HO-3.1
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA/SMK ……………….
Matapelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/Semester
: XI/ 1 (Wajib)
Materi
Pokok : Offer and Suggest
Alokasi
Waktu : 6 x 45 menit
A.
KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional.
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
Indikator :
·
Siswa dapat
mengidentifikasi ungkapan tawaran (Students are able to identify what is offer)
·
Siswa dapat
mengidentifikasi ungkapan saran (Students are able to identify what is
suggestion)
·
Siswa dapat membedakan
ungkapan tawaran dan saran (Students are able to differentiate between offer
and suggestion)
·
Siswa dapat menjelaskan
fungsi ungkapan tawaran (Students are able to explain the usage of offer)
·
Siswa dapat menjelaskan
fungsi ungkapan saran (Students are able to explain the usage of suggestion)
4.1 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan
memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Indikator :
·
Siswa dapat
menyampaikan ungkapan tawaran sesuai konteks dengan benar (Students are able to
offer based on context properly)
·
Siswa dapat
merespon sebuah tawaran dengan tepat (Studentsare able to respond to an offer
properly)
·
Siswa dapat
menyampaikan ungkapan saran sesuai konteks dengan tepat (Studentsare able to
give suggestions based on context properly)
·
Siswa dapat
merespon sebuah saran dengan tepat (Studentsare able to respond to suggestions
properly)
·
Siswa dapat
menulis ungkapan tawaran dengan benar (Studentsare able write offers correctly)
·
Siswa dapat
menulis ungkapan saran dengan benar (Students are able to write suggestions
correctly)
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa terampil menggunakan ungkapan tawaran dan
secara lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar, dan menunjukkan perilaku santun, disiplin,
percaya diri, dan tanggung jawab.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Ungkapan Tawaran dan Saran (Offer and Suggest)
1.
Fungsi Sosial :
Menyampaikan
dan merespon tawaran dan saran
2.
Struktur Teks
Tawaran
:
Ø May
I give you a hand?
Ø Can
I help you?
Ø How
about I help you with this?
Ø Would
you like another piece of cake?
Saran:
Ø Let’s
go to the library.
Ø Why
don’t you do your homework before going out.
Ø I
suggest that we call it a day.
Ø How
about going to Sam’s place first?
3.
Unsur Kebahasaan
Kata
kerja (Modal Verbs) di dalam ungkapan tawaran :
May I ...
Can I ...
Shall I ..
Would you ...
How about I...
Kata
kerja di dalam ungkapan saran :
Let’s ....
Why
don’t we ....
We could
...
What
about ...
How
about ...
I
suggest that ....
You
might want to change ...
I think
.…
I don’t
think .…
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Scientific approach
2. Model : Discovery based learning
3. Teknik : Membaca, diskusi, kerja kelompok,
percakapan, mencipta, dan menganalisa.
E.
MEDIA
DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Buku
Teks, dongeng-dongeng dari sumber lain, tayangan cuplikan gambar.
F.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE-1
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
· Mengucapkan salam dan berdo’a bersama
· Memberi motivasi belajar dengan mengajak siswa
berimajinasi.
· Memberi brainstorming berupa pertanyaan yang
sesuai dengan materi yang akan disampaikan
· Menjelaskan tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang akan dicapai.
· Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan
uraian kegiatan yang akan dilakukan.
2.
Kegiatan
Inti (60 menit)
Siswa membaca cerita TheEnchanted
Fish secara berpasangan. Sambil
membaca, siswa diminta menggarisbawahi kata-kata yang tidak dimengerti dan
mencoba membayangkan cerita tersebut. Guru memberikan kesempatan pada siswa
untuk mengajukan pertanyaan terkait bacaan. Guru meminta pada siswa untuk
mengumpulkan informasi tentang ungkapan saran dan tawaran menurut pemahaman
mereka sendiri dan mencari nilai moral. Siswa membandingkan perbedaan antara
ungkapan saran dan tawaran dalam cerita dan siswa sudahkah mengimplementasikan
ungkapan tersebut dalam kegiatan nyata.. Siswa mempresentasikan hasil diskusi tentang
nilai moral cerita sertaungkapan yang diperoleh di dalam cerita.
3. Penutup
(20 menit)
Sebagai
penutup kegiatan pada pertemuan ke-1 siswa diminta menulis jurnal (Personal Journal Writing) tentang sikap
syukur atas nikmat Tuhan
PERTEMUAN
KE 2
1. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
· Mengucapkan salam dan berdo’a bersama
· Menanyakan tugas sebelumnya
· Mengulang kembali materi sebelumnya secara
sekilas
Guru
menyampaikan bahwa siswa akan belajar tentang offer dan suggest serta
bagaimana penggunaannya dalam komunikasi sehari-hari.
Guru menanyakan
apakah di antara siswa ada yang sudah memahami tentang offer dan suggest. Siswa
yang sudah tahu diminta memberikan contoh.
