tata bahasa yang signifikan, makna dan isi teks dapat dipahami
dengan jelas
|
Ada
beberapa kesalahan tata bahasa namun tidak terlalu berpengaruh terhadap makna
kalimat dan isi teks
|
Sering
ditemukan kesalahan tata bahasa, namun makna dan isi teks masih dapat
dipahami
|
Banyak
sekali kesalahan tata bahasa sehingga makna dan isi teks sulit dipahami
|
Perbendaharaan
Kata
|
Kalimat-kalimat
yang digunakan sangat efektif, menggunakan variasi lexical dengan benar,
menguasai bentuk kata dan idiom dengan benar dan efektif, istilah-istilah digunakan
dengan benar
|
Hanya
memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 1 atau bahkan tidak memnuhi semua kriteria yang ditetapkan
|
Cara
Penilaian Penulisan :
No.
|
Nama
Siswa
|
Perolehan Skor
|
Jumlah skor perolehan
|
|||
Kriteria ke-1
|
Kriteria ke-2
|
Kriteria ke-3
|
Kriteria ke-4
|
|||
1.
|
Annisa
Larasati
|
4
|
3
|
3
|
2
|
12
|
2.
|
Asep
Sudrajat
|
4
|
3
|
3
|
4
|
14
|
3.
|
Beni
Hermawan
|
3
|
4
|
4
|
3
|
14
|
....
|
..........................
|
...
|
...
|
...
|
...
|
|
Rumus
perhitungan nilai siswa, sebagai berikut :
Jumlah skor yang
diperoleh siswax 100
Skor maksimal/ideal
Keterangan:
·
Jumlah skor yang
diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria ke-1
sampai dengan ke-5
·
Skor maksimal/ideal
adalah hasil perkalian skor tertinggi (4) dengan jumlah kriteria yang
ditetapkan (ada 4 kriteria). Jadi skor maksimal/ideal= 4x4 = 16
Sehingga
perhitungan nilai akhir siswa adalah :
1. Annisa
Larasati : 12 x 100 = 75 2. Asep
Sudrajat: 14 x 100 = 87,5
16 16
c. Rubrik
Penilaian Proyek
Kriteria
|
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
Orisinalitas
ide
|
Ide
ditentukan sendiri dengan mandiri.
|
Ide
dirumuskan dengan adanya masukan dari
guru atau pihak lain.
|
Ide
dirumuskan dengan bantuan guru atau pihak lain
|
Ide
diberikan oleh guru atau pihak lain.
|
Kreatifitas
|
Kreatifitas
dalam membuat proyek sangat menonjol dengan adanya komposisi warna, garis,
bentuk, dan ornamen-ornamen yang menarik dan variatif, tanpa mengganggu isi
dan tujuan pembuatan proyek
|
Kreatifitas
cukup dengan adanya variasi warna, garis, dan bentuk, namun tampilan kurang
menarik, sedangkan isi dan tujuan proyek sudah sesuai dengan ketentuan yang
ditetapkan
|
Kreatifitas
kurang sehingga tampilan kurang menarik, isi dan tujuan proyek masih sesuai
dengan ketentuan yang ditetapkan
|
Baik
kreatifitas maupun isi dan tujuan proyek tidak sesuai dengan yang telah
ditetapkan
|
Waktu
penyelesaian proyek
|
Proyek
diselesaikan sesuai dengan target waktu yang diberikan
|
Proyek
diselesaikan dengan sedikit tambahan waktu, namun tidak melebihi hari yang
ditetapkan
|
Proyek
diselesaikan dengan tambahan waktu maksimum 1 hari
|
Proyek
tidak selesai meskipun sudah diberikan tambahan waktu 1 hari.
|
Kesesuaian
proyek dengan permintaan tugas
|
Proyek
memenuhi semua ketentuan yang ditetapkan
|
Ada
sebagian kecil ketentuan tidak terpenuhi
|
Sebagian
besar ketentuan tidak terpenuhi
|
Proyek
tidak sesuai dengan ketentuan sama sekali.
|
Cara Penilaian
Proyek :
No.
|
Kelompok
|
Perolehan Skor
|
Jumlah skor perolehan
|
|||
Kriteria ke-1
|
Kriteria ke-2
|
Kriteria ke-3
|
Kriteria ke-4
|
|||
1.
|
Kelompok
1
|
3
|
3
|
3
|
4
|
12
|
2.
|
Kelompok
2
|
4
|
3
|
3
|
4
|
14
|
3.
|
Kelompok
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
14
|
....
|
..........................
|
...
|
...
|
...
|
...
|
|
Rumus
perhitungan nilai kelompok, sebagai berikut :
Jumlah skor yang
diperoleh kelompok x 100
Skor maksimal/ideal
Keterangan:
·
Jumlah skor yang
diperoleh kelompok adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria ke-1
sampai dengan ke-5
·
Skor maksimal/ideal
adalah hasil perkalian skor tertinggi (4) dengan jumlah kriteria yang
ditetapkan (ada 4 kriteria). Jadi skor maksimal/ideal= 4x4 = 16
Sehingga
perhitungan nilai akhir kelompok adalah :
1. Kelompok
1 : 12 x 100 = 75 2.
Kelompok 2: 14 x 100 = 87,5
16 16
Nilai
kelompok secara otomatis akan menjadi nilai anggotanya.
