HO-3.1
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                   : SMA/SMK ……………….
Matapelajaran         : Bahasa Inggris
Kelas/Semester       : XI/ 1 (Wajib)
Materi Pokok          : Offer and Suggest
Alokasi Waktu        : 6 x 45 menit

A.      KOMPETENSI INTI (KI)

       KI 1     : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
       KI 2     : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
       KI 3     : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
       KI 4     : Mengolah, menalar,  dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Kompetensi Dasar

1.1.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3.1 Menganalisis fungsi  sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator :
·         Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan tawaran (Students are able to identify what is offer)
·         Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan saran (Students are able to identify what is suggestion)
·         Siswa dapat membedakan ungkapan tawaran dan saran (Students are able to differentiate between offer and suggestion)
·         Siswa dapat menjelaskan fungsi ungkapan tawaran (Students are able to explain the usage of offer)
·         Siswa dapat menjelaskan fungsi ungkapan saran (Students are able to explain the usage of suggestion)

4.1  Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Indikator :
·         Siswa dapat menyampaikan ungkapan tawaran sesuai konteks dengan benar (Students are able to offer based on context properly)
·         Siswa dapat merespon sebuah tawaran dengan tepat (Studentsare able to respond to an offer properly)
·         Siswa dapat menyampaikan ungkapan saran sesuai konteks dengan tepat (Studentsare able to give suggestions based on context properly)
·         Siswa dapat merespon sebuah saran dengan tepat (Studentsare able to respond to suggestions properly)
·         Siswa dapat menulis ungkapan tawaran dengan benar (Studentsare able write offers  correctly)
·         Siswa dapat menulis ungkapan saran dengan benar (Students are able to write suggestions correctly)

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa terampil menggunakan ungkapan tawaran dan secara lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar,  dan menunjukkan perilaku santun, disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
Ungkapan Tawaran dan Saran (Offer and Suggest)

1.        Fungsi Sosial :
Menyampaikan dan merespon tawaran dan saran

2.        Struktur Teks

            Tawaran :     
Ø  May I give you a hand?
Ø  Can I help you?
Ø  How about I help you with this?
Ø  Would you like another piece of cake?
            Saran:
Ø  Let’s go to the library.
Ø  Why don’t you do your homework before going out.
Ø  I suggest that we call it a day.
Ø  How about going to Sam’s place first?

3.        Unsur Kebahasaan
Kata kerja (Modal Verbs) di dalam ungkapan tawaran :
     May I ...
     Can I ...
     Shall I ..
     Would you ...
     How about I...

Kata kerja di dalam ungkapan saran :
Let’s ....
Why don’t  we ....
We could ...
What about ...
How about ...
I suggest that ....
You might want to change ...
I think .…
I don’t think .…

METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan     : Scientific approach
2.      Model              : Discovery based learning
3.      Teknik             : Membaca, diskusi, kerja kelompok, percakapan, mencipta, dan menganalisa.

E.     MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Buku Teks, dongeng-dongeng dari sumber lain, tayangan cuplikan gambar.

F.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE-1
1.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·    Mengucapkan salam dan berdo’a bersama
·    Memberi motivasi belajar dengan mengajak siswa berimajinasi.
·    Memberi brainstorming berupa pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan
·    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
·    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan yang akan dilakukan.



2.      Kegiatan Inti (60 menit)
Siswa membaca cerita TheEnchanted Fish  secara berpasangan. Sambil membaca, siswa diminta menggarisbawahi kata-kata yang tidak dimengerti dan mencoba membayangkan cerita tersebut. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mengajukan pertanyaan terkait bacaan. Guru meminta pada siswa untuk mengumpulkan informasi tentang ungkapan saran dan tawaran menurut pemahaman mereka sendiri dan mencari nilai moral. Siswa membandingkan perbedaan antara ungkapan saran dan tawaran dalam cerita dan siswa sudahkah mengimplementasikan ungkapan tersebut dalam kegiatan nyata.. Siswa mempresentasikan hasil diskusi tentang nilai moral cerita sertaungkapan yang diperoleh di dalam cerita.
3.      Penutup (20 menit)
Sebagai penutup kegiatan pada pertemuan ke-1 siswa diminta menulis jurnal (Personal Journal Writing) tentang sikap syukur atas nikmat Tuhan  

PERTEMUAN KE 2
1.      Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
·      Mengucapkan salam dan berdo’a bersama
·      Menanyakan tugas sebelumnya
·      Mengulang kembali materi sebelumnya secara sekilas

2.      Kegiatan Inti (75 menit)
Guru menyampaikan bahwa siswa akan belajar tentang offer dan suggest serta bagaimana penggunaannya dalam komunikasi sehari-hari.
Guru menanyakan apakah di antara siswa ada yang sudah memahami tentang offer dan suggest. Siswa yang sudah tahu diminta memberikan contoh.
Kemudian guru meminta siswa melihat kembali isi cerita dan menunjukkan pernyataan-pernyataan dalam teks yang merupakanoffer dansuggest.Guru memperkuat pemahaman siswa dengan pertanyaan-pertanyaan dan penjelasan tentang offer dan suggest serta bagaimana merespon offer dan suggest dengan tepat. Guru menjelaskan ciri-ciri kebahasaan dari ungkapan offer dan suggest, melalui contoh-contoh yang disajikan di buku teks maupun contoh dari guru sendiri.
Setelah mendengarkan penjelasan guru dan contoh-contoh penggunaan offerdan suggest serta ciri-ciri kebahasaan yang ada pada ungkapan offer  dan suggest,  kegiatan dilanjutkan dengan latihan tertulis berkaitan dengan ungkapan offer dan suggest.


3.      Penutup (10 menit)
-          Siswa mengumpulkan hasil latihannya.
-          Gueu memberi tugas siswauntuk memintaayah/ibu, kakek/nenek, atau wali untuk menceritakan dongeng dalam bahasa Indonesia. Siswa kemudian menrjemahkannya ke dalam bahasa Inggris dan mempresentasikan hasil di depan kelas.
-          Guru memberi tugas proyek untuk minggu yang akan datang (tugas dapat dilihat pada bagian “Let’s Create and Contribute”)



PERTEMUAN KE 3
1.      Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
·      Mengucapkan salam dan berdo’a bersama
·      Menanyakan tugas sebelumnya
·      Mengulang kembali materi sebelumnya secara sekilas

2.      Kegiatan Inti (80 menit)
Dengan  menggunakan salah satu Visible Thinking Technic yakni Think, Pair, Share, siswa diminta memecahkan masalah. Siswa diminta memikirkan kalimat tawaran atau saran yang tepat untuk mendamaikan dua teman yang sedang bermusuhan. Siswa diminta melakukannya secara berpasangan. Setelah itu mereka menyampaikannya di depan guru dan teman sekelas.
Kemudian, siswa diminta membentuk kelompok terdiri dari 4-5 orang. Lalu memilih salah satu di antara 2 tugas yang ditawarkan:
a.       Menciptakan pertunjukan pantomim yang mengandung offer dan suggestion sesuai petunjuk di buku teks
b.      Mendesain kartu pos yang memuat offer dan suggestion sesuai petunjuk di buku teks.
Setelah waktu yang ditentukan habis, guru memberi kesempatan kepada kelompok yang mau menampilkan hasil karyanya di depan kelas.
3.      Penutup (5 menit)
-          Siswa mengumpulkan hasil karyanya.
-          Guru mengingatkan kembali tugas proyek siswa.