Kemudian guru
meminta siswa melihat kembali isi cerita dan menunjukkan pernyataan-pernyataan
dalam teks yang merupakanoffer dansuggest.Guru memperkuat pemahaman siswa
dengan pertanyaan-pertanyaan dan penjelasan tentang offer dan suggest serta bagaimana
merespon offer dan suggest dengan tepat. Guru menjelaskan
ciri-ciri kebahasaan dari ungkapan offer
dan suggest, melalui contoh-contoh
yang disajikan di buku teks maupun contoh dari guru sendiri.
Setelah
mendengarkan penjelasan guru dan contoh-contoh penggunaan offerdan suggest serta
ciri-ciri kebahasaan yang ada pada ungkapan offer dan suggest,
kegiatan dilanjutkan dengan latihan
tertulis berkaitan dengan ungkapan offer dan suggest.
3. Penutup
(10 menit)
-
Siswa mengumpulkan hasil latihannya.
-
Gueu memberi tugas siswauntuk
memintaayah/ibu, kakek/nenek, atau wali untuk menceritakan dongeng dalam bahasa
Indonesia. Siswa kemudian menrjemahkannya ke dalam bahasa Inggris dan
mempresentasikan hasil di depan kelas.
-
Guru memberi tugas proyek untuk minggu
yang akan datang (tugas dapat dilihat pada bagian “Let’s Create and Contribute”)
PERTEMUAN
KE 3
1. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
· Mengucapkan salam dan berdo’a bersama
· Menanyakan tugas sebelumnya
· Mengulang kembali materi sebelumnya secara
sekilas
2.
Kegiatan
Inti (80 menit)
Dengan menggunakan salah satu Visible Thinking Technic yakni Think,
Pair, Share, siswa diminta memecahkan masalah. Siswa diminta memikirkan
kalimat tawaran atau saran yang tepat untuk mendamaikan dua teman yang sedang
bermusuhan. Siswa diminta melakukannya secara berpasangan. Setelah itu mereka
menyampaikannya di depan guru dan teman sekelas.
Kemudian, siswa
diminta membentuk kelompok terdiri dari 4-5 orang. Lalu memilih salah satu di
antara 2 tugas yang ditawarkan:
a. Menciptakan
pertunjukan pantomim yang mengandung offer
dan suggestion sesuai petunjuk di
buku teks
b. Mendesain
kartu pos yang memuat offer dan suggestion sesuai petunjuk di buku teks.
Setelah waktu
yang ditentukan habis, guru memberi kesempatan kepada kelompok yang mau
menampilkan hasil karyanya di depan kelas.
3. Penutup
(5 menit)
-
Siswa mengumpulkan hasil karyanya.
-
Guru mengingatkan kembali tugas proyek
siswa.
G.
PENILAIAN
a.
Jenis/teknik
penilaian
·
Tertulis:
-
Latihan soal pada
bagian Let’s Practice
-
Summative assessment
·
Unjuk Kerja
(Kinerja/performance)
-
Melakukan percakapan
berisi ungkapan tawaran dan saran
-
Menulis dongeng
-
Proyek pembuatan poster
·
Penilaian sikap selama
proses pembelajaran:
-
Sikap saat kegiatan
membaca
-
Sikap saat kegiatan
diskusi
-
Sikap saat kegiatan
kerja kelompok
b.
Instrumen
dan Cara Penilaian
1. Tes
tertulis dalam bentuk soal. Penilaiannya dilakukan dengan cara menghitung
jumlah jawaban benar dari jumlah soal yang diberikan.
2. Instrumen
Unjuk kerja, yaitu berupa rubrik penilaian. Berikut adalah rubrik-rubrik
penilaian yang dapat digunakan oleh guru untuk melakukan penilaian unjuk kerja
siswa, berikut teknik perhitungan skornya.
a. Rubrik
Percakapan
Kriteria
|
Skor
4
|
Skor
3
|
Skor
2
|
Skor
1
|
Pelafalan
(Pronuncing)
|
Lafal dapat difahami
meskipun dengan aksen tertentu
|
Ada masalah dalam
pengucapan sehingga membuat pendengar harus sangat fokus dan kadang-kadang
menimbulkan kesalahfahaman
|
Sulit dimengerti karena
ada masalah dalam pelafalan dan frekuensinya sering.
|
Hampir selalu kelur
dalam pelafalan sehingga tidak dapat dimengerti
|
Tata
Bahasa
(Grammar)
|
Hampir tidak ada
kekeliruan tata bahasa
|
Terjadi beberapa
kekeliruan tata bahasa namun tidak berpengaruh terhadap arti
|
Banyak terjadi
kekeliruan tata bahasa yang mempengaruhi arti dan sering kali harus menyusun
ulang kalimat percakapan
|
Tata bahasa sangat buruk
sehingga percakapan sangat sulit difahami
|
Kosakata
(Vocabulary)
|
Kadang-kadang pelafalan
tidak tepat dan mengharuskan penjelasan lebih lanjut karena kosakata yang
tidak sesuai
|
Sering menggunakan
kosakata yang tidak tepat sehingga
dialognya menjadi terbatas karena kosakata yang terbatas.