3. Penilaian
Sikap Melalui Observasi
a. Lembar
Pengamatan Sikap pada Kegiatan Membaca
No.
|
Sikap yang diamati
|
Terlihat (√)
|
Tidak terlihat (√)
|
1.
|
Ketertiban selama kegiatan
|
|
|
2.
|
Keseriusan selama kegiatan
|
|
|
3.
|
Tanggung jawab dalam melaksanakan
tugas
|
|
|
b. Lembar
Pengamatan Sikap pada Kegiatan Diskusi
No.
|
Sikap yang diamati
|
Terlihat (√)
|
Tidak terlihat (√)
|
1.
|
Partisipasi dalam diskusi
|
|
|
2.
|
Rasa percaya diri dalam mengemukakan
pendapat
|
|
|
3.
|
Saling menghormati dan menghargai
|
|
|
4.
|
Tanggung jawab dalam menyelesaikan
tugas
|
|
|
c. Lembar
Pengamatan Sikap pada Kegiatan Kerja Kelompok
No.
|
Sikap yang diamati
|
Terlihat (√)
|
Tidak terlihat (√)
|
1.
|
Kerja sama
|
|
|
2.
|
Ketertiban
|
|
|
3.
|
Tanggung jawab
|
|
|
4.
|
Kepedulian
|
|
|
Contoh Format Hasil Pengamatan Kegiatan
Membaca
No.
|
Nama
Siswa
|
Sikap 1
|
Sikap 2
|
Sikap 3
|
|||
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
||
1.
|
Annisa
Larasati
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Asep
Sudrajat
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Beni
Hermawan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
............................
|
|
|
|
|
|
|
....................,
.............................. 2014
Mengetahui
Kepala SMK Guru
Mata Pelajaran
_______________________ _________________________
NIP. ... NIP. ..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama satuan pendidikan : SMK
MIMPI INDAH
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester :
XI/1
Materi pokok :
Teks eksposisi tulis tentang “bullying”
Alokasi waktu : 6 x 45 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B. Kompetensi dasar dan indicator pencapaian kompetensi:
Kompetensi Dasar (KD):
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar
3.2
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
Indikator:
·
Siswa mampu mengidentifikasi gambaran
umum dan informasi tentang “bullying” dengan penuh percaya diri dan tanggung
jawab.
·
Siswa mampu membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada teks.
4.2
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
merespons ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, benar dan
sesuai konteks.
C.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik mampu menganalisis
dan menangkap makna teks opini lisan dan tulis
D.
Materi
Pembelajaran
Teks eksposisi lisan dan tulis
sederhana
Fungsi social:
-
Mengenalkan, mengidentifikasi, memberi
gambaran dan memberikan nilai-nilai moral kepada peserta didik
Struktur
Teks
-
Penyebutan definisi “bullying”
-
Penyebutan kasus “bullying”
Unsur
kebahasaan
-
Menggunakan simple past tense
-
Rujukan kata
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi ketika
mempresentasikan secara lisan
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatam saintifik
Strategi 5M: Mengamati, menanya,
mencoba, menalar, mengkomunikasikan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media :
Power Point Presentation
Alat :
Laptop, LCD
Sumber belajar : Suara guru,
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
a. Kegiatan Pendahuluan (10’)
·
Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti
proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku pelajaran;
·
Memotivasi peserta didik secara
kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran teks pemaparan tentang kasus
“bullying” dalam kehidupan sehari-hari.
·
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk
mereviu materi sebelumnya.
·
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti (75’)
Mengamati (20’)
·
Peserta didik dikelompokkan dalam
kelompok 4 kelompok,masing-masing 6 orang. Kemudian siswa mengamati gambar yang
ditunjukkan oleh guru.
·
Peserta didik belajar menemukan
informasi rinci dan informasi tertentu dari gambar yang dilihat dari tayangan.
Menanya (15’)
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan antara lain pernahkah
peserta didik menemui kasus bullying disekitar mereka.
·
Peserta
didik mempertanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari
gambar
yang telah ditayangkan.
c.
Kegiatan
Penutup
·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
Pertemuan 2
a. Kegiatan Pendahuluan (10’)
·
Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti
proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku pelajaran;
b.
Kegiatan
Inti (75’)
Mengumpulkan
Informasi (40’)
·
Peserta didik dalam kelompok mencari
informasi tentang bullying dari sumber-sumber lain (majalah, koran, internet)
·
Peserta
didik secara berkelompok diminta untuk membuat poster tentang bullying
Mengasosiasikan
(30’)
·
Masih
berkelompok, peserta didik mengolah data dan informasi yang didapat
·
Berkelompok
yang sama peserta didik menyusun
kesimpulan
c.
Kegiatan
Penutup
·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
Pertemuan 3
a. Kegiatan Pendahuluan (10’)
·
Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti
proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku pelajaran;
b.
Mengkomunikasikan
(78’)
· Mempresentasikan hasil kerja kelompok berupa Poster menggenai kasus Bullying
· Masing-masing
kelompok, mempublikasikan poster
yang sudah dibuatnya di mading kelas.
c. Penutup
·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·
For
all of you, thank you very much for your participation. Good job, I like your performance today.
Almost all of active. I hope next time all of you have to be active in the
class. Okay? Now as ususal Please write
your feeling, your problem and your success during my class in your journal,
·
Peserta
didik menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memuji
dalam jurnal belajar (learning journal).
·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
H.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
·
Jenis/instrumen/rubrik
1.
Kinerja
(praktik)
a. Melakukan
monolog tentang opini tindak bullying
b. Melaksakan
Kegiatan saintifik(5 M)
Aspek
Kegiatan
|
SIKAP/
PERILAKU
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
MENGAMATI
(Peserta
didik membaca/ mendengarkan beberapa teks)
|
Jujur
Disiplin
Tanggung-jawab
|
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari
teks eksposisi
|
Do you think.....?
I agree with....
I disagree
|
MENANYA
|
Peduli
Tanggungjawab
|
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur
kebahasaan dari teks deskrptif
|
Keterampilan bertanya berbagai
informasi tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan serta
isi teks eksposisi
tentang bussiness
(penggunaan bahasa
yang tepat, efektif, dan efisien)
|
MENGUMPULKAN
DATA
|
Peduli
Kerja sama
|
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur
kebahasaan dari teks exppsition
|
· Menyunting
· Menulis
teks eksposisi tentang
bullying
|
MENGASOSIASI
|
Tanggung-jawab
Peduli
Kerja sama
|
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur
kebahasaan dari teks deskrptif
|
Menalar dan menyimpukan
|
MENGOMUNIKASIKAN
|
Peduli
Tanggungjawab
Kerja sama
|
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur
kebahasaan dari teks deskrptif
|
· Mempresentasikan
hasil pengumpulan data tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi
· Mempresentasikan Poster
|
2.
Penugasan/Ulangan
Harian
Siswa diminta untuk mengerjakan tugas
yang berada dalam buku siswa.
3.
Observasi:
Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik
No
|
Indikator Sikap.