G.    PENILAIAN
a.      Jenis/teknik penilaian
·         Tertulis:
-          Latihan soal pada bagian Let’s Practice
-          Summative assessment
·         Unjuk Kerja (Kinerja/performance)
-          Melakukan percakapan berisi ungkapan tawaran dan saran
-          Menulis dongeng
-          Proyek pembuatan poster
·         Penilaian sikap selama proses pembelajaran:
-          Sikap saat kegiatan membaca
-          Sikap saat kegiatan diskusi
-          Sikap saat kegiatan kerja kelompok
b.      Instrumen dan Cara Penilaian
1.      Tes tertulis dalam bentuk soal. Penilaiannya dilakukan dengan cara menghitung jumlah jawaban benar dari jumlah soal yang diberikan.
2.      Instrumen Unjuk kerja, yaitu berupa rubrik penilaian. Berikut adalah rubrik-rubrik penilaian yang dapat digunakan oleh guru untuk melakukan penilaian unjuk kerja siswa, berikut teknik perhitungan skornya.

a.       Rubrik Percakapan
Kriteria
Skor 4
Skor 3
Skor 2
Skor 1
Pelafalan
(Pronuncing)
Lafal dapat difahami meskipun dengan aksen tertentu
Ada masalah dalam pengucapan sehingga membuat pendengar harus sangat fokus dan kadang-kadang menimbulkan kesalahfahaman
Sulit dimengerti karena ada masalah dalam pelafalan dan frekuensinya sering.
Hampir selalu kelur dalam pelafalan sehingga tidak dapat dimengerti
Tata Bahasa
(Grammar)
Hampir tidak ada kekeliruan tata bahasa
Terjadi beberapa kekeliruan tata bahasa namun tidak berpengaruh terhadap arti
Banyak terjadi kekeliruan tata bahasa yang mempengaruhi arti dan sering kali harus menyusun ulang kalimat percakapan
Tata bahasa sangat buruk sehingga percakapan sangat sulit difahami
Kosakata
(Vocabulary)
Kadang-kadang pelafalan tidak tepat dan mengharuskan penjelasan lebih lanjut karena kosakata yang tidak sesuai
Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat sehingga  dialognya menjadi terbatas karena kosakata yang terbatas.
Menggunakan kosakata yang salah sehingga tidak dapat difahami.
Kosakata sangat terbatas sehingga tidak memungkinkan terjadinya dialog
Kelancaran (Fluency)
Dialog lancar, sangat sedikit menemui kesulitan
Tidak terlalu lancar karena menemui kesulitan bahasa
Sering ragu dan berhenti karena keterbatasan bahasa
Sering berhenti dan diam selama dialog sehingga dailog tidak tercipta
Pemahaman
(Comprehension)
Seluruh isi percakapan dapat difahami meskipun sesekali ada pengulangan pada bagian-bagian tertentu
Sebagian besar Isi percakapan dapat dimengerti meskipun ada beberapa pengulangan
Sulit untuk mengikuti dialog yang dilakukan kecuali pada bagian dialog umum dengan percakapan yang perlahan-lahan dan banyak pengulangan.
Tidak dapat difahami bahkan dalam bentuk dialog yang singkat sekalipun

Cara Penilaian Percakapan:
No.
Nama Siswa
Perolehan Skor
Jumlah skor perolehan
Kriteria ke-1
Kriteria ke-2
Kriteria ke-3
Kriteria ke-4
Kriteria ke-5
1.
Annisa Larasati
4
3
3
2
4
16
2.
Asep Sudrajat
3
3
3
3
3
15
3.
Beni Hermawan
3
4
4
3
3
17
....
..........................
...
...
...
...
...


Rumus perhitungan nilai siswa, sebagai berikut :
Jumlah skor yang diperoleh siswax 100
            Skor maksimal/ideal
Keterangan:
·         Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria ke-1 sampai dengan ke-5
·         Skor maksimal/ideal adalah hasil perkalian skor tertinggi (4) dengan jumlah kriteria yang ditetapkan (ada 5 kriteria). Jadi skor maksimal/ideal= 4x5 = 20
Sehingga perhitungan nilai akhir siswa adalah :
1.      Annisa Larasati : 16 x 100 = 80    2. Asep Sudrajat: 15 x 100 = 75
         20                                                              20



b.      Rubrik Penilaian Menulis
Kriteria
Skor 4
Skor 3
Skor 2
Skor 1
Ide Penulisan
Ide yang dipilih orisinal, Ide sangat sesuai dengan genre yang dipilih, ide dikembangkan dengan tepat dan terarah,
Hanya memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
Hanya memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
Hanya memenuhi 1 atau bahkan tidak memenuhi sama sekali 4 ketentuan yang telah ditetapkan.
Organisasi/ Struktur Teks dan isi
Teks sesuai dengan genre yang dipilih, ketentuan dan ciri-ciri genre yang dipilih diikuti dengan sempurna, ide penulisan dan informasi yang disajikan sangat relevan, isi teks sangat mudah dipahami.
Hanya memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
Hanya memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
Hanya memenuhi 1 atau bahkan tidak memnuhi semua kriteria yang ditetapkan
Tata Bahasa
Tidak ada kesalahan tata bahasa yang signifikan, makna dan isi teks dapat dipahami dengan jelas
Ada beberapa kesalahan tata bahasa namun tidak terlalu berpengaruh terhadap makna kalimat dan isi teks
Sering ditemukan kesalahan tata bahasa, namun makna dan isi teks masih dapat dipahami
Banyak sekali kesalahan tata bahasa sehingga makna dan isi teks sulit dipahami
Perbendaharaan Kata
Kalimat-kalimat yang digunakan sangat efektif, menggunakan variasi lexical dengan benar, menguasai bentuk kata dan idiom dengan benar dan efektif, istilah-istilah digunakan dengan benar
Hanya memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
Hanya memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
Hanya memenuhi 1 atau bahkan tidak memnuhi semua kriteria yang ditetapkan

Cara Penilaian Penulisan :
No.
Nama Siswa
Perolehan Skor
Jumlah skor perolehan
Kriteria ke-1
Kriteria ke-2
Kriteria ke-3
Kriteria ke-4
1.
Annisa Larasati
4
3
3
2
12
2.
Asep Sudrajat
4
3
3
4
14
3.
Beni Hermawan
3
4
4
3
14
....
..........................
...
...
...
...


Rumus perhitungan nilai siswa, sebagai berikut :
Jumlah skor yang diperoleh siswax 100
            Skor maksimal/ideal
Keterangan:
·         Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria ke-1 sampai dengan ke-5
·         Skor maksimal/ideal adalah hasil perkalian skor tertinggi (4) dengan jumlah kriteria yang ditetapkan (ada 4 kriteria). Jadi skor maksimal/ideal= 4x4 = 16
Sehingga perhitungan nilai akhir siswa adalah :
1.      Annisa Larasati : 12 x 100 = 75    2. Asep Sudrajat: 14 x 100 = 87,5
        16                                                               16
c.       Rubrik Penilaian Proyek
Kriteria
Skor 4
Skor 3
Skor 2
Skor 1
Orisinalitas ide
Ide ditentukan sendiri dengan mandiri.
Ide dirumuskan  dengan adanya masukan dari guru atau pihak lain.
Ide dirumuskan dengan bantuan guru atau pihak lain
Ide diberikan oleh guru atau pihak lain.
Kreatifitas
Kreatifitas dalam membuat proyek sangat menonjol dengan adanya komposisi warna, garis, bentuk, dan ornamen-ornamen yang menarik dan variatif, tanpa mengganggu isi dan tujuan pembuatan proyek
Kreatifitas cukup dengan adanya variasi warna, garis, dan bentuk, namun tampilan kurang menarik, sedangkan isi dan tujuan proyek sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan
Kreatifitas kurang sehingga tampilan kurang menarik, isi dan tujuan proyek masih sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan
Baik kreatifitas maupun isi dan tujuan proyek tidak sesuai dengan yang telah ditetapkan
Waktu penyelesaian proyek
Proyek diselesaikan sesuai dengan target waktu yang diberikan
Proyek diselesaikan dengan sedikit tambahan waktu, namun tidak melebihi hari yang ditetapkan
Proyek diselesaikan dengan tambahan waktu maksimum 1 hari
Proyek tidak selesai meskipun sudah diberikan tambahan waktu 1 hari.
Kesesuaian proyek dengan permintaan tugas
Proyek memenuhi semua ketentuan yang ditetapkan
Ada sebagian kecil ketentuan tidak terpenuhi
Sebagian besar ketentuan tidak terpenuhi
Proyek tidak sesuai dengan ketentuan sama sekali.


Cara Penilaian Proyek :
No.
Kelompok
Perolehan Skor
Jumlah skor perolehan
Kriteria ke-1
Kriteria ke-2
Kriteria ke-3
Kriteria ke-4
1.
Kelompok 1
3
3
3
4
12
2.
Kelompok 2
4
3
3
4
14
3.
Kelompok 3
3
4
4
3
14
....
..........................
...
...
...
...


Rumus perhitungan nilai kelompok, sebagai berikut :
Jumlah skor yang diperoleh kelompok x 100
            Skor maksimal/ideal
Keterangan:
·         Jumlah skor yang diperoleh kelompok adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria ke-1 sampai dengan ke-5
·         Skor maksimal/ideal adalah hasil perkalian skor tertinggi (4) dengan jumlah kriteria yang ditetapkan (ada 4 kriteria). Jadi skor maksimal/ideal= 4x4 = 16
Sehingga perhitungan nilai akhir kelompok adalah :
1.      Kelompok 1 : 12 x 100 = 75                     2. Kelompok 2: 14 x 100 = 87,5
  16                                                       16
            Nilai kelompok secara otomatis akan menjadi nilai anggotanya.

3.      Penilaian Sikap Melalui Observasi

a.       Lembar Pengamatan Sikap pada Kegiatan Membaca
No.
Sikap yang diamati
Terlihat (√)
Tidak terlihat (√)
1.
Ketertiban selama kegiatan


2.
Keseriusan selama kegiatan


3.
Tanggung jawab dalam melaksanakan tugas



b.      Lembar Pengamatan Sikap pada Kegiatan Diskusi
No.
Sikap yang diamati
Terlihat (√)
Tidak terlihat (√)
1.
Partisipasi dalam diskusi


2.
Rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat


3.
Saling menghormati dan menghargai


4.
Tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas



c.       Lembar Pengamatan Sikap pada Kegiatan Kerja Kelompok
No.
Sikap yang diamati
Terlihat (√)
Tidak terlihat (√)
1.
Kerja sama


2.
Ketertiban


3.
Tanggung jawab


4.
Kepedulian



                       




Contoh Format Hasil Pengamatan Kegiatan Membaca
No.
Nama Siswa
Sikap 1
Sikap 2
Sikap 3
Terlihat
Tidak Terlihat
Terlihat
Tidak Terlihat
Terlihat
Tidak Terlihat
1.
Annisa Larasati






2.
Asep Sudrajat






3.
Beni Hermawan






4.
............................











...................., .............................. 2014
Mengetahui                                                                
Kepala SMK                                                               Guru Mata Pelajaran


_______________________                                      _________________________

NIP. ...                                                                                    NIP. ..







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama satuan pendidikan     : SMK MIMPI INDAH
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/semester                       : XI/1
Materi pokok                        : Teks eksposisi tulis tentang “bullying”
Alokasi waktu                       : 6 x 45 menit
A.  Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.     Kompetensi dasar dan indicator pencapaian kompetensi:
Kompetensi Dasar (KD):
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
3.2 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator:
·         Siswa mampu mengidentifikasi gambaran umum dan informasi tentang “bullying” dengan penuh percaya diri dan tanggung jawab.
·         Siswa mampu membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks.
4.2 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespons ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, benar dan sesuai konteks.
C.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu menganalisis dan menangkap makna teks opini lisan dan tulis
D.    Materi Pembelajaran
Teks eksposisi lisan dan tulis sederhana
Fungsi social:
-          Mengenalkan, mengidentifikasi, memberi gambaran dan memberikan nilai-nilai moral kepada peserta didik
Struktur Teks
-          Penyebutan definisi “bullying”
-          Penyebutan kasus “bullying”
Unsur kebahasaan
-          Menggunakan simple past tense
-          Rujukan kata
-          Ucapan, tekanan kata, intonasi ketika mempresentasikan secara lisan
E.     Metode Pembelajaran
Pendekatam saintifik
Strategi 5M: Mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan
F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media                          : Power Point Presentation
Alat                             : Laptop, LCD
Sumber belajar            : Suara guru,
G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
a.      Kegiatan Pendahuluan (10’)
·         Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku pelajaran;
·         Memotivasi peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran teks pemaparan tentang kasus “bullying” dalam kehidupan sehari-hari.
·         Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mereviu materi sebelumnya.
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b.      Kegiatan Inti (75’)
Mengamati (20’)
·      Peserta didik dikelompokkan dalam kelompok 4 kelompok,masing-masing 6 orang. Kemudian siswa mengamati gambar yang ditunjukkan oleh guru.
·      Peserta didik belajar menemukan informasi rinci dan informasi tertentu dari gambar yang dilihat dari tayangan.
Menanya (15’)
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan antara lain pernahkah peserta didik menemui kasus bullying disekitar mereka.
·      Peserta didik mempertanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari gambar yang telah ditayangkan.
c.       Kegiatan Penutup
·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
Pertemuan 2
a.      Kegiatan Pendahuluan (10’)
·         Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku pelajaran;
b.      Kegiatan Inti (75’)
Mengumpulkan Informasi (40’)
·         Peserta didik dalam kelompok mencari informasi tentang bullying dari sumber-sumber lain (majalah, koran, internet)
·       Peserta didik secara berkelompok diminta untuk membuat poster tentang bullying
Mengasosiasikan (30’)
·         Masih berkelompok, peserta didik mengolah data dan informasi yang didapat
·         Berkelompok yang sama peserta didik menyusun kesimpulan 
c.       Kegiatan Penutup
·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
Pertemuan 3
a.      Kegiatan Pendahuluan (10’)
·         Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku pelajaran;
b.      Mengkomunikasikan (78’)
·      Mempresentasikan hasil kerja kelompok berupa Poster menggenai kasus Bullying
·      Masing-masing kelompok, mempublikasikan poster yang sudah dibuatnya di mading kelas.
c.       Penutup
·      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·      For all of you, thank you very much for your participation.  Good job, I like your performance today. Almost all of active. I hope next time all of you have to be active in the class. Okay?  Now as ususal Please write your feeling, your problem and your success during my class in your journal,
·      Peserta didik menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memuji dalam jurnal belajar (learning journal).
·      Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
H.    Penilaian Hasil Pembelajaran
·      Jenis/instrumen/rubrik
1.      Kinerja (praktik)
a.    Melakukan monolog tentang opini tindak bullying
b.    Melaksakan Kegiatan saintifik(5 M)
Aspek