Nama
Peserta didik.
|
Bertanggung
jawab
|
peduli
|
Kerjasama
|
Percaya diri
|
santun
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Note:
Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d. 5
1
= Sangat Kurang 2 = Kurang 3 = Cukup 4 = Baik 5 = Amat Baik
4. Portofolio
Rubriks Portofolio (Format 1)
Nama Peserta didik :
________________________________________
Kelas : _______________________________________
Guru :
________________________________________
NO
|
Kreteria Aspek
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
1.
|
Ada
kumpulan catatan kemajuan belajar
|
5
kreteria terpenuhi
|
4
Kreteria terpenuhi
|
3
Kreteria terpenuhi
|
≤
2 kreteria terpenuh
|
2.
|
Ada
rekaman monolog teks deskriptif
|
||||
3.
|
Ada
kumpulan karya peserta didik yang mendukung proses penulisan teks diskriptif
berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
|
||||
4.
|
Ada
kumpulan hasil tes dan latihan.
|
||||
5.
|
Ada
catatan penilaian diri dan penilaian sejawat
|
5.
Penilaian
Diri
Bentuk: jurnal belajar
Contoh Format:
My Learning Journal
Name:
|
A summary of what I have covered:
|
Things I am still not sure of:
|
What do I need to do to overcome these
uncertainties?
|
Things I have learned successful today:
|
6.
Penilaian
Sejawat
Berupa
komentar
Mengetahui
Kepala Sekolah
Nama
NIP……………
|
Guru Bahasa Inggris
Nama
NIP……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
satuan pendidikan : SMK
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester :
XI/1
Materi pokok :
Hopes
and Dreams
Alokasi waktu : 6 x 45 menit
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
dasar dan indicator pencapaian kompetensi:
Kompetensi
Dasar (KD):
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2.3.
Menunjukkkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi fungsional
3.7.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks deskriptif sederhana tentang harapan dan impian,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7.1. Mengidentifikasi gambaran
umum, informasi tertentu dan rinci dari poster dengan penuh percaya
diri dan bertanggung jawab.
3.7.2. Membedakan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif
sederhana tentang harapan
dan impian.
4.8.
Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis sederhana.
4.8.1. Mengurai gambaran umum dan
informasi tertentu dari poster/foto dengan penuh percaya
diri dan bertanggung jawab.
4.8.2. Menditeksi fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari poster.
4.9.
Menganalisa
poster/Foto yang berkenaan dengan harapan dan impian, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
4.9.1. Menganalisa poster/foto
sederhana yang berhubungan dengan harapan dan impian dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
4.9.2. Menanalisa gambar poster/foto
sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10. Menyusun
teks deskriptif
sederhana lisan maupun tulis tentang harapan dan impian, dengan
memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan
sesuai dengan konteks.
4.10.1. Menyusun
teks deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang harapan dan impian dengan
memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan
sesuai dengan konteks.
C. Tujuan
pembelajaran :
Pertemuan
1
Peserta didik terampil menganalisis dan menangkap makna
lisan dan
tulis dari poster/foto sederhana tentang harapan dan impian untuk melaksanakan komunikasi
transaksional dan fungsional dengan guru dan teman, menggunakan ungkapan dengan struktur
teks yang runtut, unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks, secara jujur,
disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai.
D. Materi
pembelajaran,
·
Menganalisa
Poster/Foto dan teks tertulis yang
berkenaan dengan harapan dan impian
Fungsi
sosial
·
Meneladani
nilai-nilai moral,peduli
dengan orang lain, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengritik,
mempromosikan, dsb.
Struktur
text
(1)
Penyebutan harapan
dan impian dan nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk
dideskripsikan,
(2)
Penyebutan berbagai
macam harapan dan impian dan
bagiannya, dan
(3)
Penyebutan tindakan dari atau terkait dengan harapan dan impian.
Unsur
kebahasaan
(1)
Kata kerja
yang terkait dengan
tempat harapan
dan impian.
I hope + compliment , I want +
compliment, I wish
(2)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan
secara lisan.
(4)
Rujukan kata
E. Metode
Pembelajaran:
·
TBL (Task Based Learning),
Diskusi, Tanya-jawab,dan Presentasi
·
Model
Pembelajaran pendekatan scientific
·
Strategi : menyimak,diskusi,studi pustaka,penugasan
individu/kelompok.
F. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1. Media : VCD dan Power Point Presentation
2. Alat : Laptop, LCD, dan Speaker
Active
3.
Sumber Belajar : berbagai macam
poster/foto, VCD,Suara Guru.
G. Langkah-langkah
pembelajaran
Pertemuan
1
a. Kegiatan
Pendahuluan (10’)
·
Menyiapkan peserta didik untuk
mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku
pelajaran;
·
Memotivasi peserta didik secara
kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran teks poster/foto tentang harapan
dan impian dalam kehidupan sehari-hari, seperti mencita-citakan,berharap
kebaikan bagi orang lain.
·
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti (75’)
Mengamati
(20’)
·
Peserta didik dalam kelompok 6 orang menganalisa
poster,gambar yang dibagikan guru. Kemudian secara bergantian anggota kelompok
membacakan hasil diskripsi tentang poster/foto yang dibagikan tersebut. (Peserta didik melakukan proses ini
berdasarkan panduan yang disiapkan guru berupa lembar kerja)
·
Peserta didik menirukan contoh
pengucapan kalimat-kalimat dalam deskripsi tentang harapan dan impian tersebut
dengan bimbingan guru.
·
Peserta didik belajar menemukan gagasan
pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari poster/foto yang diberikan melalui beberapa pertanyaan arahan.
Menanya
(15’)
· Dengan
bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan antara lain tentang poster/foto yang
berhubungan dengan harapan dan impian dalam bahasa Inggris terutama tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
· Peserta
didik mempertanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari
poster/foto
tentang harapan dan impian.
·
PERTEMUAN
KEDUA
A. Kegiatan
pendahuluan
a. Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik
fisik maupun psikologis
b. Guru menanyakan pengalaman siswa dalam
berbahasa Inggris (social chat).
c. Guru mengulas singkat materi/kegiatan
sebelumnya
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau
kompetensi yang akan dicapai
e. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang
kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk
menyelesaikan latihan dan tugas pembelajaran.