Kegiatan
SIKAP/ PERILAKU
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN

MENGAMATI
(Peserta didik membaca/ mendengarkan beberapa teks)

Jujur
Disiplin
Tanggung-jawab


Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi


Do you think.....?
I agree with....
I disagree

MENANYA
Peduli
Tanggungjawab


Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks deskrptif

Keterampilan bertanya berbagai informasi tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan serta isi teks eksposisi tentang bussiness
(penggunaan bahasa yang tepat, efektif, dan efisien)

MENGUMPULKAN DATA
Peduli
Kerja sama
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks exppsition


·      Menyunting
·      Menulis teks eksposisi tentang bullying
MENGASOSIASI
Tanggung-jawab
Peduli
Kerja sama
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks deskrptif

Menalar dan menyimpukan
MENGOMUNIKASIKAN
Peduli
Tanggungjawab
Kerja sama
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari teks deskrptif

·    Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur  kebahasaan dari teks eksposisi
·    Mempresentasikan Poster

2.      Penugasan/Ulangan Harian
Siswa diminta untuk mengerjakan tugas yang berada dalam buku siswa.
3.      Observasi: 
Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik

No
                      Indikator  Sikap.

Nama Peserta didik.
Bertanggung jawab
peduli
Kerjasama
Percaya diri
santun
1






2






3






4






Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d. 5
1 = Sangat Kurang  2 = Kurang  3 = Cukup 4 = Baik   5 = Amat Baik
4.    Portofolio
Rubriks Portofolio (Format 1)
Nama Peserta didik          : ________________________________________
Kelas                                :  _______________________________________
Guru                                 : ________________________________________
NO
Kreteria                       Aspek
SB
B
C
K
1.
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar
5 kreteria terpenuhi
4 Kreteria terpenuhi
3 Kreteria terpenuhi
≤ 2 kreteria terpenuh
2.
Ada rekaman monolog teks deskriptif
3.
Ada kumpulan karya peserta didik yang mendukung proses penulisan teks diskriptif berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
4.
Ada kumpulan hasil tes dan latihan.
5.
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat

5.    Penilaian Diri
Bentuk: jurnal belajar
Contoh Format:
My Learning Journal
Name:
A summary of what I have covered:
Things I am still not sure of:
What do I need to do to overcome these uncertainties?
Things I have  learned successful today:
6.    Penilaian Sejawat
Berupa komentar

Mengetahui
Kepala Sekolah


Nama
NIP……………

Guru Bahasa Inggris


Nama
NIP……………….




 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama satuan pendidikan   : SMK
Mata Pelajaran                 : Bahasa Inggris
Kelas/semester                  : XI/1
Materi pokok                   : Hopes and Dreams
Alokasi waktu                  : 6 x 45 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1.    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi dasar dan indicator pencapaian kompetensi:
Kompetensi Dasar (KD):

1.1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar

2.3.     Menunjukkkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi fungsional
3.7.         Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana tentang harapan dan impian, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7.1.  Mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari poster dengan penuh percaya diri dan bertanggung jawab.
3.7.2.  Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana tentang harapan dan impian.
4.8.    Menangkap makna dalam teks deskriptif  lisan dan tulis sederhana.
4.8.1.     Mengurai gambaran umum dan informasi tertentu dari poster/foto dengan penuh percaya diri dan bertanggung jawab.
4.8.2.     Menditeksi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari poster.
4.9.    Menganalisa poster/Foto yang berkenaan dengan harapan dan impian, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.9.1.     Menganalisa poster/foto sederhana yang berhubungan dengan harapan dan impian dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.9.2.     Menanalisa gambar poster/foto sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10. Menyusun teks deskriptif sederhana lisan maupun tulis tentang harapan dan impian, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
4.10.1.  Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang harapan dan impian dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.

C. Tujuan pembelajaran    :
Pertemuan 1
Peserta didik terampil menganalisis dan menangkap makna   lisan dan tulis dari poster/foto sederhana tentang harapan dan impian untuk melaksanakan komunikasi transaksional dan fungsional dengan guru dan teman, menggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runtut, unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks, secara jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai.
D. Materi pembelajaran,
·      Menganalisa Poster/Foto  dan teks tertulis yang berkenaan dengan harapan dan impian
Fungsi sosial
·         Meneladani nilai-nilai moral,peduli dengan orang lain, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengritik, mempromosikan, dsb.
Struktur text
(1)   Penyebutan harapan dan impian dan nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan,
(2)   Penyebutan berbagai macam harapan  dan impian dan bagiannya, dan
(3)   Penyebutan tindakan dari atau terkait dengan harapan dan impian.
Unsur kebahasaan
(1)   Kata kerja yang terkait dengan tempat harapan dan impian.
I hope + compliment , I want + compliment, I wish  
(2)   Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(3)   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
(4)   Rujukan kata

E.  Metode Pembelajaran:
·         TBL (Task Based Learning), Diskusi,  Tanya-jawab,dan Presentasi
·         Model Pembelajaran pendekatan scientific
·         Strategi : menyimak,diskusi,studi pustaka,penugasan individu/kelompok.


F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1.    Media                 : VCD dan Power Point Presentation
2.    Alat                    : Laptop, LCD, dan Speaker Active
3.    Sumber Belajar   : berbagai macam poster/foto, VCD,Suara Guru.

G.    Langkah-langkah pembelajaran

Pertemuan 1
a.    Kegiatan Pendahuluan (10’)
·         Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku pelajaran;
·         Memotivasi peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran teks poster/foto tentang harapan dan impian dalam kehidupan sehari-hari, seperti mencita-citakan,berharap kebaikan bagi orang lain.
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b.    Kegiatan Inti (75’)
Mengamati (20’)
·      Peserta didik dalam kelompok 6 orang menganalisa poster,gambar yang dibagikan guru. Kemudian secara bergantian anggota kelompok membacakan hasil diskripsi tentang poster/foto yang dibagikan tersebut. (Peserta didik melakukan proses ini berdasarkan panduan yang disiapkan guru berupa lembar kerja)
·      Peserta didik menirukan contoh pengucapan kalimat-kalimat dalam deskripsi tentang harapan dan impian tersebut dengan bimbingan guru.
·      Peserta didik belajar menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari poster/foto yang diberikan  melalui beberapa pertanyaan arahan.
Menanya (15’)
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan antara lain tentang poster/foto yang berhubungan dengan harapan dan impian  dalam bahasa Inggris terutama tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
·      Peserta didik mempertanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari poster/foto tentang harapan dan impian.

·         PERTEMUAN KEDUA
A. Kegiatan pendahuluan
     a.  Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik fisik maupun psikologis
     b.  Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat).
     c.  Guru mengulas singkat materi/kegiatan sebelumnya
     d.  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai
     e.  Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang            kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan latihan dan tugas pembelajaran.
B. Kegiatan inti
          a.     Mengumpulkan informasi / Mengeksplorasi/ eksperimen
                         *     Siswa mencari contoh ungkapan2 yang berisi harapan dan impian dari              sumber yang lain ( Bab yang lain / buku yang lain ).
                         *     Siswa menjodohkan dan merangkai ungkapan yang berisi tentang         harapan dan impian yang berasal dari lembar kerja yang diberikan guru
C. Kegiatan penutup
     a.  Siswa dengan bantuan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
     b.  Guru memberikan umpan balik pembelajaran.
     c.  Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

PERTEMUAN KETIGA
MENGASOSIASI
A.  Kegiatan Pendahuluan
     a.  Guru mengecek kesiapan siswa baik secara fisik maupun psikologis
     b.  Guru mengajak siswa mengingat lagi apa yang telah dipelajari di pertemuan sebelumnya
     c.  Guru meminta siswa menyatakan harapan/ cita-cita dengan ungkapan yang telah mereka kuasai
B.  Kegiatan Inti
     a.  Siswa diberikan cara lain untuk mengungkapkan harapan dan cita-cita yang belum siswa kuasai
     b.  Guru menerangkan ekpresi yang baru tersebut
     c.  Guru member soal tentang harapan dan cita-cita
     d.  Guru mengajak siswa membandingkan ungkapan tersebut dengan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa
     e.  Guru mengajak siswa menyimpulkan pentingnya harapan dan cita-cita
                MENGKOMUNIKASIKAN
Ø  Siswa dapat menggunakan bahasa inggris yang menyatakan harapan dan impian setiap kali muncul kesempatan untuk menyatakan
harapan dan doa bersayap (extended), serta responnya,di dalam dan di luar kelas,
dengan unsur kebahasaan yang dapat menjaga hubungan interpersonal.
Ø  Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang
benar.
Ø  Siswa dapat membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa inggris
Untuk menyatakan harapan dan doa bersayap , serta responya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.

              Kegiatan Penutup
                >     Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
                >     Guru memberikan umpan balik pembelajaran
      >     Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya

H.    Penilaian hasil pembelajaran
Bentuk Instrumen
Instrumen Penilaian Sikap
NO
NAMA
SIKAP
Keterangan


Tanggung Jawab
Peduli
Kerjasama
Cinta Damai

1






2






3






4













40






Keteranagan :
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d. 5
1=
sangat kurang
2=
kurang konsisten
3=
mulai konsisten
4=
Konsisten
5=
selalu konsisten





1.  Penilaian Diri
Bentuk: jurnal belajar
Contoh Format:
My Learning Journal
Name:
A summary of what I have covered:
Things I am still not sure of:
What do I need to do to overcome these uncertainties?
Things I have  learned successful today:
2.  Penilaian Sejawat
Berupa komentar








          Wonogiri,   Juli 2014
Mengetahui:                                                           Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah




HO-3.1
 
 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah           : SMK Kelompok 4
Matapelajaran       : Bahasa Inggris
Kelas/Semester     : XI/ 1 (Wajib)
Materi Pokok       : Invitation
Alokasi Waktu      : 6JP (4x45 menit)

A.   KOMPETENSI INTI (KI)

    KI 1   : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
    KI 2   : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
    KI 3   : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
    KI 4   : Mengolah, menalar,  dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.          Kompetensi Dasar

1.1.         Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar

2.1    Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

2.2    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

2.3    Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3.4   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks undangan resmi, sesuai dengan konteks penggunaannya.
     Indikator:
1)    Siswa mampu mengoidentifikasi karakter dari surat undangan resmi
2)    Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks undangan resmi
3)    Siswa mampu menjelaskan penggunaan  undangan resmi secara benar

4.4    Menangkap makna teks undangan resmi.
          Indikator:
1)    Siswa mampu memberikan informasi bahwa mereka mendapat undangan resmi

4.5    Menyunting undangan resmi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
          Indikator:
1)     Menyunting undangan resmi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.6     Menyusun teks tulis undangan resmi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
          Indikator:
1)    Siswa mampu menyusun dan merevisi undangan formal berdasarkan konteks dan struktur kata
2)    Siswa mampu menulis undangan formal dengan format yang tepat dan menggunakan etika yang benar
3)    Siswa mampu menulis undangan resmi secara tepat dan benar

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu membuat undangan secara lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar, dan menunjukkan perilaku santun, disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab.

D.  MATERI PEMBELAJARAN

Ungkapan tawaran dan saran
1.    Fungsi Sosial :
Menjalin hubungan interpersonal dalam konteks formal

2.    Struktur Teks
a.    Menyebutkan tujuan undangan.
b.    Menyebutkan informasi rinci undangan

3.    Unsur Kebahasaan
a.    Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan dalam undangan resmi
b.    Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
c.    Ucapan, tekanan kata, intonasi
d.    Ejaan dan tanda baca
e.    Tulisan tangan

Kata kerja di dalam ungkapan saran :
Would you like….
Do you mind come to my…..
Come on time
You are invited in…..


E.   METODE PEMBELAJARAN
1.    Pendekatan  : Scientific approach
2.    Model       : Discovery based learning
3.    Teknik       : Membaca, diskusi, kerja kelompok, percakapan, create, and analyze.




F.   MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.    Media          : Buku teks, Microsoft Office Power Point, contoh undangan,
2.    Alat / bahan    : Laptop/netbook, lcd projector, loud speaker
3.    Sumber belajar  : Buku bahasa inggris kelas XI, web

G.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE-1
1.   Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·           Mengucapkan salam dan berdo’a bersama
·           Memberi motivasi belajar
·           Memberi brainstorming berupa pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan
·           Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
·           Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan yang akan dilakukan
·           Menanyakan tugas dipertemuan sebelumnya.

Classroom language:
Hello everyone, how are you today? We are starting a new chapter today.
Do you know Putu Wijaya, Butet Kertarejasa, or maybe Shakespeare? (teacher waits for answer from student. If the students do not have any idea, do not give them answer instead ask the next question)
Who are they? (teacher waits for answer from student. If the students do not have any idea, do not give them answer instead ask the next question)
Do you know anything about play? (teacher waits for answer from student. If the students do not have any idea, do not give them answer instead ask the next question)
Okay, let’s play a play!

2.   Kegiatan Inti (60 menit)
Guru meminta 2 anak untuk mencoba berakting secara spontan (membaca) membawakan drama Vanity and Pride didepan kelas. Disini, guru bertindak sebagai narrator. Selama kegiatan ini, siswa yang lain melihat memperhatikan jalannya drama.
Setelah selesai, guru meminta siswa menyampaikan pertanyaan apa saja yang sempat mereka buat selama memperhatikan kegiatan tersebut. Akan sangat membantu jika guru mengarahkan tanya jawab berdasarkan paragraf cerita (per-scene).
Setelah kegiatan membaca siswa diminta mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan secara berkelompok. Setelah masing-masing kelompok melakukan diskusi, guru melakukan diskusi kelas untuk memberi kesempatan masing-masing kelompok menyampaikan pendapatnya.