B. Kegiatan
inti
a. Mengumpulkan
informasi / Mengeksplorasi/ eksperimen
*
Siswa mencari contoh ungkapan2 yang
berisi harapan dan impian dari sumber yang lain ( Bab yang lain / buku yang
lain ).
*
Siswa menjodohkan dan merangkai
ungkapan yang berisi tentang harapan dan impian yang berasal dari lembar
kerja yang diberikan guru
C. Kegiatan
penutup
a. Siswa dengan bantuan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
b. Guru memberikan umpan balik pembelajaran.
c. Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
PERTEMUAN KETIGA
MENGASOSIASI
A. Kegiatan
Pendahuluan
a. Guru mengecek kesiapan siswa baik secara fisik
maupun psikologis
b. Guru mengajak siswa mengingat lagi apa yang telah dipelajari di
pertemuan sebelumnya
c. Guru meminta siswa
menyatakan harapan/ cita-cita dengan ungkapan yang telah mereka kuasai
B. Kegiatan
Inti
a. Siswa diberikan cara lain untuk mengungkapkan
harapan dan cita-cita yang belum siswa kuasai
b. Guru menerangkan ekpresi yang baru tersebut
c. Guru member soal tentang harapan dan cita-cita
d. Guru mengajak siswa membandingkan ungkapan
tersebut dengan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa
e. Guru mengajak siswa menyimpulkan pentingnya
harapan dan cita-cita
MENGKOMUNIKASIKAN
Ø
Siswa dapat menggunakan bahasa inggris yang
menyatakan harapan dan impian setiap kali muncul kesempatan untuk menyatakan
harapan
dan doa bersayap (extended), serta responnya,di dalam dan di luar kelas,
dengan
unsur kebahasaan yang dapat menjaga hubungan interpersonal.
Ø
Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan
ucapan, tekanan kata, intonasi yang
Ø
Siswa dapat membicarakan permasalahan yang
dialami dalam menggunakan bahasa inggris
Untuk
menyatakan harapan dan doa bersayap , serta responya dan menuliskannya dalam
jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Kegiatan Penutup
> Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
> Guru memberikan umpan balik pembelajaran
> Guru menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan selanjutnya
H.
Penilaian hasil
pembelajaran
Bentuk Instrumen
|
||||||
Instrumen Penilaian Sikap
|
||||||
NO
|
NAMA
|
SIKAP
|
Keterangan
|
|||
|
|
Tanggung Jawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Cinta Damai
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
Keteranagan :
|
||||||
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d. 5
|
||||||
1=
|
sangat kurang
|
|||||
2=
|
kurang konsisten
|
|||||
3=
|
mulai konsisten
|
|||||
4=
|
Konsisten
|
|||||
5=
|
selalu konsisten
|
1. Penilaian Diri
Bentuk: jurnal belajar
Contoh Format:
My Learning Journal
Name:
|
A summary of what I have covered:
|
Things I am still not sure of:
|
What do I need to do to overcome these uncertainties?
|
Things I have
learned successful today:
|
2. Penilaian Sejawat
Berupa
komentar
Wonogiri, Juli 2014
Mengetahui:
Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK Kelompok 4
Matapelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/ 1 (Wajib)
Materi Pokok : Invitation
Alokasi Waktu : 6JP (4x45 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI
2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI
3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI
4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
1.
Kompetensi Dasar
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai
bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional.
3.4
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks undangan resmi,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator:
1) Siswa mampu mengoidentifikasi karakter dari surat undangan resmi
2) Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks undangan resmi
3) Siswa mampu menjelaskan penggunaan
undangan resmi secara benar
4.4
Menangkap makna teks undangan resmi.
Indikator:
1) Siswa mampu memberikan informasi bahwa mereka mendapat undangan resmi
4.5
Menyunting undangan resmi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator:
1)
Menyunting
undangan resmi
dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.6 Menyusun teks tulis undangan resmi,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
Indikator:
1) Siswa mampu menyusun dan merevisi undangan formal berdasarkan konteks
dan struktur kata
2) Siswa mampu menulis undangan formal dengan format yang tepat dan
menggunakan etika yang benar
3) Siswa mampu menulis undangan resmi secara tepat dan benar
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa
mampu membuat undangan secara lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar, dan menunjukkan perilaku santun,
disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Ungkapan tawaran dan saran
1. Fungsi Sosial :
Menjalin
hubungan interpersonal dalam konteks formal
2. Struktur Teks
a. Menyebutkan
tujuan undangan.
b. Menyebutkan
informasi rinci undangan
3. Unsur Kebahasaan
a. Ungkapan
dan kosa kata yang lazim digunakan dalam undangan resmi
b. Penggunaan
nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb
secara tepat dalam frasa nominal
c. Ucapan,
tekanan kata, intonasi
d. Ejaan dan
tanda baca
e. Tulisan
tangan
Kata
kerja di dalam ungkapan saran :
Would you like….
Do you mind come to my…..
Come on time
You are invited in…..
E. METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific approach
2.
Model : Discovery based learning
3.
Teknik : Membaca, diskusi, kerja kelompok, percakapan, create, and analyze.
F. MEDIA DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
1. Media : Buku teks, Microsoft Office Power Point, contoh undangan,
2. Alat
/ bahan : Laptop/netbook, lcd projector, loud speaker
3. Sumber
belajar : Buku bahasa inggris kelas XI, web
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE-1
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·
Mengucapkan salam dan
berdo’a bersama
·
Memberi motivasi belajar
·
Memberi brainstorming berupa
pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan
·
Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
·
Menyampaikan cakupan materi
dan penjelasan uraian kegiatan yang akan dilakukan
·
Menanyakan tugas dipertemuan
sebelumnya.
Classroom language:
Hello everyone, how are you
today? We are starting a new chapter today.
Do you know Putu
Wijaya, Butet Kertarejasa, or maybe Shakespeare? (teacher waits for answer
from student. If the students do not have any idea, do not give them answer
instead ask the next question)
Who are they? (teacher waits for answer from student. If the students do not have
any idea, do not give them answer instead ask the next question)
Do you know anything about play? (teacher waits for answer from
student. If the students do not have any idea, do not give them answer instead
ask the next question)
Okay, let’s play a play!