Classroom Language
Okay, Class. Last week I had an assignment for you. One of them was read a drama entitled Vanity and Pride.
Have you done it?
So, today, we are going to practice it. I need two of you to act as Monsieur Losiel and Madame Loisel.
While you are watching, write the words you do not understand and try to imagine the situation.
Students, don’t forget to question what you are watching. For example: What is it about? Who lie?

3.   Penutup (20 menit)
Sebagai penutup kegiatan pada pertemuan ke-1 siswa diminta menulis jurnal (Personal Journal Writing) tentang sikap syukur atas nikmat Tuhan.

PERTEMUAN KE-2
1.   Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·           Mengucapkan salam dan berdo’a bersama
·           Mengecek kehadiran siswa
·           Memberi motivasi belajar
·           Mengulas sekilas materi yang telah dibahas dipertemuan sebelumnya.
·           Menanyakan tugas sebelumnya

Classroom language:
Hello class, how are you today?
Do you remember what we practiced last week?
Yes, right. We practiced a drama entitled Vanity and Pride. So, what we can learn from that drama?
Okay, let’s continue our lesson!

2.   Kegiatan Inti (70 menit)
Mengamati
·           Siswa mengamati berbagai contoh bentuk undangan tertulis resmi maupun tidak resmi yang ditayangkan oleh guru.
·           Siswa memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi undangan resmi, ketepatan unsur kebahasaannya, format, tampilan, dsb.

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, antara undangan resmi dalam bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia, dsb.

Mencoba
·           Siswa membuat serta memperagakan dialog yang berisi mengenai menerima dan menolak undangan secara lisan.

Mengasosiasi
·           Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai undangan resmi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·           Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai undangan resmi yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·           Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.

Classroom Language
We will ask you to find out some kind of invitation
Choose your partner, and with you, identify the invitation.
while you are reading, underline the words or expression used.
Students, don’t forget to question what you are identifying.
For example: why should use this expression?

3.   Penutup (10 menit)
·           Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
·           Guru memberikan umpan balik pembelajaran
·           Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
·           Siswa mengumpulkan hasil latihannya.
·           Guru memberi tugas individu (tugas dapat dilihat dibuku siswa pada bagian “Writing Connection”, hal. 86)
·           Guru memberi tugas secara berpasangan untuk yang akan datang (tugas dapat dilihat dibuku siswa pada bagian “Let’s Create and Contribute”, hal. 87)



PERTEMUAN KE 3
1.   Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
·           Mengucapkan salam dan berdo’a bersama
·           Mengecek kehadiran siswa
·           Memberi motivasi belajar
·           Mengulas sekilas materi yang telah dibahas dipertemuan sebelumnya
·           Menanyakan dan meminta pada siswa untuk mengumpulkan tugas sebelumnya.

2.   Kegiatan Inti (75 menit)
Mengkomunikasikan
·           Siswa mempresentasikan tugas berpasangan sebelumnya (tugas dari buku siswa pada bagian “Let’s Create and Contribute”, hal. 87)
·           Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·           Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat undangan resmi dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.

3.   Kegiatan Penutup (10 menit)
·           Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
·           Guru memberikan umpan balik pembelajaran
·           Siswa mengumpulkan hasil latihannya.
·           Guru memberi tugas individu, dikumpulkan dipertemuan berikutnya. (Tugas dapat dilihat dibuku siswa pada bagian Parent Connection, hal. 88)


H.  PENILAIAN
a.  Jenis/teknik penilaian
·         Tertulis:
-          Latihan soal pada bagian Let’s Practice
-          Summative assessment
·         Unjuk Kerja (Kinerja/performance)
-          Melakukan percakapan berisi ungkapan undangan
-          Proyek pembuatan undangan
·         Penilaian sikap selama proses pembelajaran:
-          Sikap saat kegiatan membaca
-          Sikap saat kegiatan diskusi
-          Sikap saat kegiatan kerja kelompok

b.  Instrumendan Cara Penilaian
1.   Tes tertulis dalam bentuk soal text  berbentuk undangan. Penilaiannya dilakukan dengan cara menghitung jumlah jawaban benar dari jumlah soal yang diberikan.
2.   Instrumen Unjuk kerja, yaitu berupa rubrik penilaian. Berikut adalah rubrik-rubrik penilaian yang dapat digunakan oleh guru untuk melakukan penilaian unjuk kerja siswa, berikut teknik perhitungan skornya.

a.   Rubrik Percakapan
Kriteria
Skor 4
Skor 3
Skor 2
Skor 1
Pelafalan
(Pronuncing)
Lafal dapat difahami meskipun dengan aksen tertentu
Ada masalah dalam pengucapan sehingga membuat pendengar harus sangat fokus dan kadang-kadang menimbulkan kesalahfahaman
Sulit dimengerti karena ada masalah dalam pelafalan dan frekuensinya sering.
Hampir selalu kelur dalam pelafalan sehingga tidak dapat dimengerti
Tata Bahasa
(Grammar)
Hampir tidak ada kekeliruan tata bahasa
Terjadi beberapa kekeliruan tata bahasa namun tidak berpengaruh terhadap arti
Banyak terjadi kekeliruan tata bahasa yang mempengaruhi arti dan sering kali harus menyusun ulang kalimat percakapan
Tata bahasa sangat buruk sehingga percakapan sangat sulit difahami
Kosakata
(Vocabulary)
Kadang-kadang pelafalan tidak tepat dan mengharuskan penjelasan lebih lanjut karena kosakata yang tidak sesuai
Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat sehingga  dialognya menjadi terbatas karena kosakata yang terbatas.
Menggunakan kosakata yang salah sehingga tidak dapat difahami.
Kosakata sangat terbatas sehingga tidak memungkinkan terjadinya dialog
Kelancaran (Fluency)
Dialog lancar, sangat sedikit menemui kesulitan
Tidak terlalu lancar karena menemui kesulitan bahasa
Sering ragu dan berhenti karena keterbatasan bahasa
Sering berhenti dan diam selama dialog sehingga dailog tidak tercipta
Pemahaman
(Comprehension)
Seluruh isi percakapan dapat difahami meskipun sesekali ada pengulangan pada bagian-bagian tertentu
Sebagian besar Isi percakapan dapat dimengerti meskipun ada beberapa pengulangan
Sulit untuk mengikuti dialog yang dilakukan kecuali pada bagian dialog umum dengan percakapan yang perlahan-lahan dan banyak pengulangan.
Tidak dapat difahami bahkan dalam bentuk dialog yang singkat sekalipun

Cara Penilaian Percakapan:
No.
Nama Siswa
Perolehan Skor
Jumlah skor perolehan
Kriteria ke-1
Kriteria ke-2
Kriteria ke-3
Kriteria ke-4
Kriteria ke-5
1.
Annisa Larasati
4
3
3
2
4
16
2.
Asep Sudrajat
3
3
3
3
3
15
3.
Beni Hermawan
3
4
4
3
3
17
....
..........................
...
...
...
...
...