2. Kegiatan Inti (60 menit)
Guru
meminta 2 anak untuk mencoba berakting secara spontan (membaca) membawakan
drama Vanity and Pride didepan kelas. Disini, guru bertindak sebagai
narrator. Selama kegiatan ini, siswa yang lain melihat memperhatikan jalannya
drama.
Setelah selesai, guru meminta
siswa menyampaikan pertanyaan apa saja yang sempat mereka buat selama memperhatikan kegiatan tersebut. Akan
sangat membantu jika guru mengarahkan tanya jawab berdasarkan paragraf cerita (per-scene).
Setelah kegiatan membaca siswa
diminta mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan
secara berkelompok. Setelah masing-masing kelompok melakukan diskusi, guru
melakukan diskusi kelas untuk memberi kesempatan masing-masing kelompok
menyampaikan pendapatnya.
Classroom
Language
Okay, Class. Last
week I had an assignment for you. One of them was read a drama entitled Vanity
and Pride.
Have you done it?
So, today, we are
going to practice it. I need two of you to act as Monsieur Losiel and Madame
Loisel.
While you are watching, write the words you do not understand
and try to imagine the situation.
Students, don’t forget to
question what you are watching.
For example: What is it about? Who lie?
3. Penutup (20 menit)
Sebagai
penutup kegiatan pada pertemuan ke-1 siswa diminta menulis jurnal (Personal Journal Writing) tentang sikap
syukur atas nikmat Tuhan.
PERTEMUAN KE-2
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·
Mengucapkan salam dan
berdo’a bersama
·
Mengecek kehadiran siswa
·
Memberi motivasi belajar
·
Mengulas sekilas materi yang
telah dibahas dipertemuan sebelumnya.
·
Menanyakan tugas sebelumnya
Classroom language:
Hello class, how
are you today?
Do you remember
what we practiced last week?
Yes, right. We
practiced a drama entitled Vanity and Pride. So, what we can learn from that
drama?
Okay, let’s
continue our lesson!
2. Kegiatan Inti (70 menit)
Mengamati
·
Siswa mengamati berbagai contoh bentuk
undangan tertulis resmi maupun tidak resmi yang ditayangkan oleh guru.
·
Siswa memberikan komentar
dan pandangannya tentang fungsi undangan resmi, ketepatan unsur kebahasaannya,
format, tampilan, dsb.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan
mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, antara undangan resmi dalam bahasa Inggris dengan
bahasa Indonesia, dsb.
Mencoba
·
Siswa membuat serta memperagakan dialog
yang berisi mengenai menerima dan menolak undangan secara lisan.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai undangan resmi yang
telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai undangan resmi yang
telah dipelajari tersebut di atas dengan
yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman
tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Classroom Language
We will ask you to find out
some kind of invitation
Choose your partner, and
with you, identify the invitation.
while you are reading,
underline the words or expression used.
Students, don’t forget to
question what you are identifying.
For example: why should use
this expression?
3. Penutup (10 menit)
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
·
Guru memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya
·
Siswa mengumpulkan hasil latihannya.
·
Guru memberi tugas individu (tugas dapat
dilihat dibuku siswa pada
bagian “Writing Connection”,
hal. 86)
·
Guru memberi tugas secara berpasangan untuk yang akan datang (tugas dapat
dilihat dibuku siswa pada
bagian “Let’s Create and Contribute”, hal. 87)
PERTEMUAN KE 3
1. Kegiatan
Pendahuluan (5 menit)
·
Mengucapkan salam dan
berdo’a bersama
·
Mengecek kehadiran siswa
·
Memberi motivasi belajar
·
Mengulas sekilas materi yang
telah dibahas dipertemuan sebelumnya
·
Menanyakan dan meminta pada siswa
untuk mengumpulkan tugas sebelumnya.
2. Kegiatan Inti (75 menit)
Mengkomunikasikan
·
Siswa mempresentasikan
tugas berpasangan sebelumnya (tugas dari buku siswa pada
bagian “Let’s Create and Contribute”, hal. 87)
·
Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan
ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda
baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan yang
dialami dalam membuat undangan resmi dan menuliskannya dalam jurnal belajar
sederhana dalam bahasa Indonesia.
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
·
Guru memberikan umpan balik pembelajaran
·
Siswa mengumpulkan hasil latihannya.
·
Guru memberi tugas individu, dikumpulkan dipertemuan berikutnya.
(Tugas dapat dilihat dibuku siswa pada bagian Parent
Connection, hal. 88)
H. PENILAIAN
a. Jenis/teknik
penilaian
·
Tertulis:
-
Latihan soal pada bagian Let’s
Practice
-
Summative assessment
·
Unjuk Kerja (Kinerja/performance)
-
Melakukan percakapan berisi ungkapan
undangan
-
Proyek pembuatan undangan
·
Penilaian sikap selama proses
pembelajaran:
-
Sikap saat kegiatan membaca
-
Sikap saat kegiatan diskusi
-
Sikap saat kegiatan kerja kelompok
b. Instrumendan Cara
Penilaian
1. Tes
tertulis dalam bentuk soal text berbentuk undangan. Penilaiannya dilakukan
dengan cara menghitung jumlah jawaban benar dari jumlah soal yang diberikan.
2. Instrumen
Unjuk kerja, yaitu berupa rubrik penilaian. Berikut adalah rubrik-rubrik
penilaian yang dapat digunakan oleh guru untuk melakukan penilaian unjuk kerja
siswa, berikut teknik perhitungan skornya.
a. Rubrik
Percakapan
Kriteria
|
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
Pelafalan
(Pronuncing)
|
Lafal dapat difahami meskipun dengan aksen
tertentu
|
Ada
masalah dalam pengucapan sehingga membuat pendengar harus sangat fokus dan
kadang-kadang menimbulkan kesalahfahaman
|
Sulit
dimengerti karena ada masalah dalam pelafalan dan frekuensinya sering.
|
Hampir
selalu kelur dalam pelafalan sehingga tidak dapat dimengerti
|
Tata Bahasa
(Grammar)
|
Hampir
tidak ada kekeliruan tata bahasa
|
Terjadi
beberapa kekeliruan tata bahasa namun tidak berpengaruh terhadap arti
|
Banyak
terjadi kekeliruan tata bahasa yang mempengaruhi arti dan sering kali harus
menyusun ulang kalimat percakapan
|
Tata
bahasa sangat buruk sehingga percakapan sangat sulit difahami
|
Kosakata
(Vocabulary)
|
Kadang-kadang
pelafalan tidak tepat dan mengharuskan penjelasan lebih lanjut karena
kosakata yang tidak sesuai
|
Sering
menggunakan kosakata yang tidak tepat sehingga dialognya menjadi terbatas karena kosakata
yang terbatas.
|
Menggunakan
kosakata yang salah sehingga tidak dapat difahami.
|
Kosakata
sangat terbatas sehingga tidak memungkinkan terjadinya dialog
|
Kelancaran (Fluency)
|
Dialog lancar, sangat sedikit menemui
kesulitan
|
Tidak
terlalu lancar karena menemui kesulitan bahasa
|
Sering
ragu dan berhenti karena keterbatasan bahasa
|
Sering
berhenti dan diam selama dialog sehingga dailog tidak tercipta
|
Pemahaman
(Comprehension)
|
Seluruh
isi percakapan dapat difahami meskipun sesekali ada pengulangan pada
bagian-bagian tertentu
|
Sebagian
besar Isi percakapan dapat dimengerti meskipun ada beberapa pengulangan
|
Sulit
untuk mengikuti dialog yang dilakukan kecuali pada bagian dialog umum dengan
percakapan yang perlahan-lahan dan banyak pengulangan.
|
Tidak
dapat difahami bahkan dalam bentuk dialog yang singkat sekalipun
|
Cara
Penilaian Percakapan:
No.
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Jumlah skor perolehan
|
||||
Kriteria ke-1
|
Kriteria ke-2
|
Kriteria ke-3
|
Kriteria ke-4
|
Kriteria ke-5
|
|||
1.
|
Annisa Larasati
|
4
|
3
|
3
|
2
|
4
|
16
|
2.
|
Asep Sudrajat
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
15
|
3.
|
Beni Hermawan
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
17
|
....
|
..........................
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
|
Rumus perhitungan nilai siswa,
sebagai berikut :
Jumlah skor yang diperoleh siswax 100
Skor maksimal/ideal
Keterangan:
·
Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah
jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria ke-1 sampai dengan ke-5
·
Skor maksimal/ideal adalah hasil perkalian
skor tertinggi (4) dengan jumlah kriteria yang ditetapkan (ada 5 kriteria).
Jadi skor maksimal/ideal= 4x5 = 20
Sehingga
perhitungan nilai akhir siswa adalah :
1. Annisa
Larasati : 16 x 100 = 80 2. Asep
Sudrajat: 15 x 100 = 75
20 20
b. Rubrik
Penilaian Menulis
Kriteria
|
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
Ide Penulisan
|
Ide yang dipilih orisinal, Ide sangat sesuai dengan
genre yang dipilih, ide dikembangkan dengan tepat dan terarah,
|
Hanya memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya memenuhi 1 atau bahkan tidak memenuhi sama
sekali 4 ketentuan yang telah ditetapkan.
|
Organisasi/ Struktur Teks dan isi
|
Teks sesuai dengan genre yang dipilih, ketentuan dan
ciri-ciri genre yang dipilih diikuti dengan sempurna, ide penulisan dan
informasi yang disajikan sangat relevan, isi teks sangat mudah dipahami.
|
Hanya memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya memenuhi 1 atau bahkan tidak memnuhi semua
kriteria yang ditetapkan
|
Tata Bahasa
|
Tidak ada kesalahan tata bahasa yang signifikan,
makna dan isi teks dapat dipahami dengan jelas
|
Ada beberapa kesalahan tata bahasa namun tidak
terlalu berpengaruh terhadap makna kalimat dan isi teks
|
Sering ditemukan kesalahan tata bahasa, namun makna
dan isi teks masih dapat dipahami
|
Banyak sekali kesalahan tata bahasa sehingga makna
dan isi teks sulit dipahami
|
Perbendaharaan Kata
|
Kalimat-kalimat yang digunakan sangat efektif,
menggunakan variasi lexical dengan benar, menguasai bentuk kata dan idiom
dengan benar dan efektif, istilah-istilah digunakan dengan benar
|
Hanya memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya memenuhi 1 atau bahkan tidak memnuhi semua
kriteria yang ditetapkan
|
Cara
Penilaian Penulisan :
No.
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Jumlah skor perolehan
|
|||
Kriteria ke-1
|
Kriteria ke-2
|
Kriteria ke-3
|
Kriteria ke-4
|
|||
1.
|
Annisa Larasati
|
4
|
3
|
3
|
2
|
12
|
2.
|
Asep Sudrajat
|
4
|
3
|
3
|
4
|
14
|
3.
|
Beni Hermawan
|
3
|
4
|
4
|
3
|
14
|
....
|
..........................
|
...
|
...
|
...
|
...
|
|
Rumus perhitungan nilai siswa,
sebagai berikut :
Jumlah skor yang diperoleh siswax 100
Skor maksimal/ideal
Keterangan:
·
Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah
jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria ke-1 sampai dengan ke-5
·
Skor maksimal/ideal adalah hasil perkalian
skor tertinggi (4) dengan jumlah kriteria yang ditetapkan (ada 4 kriteria).