Rumus perhitungan nilai siswa, sebagai berikut :
Jumlah skor yang diperoleh siswax 100
            Skor maksimal/ideal
Keterangan:
·         Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria ke-1 sampai dengan ke-5
·         Skor maksimal/ideal adalah hasil perkalian skor tertinggi (4) dengan jumlah kriteria yang ditetapkan (ada 5 kriteria). Jadi skor maksimal/ideal= 4x5 = 20

Sehingga perhitungan nilai akhir siswa adalah :
1.   Annisa Larasati : 16 x 100 = 80 2. Asep Sudrajat: 15 x 100 = 75
         20                                 20



b.   Rubrik Penilaian Menulis
Kriteria
Skor 4
Skor 3
Skor 2
Skor 1
Ide Penulisan
Ide yang dipilih orisinal, Ide sangat sesuai dengan genre yang dipilih, ide dikembangkan dengan tepat dan terarah,
Hanya memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
Hanya memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
Hanya memenuhi 1 atau bahkan tidak memenuhi sama sekali 4 ketentuan yang telah ditetapkan.
Organisasi/ Struktur Teks dan isi
Teks sesuai dengan genre yang dipilih, ketentuan dan ciri-ciri genre yang dipilih diikuti dengan sempurna, ide penulisan dan informasi yang disajikan sangat relevan, isi teks sangat mudah dipahami.
Hanya memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
Hanya memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
Hanya memenuhi 1 atau bahkan tidak memnuhi semua kriteria yang ditetapkan
Tata Bahasa
Tidak ada kesalahan tata bahasa yang signifikan, makna dan isi teks dapat dipahami dengan jelas
Ada beberapa kesalahan tata bahasa namun tidak terlalu berpengaruh terhadap makna kalimat dan isi teks
Sering ditemukan kesalahan tata bahasa, namun makna dan isi teks masih dapat dipahami
Banyak sekali kesalahan tata bahasa sehingga makna dan isi teks sulit dipahami
Perbendaharaan Kata
Kalimat-kalimat yang digunakan sangat efektif, menggunakan variasi lexical dengan benar, menguasai bentuk kata dan idiom dengan benar dan efektif, istilah-istilah digunakan dengan benar
Hanya memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
Hanya memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
Hanya memenuhi 1 atau bahkan tidak memnuhi semua kriteria yang ditetapkan

Cara Penilaian Penulisan :
No.
Nama Siswa
Perolehan Skor
Jumlah skor perolehan
Kriteria ke-1
Kriteria ke-2
Kriteria ke-3
Kriteria ke-4
1.
Annisa Larasati
4
3
3
2
12
2.
Asep Sudrajat
4
3
3
4
14
3.
Beni Hermawan
3
4
4
3
14
....
..........................
...
...
...
...


Rumus perhitungan nilai siswa, sebagai berikut :
Jumlah skor yang diperoleh siswax 100
            Skor maksimal/ideal
Keterangan:
·         Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria ke-1 sampai dengan ke-5
·         Skor maksimal/ideal adalah hasil perkalian skor tertinggi (4) dengan jumlah kriteria yang ditetapkan (ada 4 kriteria). Jadi skor maksimal/ideal= 4x4 = 16
Sehingga perhitungan nilai akhir siswa adalah :
1.   Annisa Larasati : 12 x 100 = 75 2. Asep Sudrajat: 14 x 100 = 87,5
        16                                  16


c.   Rubrik Penilaian Proyek
Kriteria
Skor 4
Skor 3
Skor 2
Skor 1
Orisinalitas ide
Ide ditentukan sendiri dengan mandiri.
Ide dirumuskan  dengan adanya masukan dari guru atau pihak lain.
Ide dirumuskan dengan bantuan guru atau pihak lain
Ide diberikan oleh guru atau pihak lain.
Kreatifitas
Kreatifitas dalam membuat proyek sangat menonjol dengan adanya komposisi warna, garis, bentuk, dan ornamen-ornamen yang menarik dan variatif, tanpa mengganggu isi dan tujuan pembuatan proyek
Kreatifitas cukup dengan adanya variasi warna, garis, dan bentuk, namun tampilan kurang menarik, sedangkan isi dan tujuan proyek sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan
Kreatifitas kurang sehingga tampilan kurang menarik, isi dan tujuan proyek masih sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan
Baik kreatifitas maupun isi dan tujuan proyek tidak sesuai dengan yang telah ditetapkan
Waktu penyelesaian proyek
Proyek diselesaikan sesuai dengan target waktu yang diberikan
Proyek diselesaikan dengan sedikit tambahan waktu, namun tidak melebihi hari yang ditetapkan
Proyek diselesaikan dengan tambahan waktu maksimum 1 hari
Proyek tidak selesai meskipun sudah diberikan tambahan waktu 1 hari.
Kesesuaian proyek dengan permintaan tugas
Proyek memenuhi semua ketentuan yang ditetapkan
Ada sebagian kecil ketentuan tidak terpenuhi
Sebagian besar ketentuan tidak terpenuhi
Proyek tidak sesuai dengan ketentuan sama sekali.


Cara Penilaian Proyek :
No.
Kelompok
Perolehan Skor
Jumlah skor perolehan
Kriteria ke-1
Kriteria ke-2
Kriteria ke-3
Kriteria ke-4
1.
Kelompok 1
3
3
3
4
12
2.
Kelompok 2
4
3
3
4
14
3.
Kelompok 3
3
4
4
3
14
....
..........................
...
...
...
...


Rumus perhitungan nilai kelompok, sebagai berikut :
Jumlah skor yang diperoleh kelompok x 100
            Skor maksimal/ideal
Keterangan:
·         Jumlah skor yang diperoleh kelompok adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria ke-1 sampai dengan ke-5
·         Skor maksimal/ideal adalah hasil perkalian skor tertinggi (4) dengan jumlah kriteria yang ditetapkan (ada 4 kriteria). Jadi skor maksimal/ideal= 4x4 = 16
Sehingga perhitungan nilai akhir kelompok adalah :
1.   Kelompok 1 : 12 x 100 = 75           2. Kelompok 2: 14 x 100 = 87,5
  16                                    16
       Nilai kelompok secara otomatis akan menjadi nilai anggotanya.

3.   Penilaian Sikap Melalui Observasi

a.   Lembar Pengamatan Sikap pada Kegiatan Membaca
No.
Sikap yang diamati
Terlihat ()
Tidak terlihat ()
1.
Ketertiban selama kegiatan


2.
Keseriusan selama kegiatan


3.
Tanggung jawab dalam melaksanakan tugas



      

b.   Lembar Pengamatan Sikap pada Kegiatan Diskusi
No.
Sikap yang diamati
Terlihat ()
Tidak terlihat ()
1.
Partisipasi dalam diskusi


2.
Rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat


3.
Saling menghormati dan menghargai


4.
Tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas



c.   Lembar Pengamatan Sikap pada Kegiatan Kerja Kelompok
No.
Sikap yang diamati
Terlihat ()
Tidak terlihat ()
1.
Kerja sama


2.
Ketertiban


3.
Tanggung jawab


4.
Kepedulian



              Contoh Format Hasil Pengamatan Kegiatan Membaca
No.
Nama Siswa
Sikap 1
Sikap 2
Sikap 3
Terlihat
Tidak Terlihat
Terlihat
Tidak Terlihat
Terlihat
Tidak Terlihat
1.
Annisa Larasati






2.
Asep Sudrajat






3.
Beni Hermawan






4.
............................











...................., .............................. 2014
Mengetahui                                      
Kepala SMP                                      Guru Mata Pelajaran


_______________________                         _________________________
NIP. ...                                    NIP. ..