Jadi skor maksimal/ideal= 4x4 = 16
Sehingga
perhitungan nilai akhir siswa adalah :
1. Annisa
Larasati : 12 x 100 = 75 2. Asep
Sudrajat: 14 x 100 = 87,5
16 16
c. Rubrik
Penilaian Proyek
Kriteria
|
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
Orisinalitas ide
|
Ide ditentukan sendiri dengan mandiri.
|
Ide dirumuskan
dengan adanya masukan dari guru atau pihak lain.
|
Ide dirumuskan dengan bantuan guru atau pihak lain
|
Ide diberikan oleh guru atau pihak lain.
|
Kreatifitas
|
Kreatifitas dalam membuat proyek sangat menonjol
dengan adanya komposisi warna, garis, bentuk, dan ornamen-ornamen yang
menarik dan variatif, tanpa mengganggu isi dan tujuan pembuatan proyek
|
Kreatifitas cukup dengan adanya variasi warna,
garis, dan bentuk, namun tampilan kurang menarik, sedangkan isi dan tujuan
proyek sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan
|
Kreatifitas kurang sehingga tampilan kurang menarik,
isi dan tujuan proyek masih sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan
|
Baik kreatifitas maupun isi dan tujuan proyek tidak
sesuai dengan yang telah ditetapkan
|
Waktu penyelesaian proyek
|
Proyek diselesaikan sesuai dengan target waktu yang
diberikan
|
Proyek diselesaikan dengan sedikit tambahan waktu,
namun tidak melebihi hari yang ditetapkan
|
Proyek diselesaikan dengan tambahan waktu maksimum 1
hari
|
Proyek tidak selesai meskipun sudah diberikan
tambahan waktu 1 hari.
|
Kesesuaian proyek dengan permintaan tugas
|
Proyek memenuhi semua ketentuan yang ditetapkan
|
Ada sebagian kecil ketentuan tidak terpenuhi
|
Sebagian besar ketentuan tidak terpenuhi
|
Proyek tidak sesuai dengan ketentuan sama sekali.
|
Cara Penilaian Proyek :
No.
|
Kelompok
|
Perolehan Skor
|
Jumlah skor perolehan
|
|||
Kriteria ke-1
|
Kriteria ke-2
|
Kriteria ke-3
|
Kriteria ke-4
|
|||
1.
|
Kelompok 1
|
3
|
3
|
3
|
4
|
12
|
2.
|
Kelompok 2
|
4
|
3
|
3
|
4
|
14
|
3.
|
Kelompok 3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
14
|
....
|
..........................
|
...
|
...
|
...
|
...
|
|
Rumus perhitungan nilai kelompok,
sebagai berikut :
Jumlah skor yang diperoleh kelompok
x
100
Skor maksimal/ideal
Keterangan:
·
Jumlah skor yang diperoleh kelompok adalah
jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria ke-1 sampai dengan ke-5
·
Skor maksimal/ideal adalah hasil perkalian
skor tertinggi (4) dengan jumlah kriteria yang ditetapkan (ada 4 kriteria).
Jadi skor maksimal/ideal= 4x4 = 16
Sehingga
perhitungan nilai akhir kelompok adalah :
1. Kelompok 1
: 12 x 100 = 75 2.
Kelompok 2: 14 x 100 = 87,5
16 16
Nilai
kelompok secara otomatis akan menjadi nilai anggotanya.
3. Penilaian
Sikap Melalui Observasi
a. Lembar
Pengamatan Sikap pada Kegiatan Membaca
No.
|
Sikap yang
diamati
|
Terlihat (√)
|
Tidak terlihat (√)
|
1.
|
Ketertiban
selama kegiatan
|
|
|
2.
|
Keseriusan
selama kegiatan
|
|
|
3.
|
Tanggung jawab
dalam melaksanakan tugas
|
|
|
b. Lembar
Pengamatan Sikap pada Kegiatan Diskusi
No.
|
Sikap yang
diamati
|
Terlihat (√)
|
Tidak terlihat (√)
|
1.
|
Partisipasi
dalam diskusi
|
|
|
2.
|
Rasa percaya
diri dalam mengemukakan pendapat
|
|
|
3.
|
Saling
menghormati dan menghargai
|
|
|
4.
|
Tanggung jawab
dalam menyelesaikan tugas
|
|
|
c. Lembar
Pengamatan Sikap pada Kegiatan Kerja Kelompok
No.
|
Sikap yang
diamati
|
Terlihat (√)
|
Tidak terlihat (√)
|
1.
|
Kerja sama
|
|
|
2.
|
Ketertiban
|
|
|
3.
|
Tanggung jawab
|
|
|
4.
|
Kepedulian
|
|
|
Contoh
Format Hasil Pengamatan Kegiatan Membaca
No.
|
Nama Siswa
|
Sikap 1
|
Sikap 2
|
Sikap 3
|
|||
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
||
1.
|
Annisa Larasati
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Asep Sudrajat
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Beni Hermawan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
............................
|
|
|
|
|
|
|
....................,
.............................. 2014
Mengetahui
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
_______________________
_________________________
NIP.
... NIP.
..
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama satuan pendidikan : SMA/SMK ………………
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : XI/1
Materi pokok : surat
pribadi
Alokasi waktu : 2 x 45
menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi dasar dan indicator pencapaian
kompetensi:
Kompetensi Dasar (KD):
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2.3.
Menunjukkkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama,
dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi fungsional
3.5 menganalisis
fungsi social, stuktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat pribadi
sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.7 Menangkap makna teks surat pribadi.
4.8 Menyusun teks surat pribadi, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
C.
Tujuan pembelajaran :
Pertemuan 1
1.
Peserta didik mampu menangkap
makna isi surat pribadi.
2.
Peserta didik terampil dalam menulis
surat pribadi menggunakan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks, secara jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai.
D. Materi pembelajaran,
· Teks
surat pribadi
Fungsi sosial
o
Menunjukkkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai.
Struktur
text
(1)
Pengenalan
surat pribadi.
(2)
Penyebutan bagian
– bagian surat pribadi.
Unsur
kebahasaan
(1)
Pengunaan
past
tense dalam penulisan. ”
waktu liburan tahun lalu”, “ menceritakan pesta ulang tahun kakek”, “
memnceritakan tentang prestasi belajar”.
(2)
Menggungkapkan
perasaan yang di dapat.
(3)
Tugas
di tulis tangan dengan jelas dan rapi.
(4)
siswa
mempresentasikan secara lisan.
E. Metode Pembelajaran:
·
Model :PBL (Project
Based Learning)
·
Teknik : Diskusi, Tanya-jawab ,dan Presentasi.
·
Pendekatan :Pendekatan saintifik
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1.
Media :Power Point Presentation, kartu pos,lembar tugas dan prangko.
2.
Alat : Laptop, LCD, dan Speaker Active
3. Sumber Belajar : buku siswa bahasa inggris
kelas XI.
G.
Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan 1
a. Kegiatan Pendahuluan (10’)
·
Menyiapkan
peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi,
menyiapkan buku pelajaran.
·
Memotivasi
peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran surat
pribadi dalam kehidupan sehari-hari, serta menyediakan media Pembelajaran yang
akan di gunakan untuk siswa.
·
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan untuk mereviu materi sebelumnya. Menayangkan slide kepada
siswa tentang surat pribadi.
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai
silabus.
b. Kegiatan Inti (75’)
Mengamati (15’)
·
Peserta
didik di bagi menjadi 5 kelompok yang
terdiri dari 6 orang. 1 siswa dalam kelompok membaca contoh surat pribadi.
Setelah itu peserta didik menonton slide yang di sajikan guru. (Peserta didik melakukan proses ini
berdasarkan panduan yang disiapkan guru berupa lembar kerja).
·
Peserta
didik menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari surat
yang dibaca melalui beberapa pertanyaan dan arahan.
Menanyakan
(15’)
· Dengan
bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan antara lain bagan dari surat pribadi yang ada
dalam bahasa Inggris terutama tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan.
· Peserta
didik mempertanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi yang ada dalam surat pribadi yang di
tayangkan dalam slide.
Mengasosiakan
(15’)
·
Peserta didik menulis
surat setelah disunting dan
disusun sesuai dengan fungsi sosialnya dengan teks yang mereka baca
sebelumnya.
·
Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan
teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengumpulkan Informasi (15’)
· Peserta didik secara berkelompok menemukan
gagasan pokok, informasi tertentu, informasi rinci, fungsi social, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari surat pribadi yang dibaca.
Mengkomunikasikan (15’)
·
Siswa
mempersentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
c. Penutup (10’)
·
memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
Thank you very much for your participation. You did a good job today, I’m very happy with
your activity in the class. How about you, did you enjoy my class?
· Melakukan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas kelompok berupa proyek membuat surat pribadi secara
dengan ilustrasi yang menarik.
·
menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
H. Penilaian hasil pembelajaran
·
Jenis/instrumen/rubrik
1. Kinerja
(praktik)
a. Membacakan surat pribadi di depan
kelas dengan kreteria ketepatan ,kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan
unsur kebahasaan dalam surat pribadi.
b. Melaksakan Kegiatan saintifik(5 M)
Kegiatan
|
SIKAP/ PERILAKU
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
MENGAMATI
(Peserta didik membaca/ mendengarkan
beberapa teks)
|
Jujur
Disiplin
Tanggung-jawab
|
Fungsi
sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari surat pribadi
|
Menemukan
informasi dengan menjawab pertanyaan seperti
a. What does the letter talk about?
b. Who is the receiver?
c. What do you think?
|
MENANYA
|
Peduli
Tanggungjawab
|
Fungsi
sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari surat pribadi.
|
Keterampilan
bertanya berbagai informasi tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan serta isi teks deskripsi tentang surat pribadi.
(penggunaan
bahasa yang tepat, efektif, dan efisien)
|
MENGUMPULKAN
DATA
|
Tanggung-jawab
Peduli
Kerja
sama
|
Fungsi
sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari surat pribadi.
|
·
Membaca
surat pribadi.
·
Menyunting
·
Menulis
surat pribadi tentang liburan tahun lalu.
|
MENGASOSIASI
|
Tanggung-jawab
Peduli
Kerja
sama
|
Fungsi
sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari surat pribadi.
|
Siswa
membuat surat pribadi tentang liburan tahun lalu.
|
MENGOMUNIKASIKAN
|
Peduli
Tanggungjawab
Kerja
|
Fungsi
sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari surat pribadi.
|
·
Mempresentasikan
hasil penulisan surat pribadi.
|
Rubriks untuk
penilaian kinerja (menulis)
KRITERIA
|
skor
(1)
|
Skor
(2)
|
skor
(3)
|
skor
(4)
|
Ide
penulisan
|
Memenuhi
1 dari 4 ketentuan yang telah di tetapkan
|
Memenuhi
2 dari 4 ketentuan yang telah di tetapkan
|
Memenuhi
3 dari 4 ketentuan yang telah di tetapkan.
|
Ide
yang di pilih ide sendiri sesuai tema, di kembangkan dengan tepat dan
terarah.
|
Tata
bahasa
|
Surat
banyak sekali kesalahan, dalam penggunaan tata bahasa,tidak bermakna dan
surat sulit di pahami.
|
Surat
sering di temukan kesalahan,dalam penggunaan tata bahasa, tidak bermakna dan
surat sulit di pahami.
|
Surat
ada beberapa kesalahan, tidak terlalu berpengaruh terhadap makna kalimat.
|
Tidak
ada kesalahan tata bahasa baik, isi surat mudah di pahami dan jelas.
|
Organisasi/
stuktur teks dan isi
|
Hanya
memenuhi 1 atau tidak sama sekali dari kreteria yang di tetapkan.
|
Memenuhi
3 dari 4 ketentuan yang telah di tetapkan
|
Memenuhi
3 dari 4 ketentuan yang telah di tetapkan.
|
surat sesuai dengan ketentuan, penulisan ide dan informasi sesuai atau relevan, mudah
di pahami.
|
Pembendaharaan
kata.
|
Hanya
memenuhi 1 atau tidak memenuhi criteria
|
Hanya
memenui 2 dari 4 kriteria
|
Hanya
memnuhi 3 dari 4 kriteria
|
Kalimat
yang di gunakan efektif, bermakna, bervariasi serta istilah yang di gunakan benar.
|
|
Cara
penilaian penulisan:
Rumus perhitungan nilai siswa, sebagai berikut :
Skor maksimal
Keterangan :
Jumlah skor ; nilai yang di peroleh siswa dari kriteria
1 sampai 4.
Skor
maksimal : hasil perkalian nilai tertinggi (4) dengan
jumlah kriteria yang di tetapkan (4). Jadi skor maksimal ideal 4 x 4 = 16.
Sehingga, perhitungan nilai akhir
siswa adalah
Comments