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama satuan pendidikan     : SMA/SMK ………………
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/semester                     : XI/1
Materi pokok                         : surat pribadi
Alokasi waktu                       : 2 x 45 menit
A.  Kompetensi Inti (KI)
1.    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi dasar dan indicator pencapaian kompetensi:
Kompetensi Dasar (KD):
1.1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3.       Menunjukkkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi fungsional
3.5     menganalisis fungsi social, stuktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat pribadi sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.7    Menangkap makna teks surat pribadi.
4.8   Menyusun teks surat pribadi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

C. Tujuan pembelajaran       :
Pertemuan 1
1.      Peserta didik mampu menangkap makna isi surat pribadi.
2.      Peserta didik terampil dalam menulis surat pribadi menggunakan  unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks, secara jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai.
D. Materi pembelajaran,
·      Teks surat pribadi
Fungsi sosial
o    Menunjukkkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai.
Struktur text
(1)    Pengenalan surat pribadi.
(2)    Penyebutan bagian – bagian surat pribadi.

Unsur kebahasaan
(1)    Pengunaan past  tense  dalam penulisan. ” waktu liburan tahun lalu”, “ menceritakan pesta ulang tahun kakek”, “ memnceritakan tentang prestasi belajar”.
(2)    Menggungkapkan perasaan yang di dapat.
(3)    Tugas di tulis tangan dengan jelas dan rapi.
(4)    siswa mempresentasikan secara lisan.

E.  Metode Pembelajaran:
·                     Model                      :PBL (Project Based Learning)
·                     Teknik                    : Diskusi,  Tanya-jawab ,dan Presentasi.
·                     Pendekatan            :Pendekatan saintifik

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1.                                                     Media :Power  Point Presentation, kartu pos,lembar tugas  dan  prangko.
2.         Alat                         : Laptop, LCD, dan Speaker Active
3.   Sumber Belajar         : buku siswa bahasa inggris kelas XI.

G.    Langkah-langkah pembelajaran

Pertemuan 1
a.    Kegiatan Pendahuluan (10’)
·         Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku pelajaran.
·         Memotivasi peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran surat pribadi dalam kehidupan sehari-hari, serta menyediakan media Pembelajaran yang akan di gunakan untuk siswa.
·         Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mereviu materi sebelumnya. Menayangkan slide kepada siswa tentang surat pribadi.
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

b.     Kegiatan Inti (75’)
Mengamati (15’)
·      Peserta didik di bagi menjadi 5 kelompok  yang terdiri dari 6 orang. 1 siswa dalam kelompok membaca contoh surat pribadi. Setelah itu peserta didik menonton slide yang di sajikan guru. (Peserta didik melakukan proses ini berdasarkan panduan yang disiapkan guru berupa lembar kerja).
·      Peserta didik menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari surat yang dibaca melalui beberapa pertanyaan dan arahan.

Menanyakan (15’)
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan antara lain bagan dari surat pribadi yang ada dalam bahasa Inggris terutama tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
·      Peserta didik mempertanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi yang ada dalam surat pribadi yang di tayangkan dalam slide.
Mengasosiakan (15’)
·      Peserta didik menulis surat setelah disunting dan disusun sesuai dengan fungsi sosialnya dengan teks yang mereka baca sebelumnya.
·      Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari  guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.

Mengumpulkan Informasi (15’)
·      Peserta didik secara berkelompok menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi rinci, fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari surat pribadi yang dibaca.

Mengkomunikasikan (15’)
·      Siswa mempersentasikan hasil diskusinya di depan kelas.

c.   Penutup (10’)
·      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Thank you very much for your participation.  You did a good job today, I’m very happy with your activity in the class. How about you, did you enjoy my class?
·      Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas kelompok berupa proyek membuat surat pribadi secara dengan ilustrasi yang menarik.
·      menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

H.    Penilaian hasil pembelajaran
·      Jenis/instrumen/rubrik
1.    Kinerja (praktik)
a.   Membacakan surat pribadi di depan kelas dengan kreteria ketepatan ,kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam surat pribadi.
b.   Melaksakan Kegiatan saintifik(5 M)
Aspek

Kegiatan
SIKAP/ PERILAKU
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN

MENGAMATI
(Peserta didik membaca/ mendengarkan beberapa teks)

Jujur
Disiplin
Tanggung-jawab


Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari surat pribadi

Menemukan informasi dengan menjawab pertanyaan seperti
a. What does the letter talk about?
b. Who is the receiver?
c. What do you think?

MENANYA
Peduli
Tanggungjawab


Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari surat pribadi.

Keterampilan bertanya berbagai informasi tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan serta isi teks deskripsi tentang surat pribadi.
(penggunaan bahasa yang tepat, efektif, dan efisien)

MENGUMPULKAN DATA
Tanggung-jawab
Peduli
Kerja sama
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari surat pribadi.

·      Membaca surat pribadi.
·      Menyunting
·      Menulis surat pribadi tentang liburan tahun lalu.
MENGASOSIASI
Tanggung-jawab
Peduli
Kerja sama
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari surat pribadi.

Siswa membuat surat pribadi tentang liburan tahun lalu.
MENGOMUNIKASIKAN
Peduli
Tanggungjawab
Kerja
Fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan dari surat pribadi.

·    Mempresentasikan hasil penulisan surat pribadi.


Rubriks untuk penilaian kinerja (menulis)
KRITERIA
skor
(1)
Skor
(2)
skor
(3)
skor
(4)
Ide penulisan
Memenuhi 1 dari 4 ketentuan yang telah di tetapkan
Memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang telah di tetapkan
Memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang telah di tetapkan.
Ide yang di pilih ide sendiri sesuai tema, di kembangkan dengan tepat dan terarah.
Tata bahasa
Surat banyak sekali kesalahan, dalam penggunaan tata bahasa,tidak bermakna dan surat sulit di pahami.
Surat sering di temukan kesalahan,dalam penggunaan tata bahasa, tidak bermakna dan surat sulit di pahami.
Surat ada beberapa kesalahan, tidak terlalu berpengaruh terhadap makna kalimat.
Tidak ada kesalahan tata bahasa baik, isi surat mudah di pahami dan jelas.
Organisasi/ stuktur teks dan isi
Hanya memenuhi 1 atau tidak sama sekali dari kreteria yang di tetapkan.
Memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang telah di tetapkan
Memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang telah di tetapkan.
 surat sesuai dengan ketentuan, penulisan  ide dan informasi sesuai atau relevan, mudah di pahami.
Pembendaharaan kata.
Hanya memenuhi 1 atau tidak memenuhi criteria
Hanya memenui 2 dari 4 kriteria
Hanya memnuhi 3 dari 4 kriteria
Kalimat yang di gunakan efektif, bermakna, bervariasi serta istilah yang di gunakan benar.

Cara penilaian penulisan:
Rumus perhitungan  nilai siswa, sebagai berikut :

Jumlah skor yang di peroleh siswa    x 100
Skor maksimal
Keterangan :
Jumlah skor           ; nilai yang di peroleh siswa dari kriteria 1 sampai 4.
Skor maksimal      :  hasil perkalian nilai tertinggi (4) dengan jumlah kriteria yang di tetapkan (4). Jadi skor maksimal ideal 4 x 4 = 16.
Sehingga, perhitungan nilai akhir siswa adalah






Comments

Popular posts from this blog

LATIHAN SOAL BAHASA INGGRIS KELAS XII UAS GASAL 2016/2017