|
Menggunakan kosakata
yang salah sehingga tidak dapat difahami.
|
Kosakata sangat terbatas
sehingga tidak memungkinkan terjadinya dialog
|
Kelancaran
(Fluency)
|
Dialog lancar,
sangat sedikit menemui kesulitan
|
Tidak terlalu lancar
karena menemui kesulitan bahasa
|
Sering ragu dan berhenti
karena keterbatasan bahasa
|
Sering berhenti dan diam
selama dialog sehingga dailog tidak tercipta
|
Pemahaman
(Comprehension)
|
Seluruh isi percakapan
dapat difahami meskipun sesekali ada pengulangan pada bagian-bagian tertentu
|
Sebagian besar Isi
percakapan dapat dimengerti meskipun ada beberapa pengulangan
|
Sulit untuk mengikuti
dialog yang dilakukan kecuali pada bagian dialog umum dengan percakapan yang
perlahan-lahan dan banyak pengulangan.
|
Tidak dapat difahami
bahkan dalam bentuk dialog yang singkat sekalipun
|
Cara
Penilaian Percakapan:
No.
|
Nama
Siswa
|
Perolehan Skor
|
Jumlah skor perolehan
|
||||
Kriteria ke-1
|
Kriteria ke-2
|
Kriteria ke-3
|
Kriteria ke-4
|
Kriteria ke-5
|
|||
1.
|
Annisa
Larasati
|
4
|
3
|
3
|
2
|
4
|
16
|
2.
|
Asep
Sudrajat
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
15
|
3.
|
Beni
Hermawan
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
17
|
....
|
..........................
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
|
Rumus
perhitungan nilai siswa, sebagai berikut :
Jumlah skor yang
diperoleh siswax 100
Skor maksimal/ideal
Keterangan:
·
Jumlah skor yang
diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria ke-1
sampai dengan ke-5
·
Skor maksimal/ideal
adalah hasil perkalian skor tertinggi (4) dengan jumlah kriteria yang
ditetapkan (ada 5 kriteria). Jadi skor maksimal/ideal= 4x5 = 20
Sehingga
perhitungan nilai akhir siswa adalah :
1. Annisa
Larasati : 16 x 100 = 80 2. Asep
Sudrajat: 15 x 100 = 75
20 20
b. Rubrik
Penilaian Menulis
Kriteria
|
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
Ide
Penulisan
|
Ide
yang dipilih orisinal, Ide sangat sesuai dengan genre yang dipilih, ide
dikembangkan dengan tepat dan terarah,
|
Hanya
memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 1 atau bahkan tidak memenuhi sama sekali 4 ketentuan yang telah
ditetapkan.
|
Organisasi/
Struktur Teks dan isi
|
Teks
sesuai dengan genre yang dipilih, ketentuan dan ciri-ciri genre yang dipilih
diikuti dengan sempurna, ide penulisan dan informasi yang disajikan sangat
relevan, isi teks sangat mudah dipahami.
|
Hanya
memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 1 atau bahkan tidak memnuhi semua kriteria yang ditetapkan
|
Tata
Bahasa
|
Tidak
ada kesalahan tata bahasa yang signifikan, makna dan isi teks dapat dipahami
dengan jelas
|
Ada
beberapa kesalahan tata bahasa namun tidak terlalu berpengaruh terhadap makna
kalimat dan isi teks
|
Sering
ditemukan kesalahan tata bahasa, namun makna dan isi teks masih dapat
dipahami
|
Banyak
sekali kesalahan tata bahasa sehingga makna dan isi teks sulit dipahami
|
Perbendaharaan
Kata
|
Kalimat-kalimat
yang digunakan sangat efektif, menggunakan variasi lexical dengan benar,
menguasai bentuk kata dan idiom dengan benar dan efektif, istilah-istilah digunakan
dengan benar
|
Hanya
memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 1 atau bahkan tidak memnuhi semua kriteria yang ditetapkan
|
Cara
Penilaian Penulisan :
No.
|
Nama
Siswa
|
Perolehan Skor
|
Jumlah skor perolehan
|
|||
Kriteria ke-1
|
Kriteria ke-2
|
Kriteria ke-3
|
Kriteria ke-4
|
|||
1.
|
Annisa
Larasati
|
4
|
3
|
3
|
2
|
12
|
2.
|
Asep
Sudrajat
|
4
|
3
|
3
|
4
|
14
|
3.
|
Beni
Hermawan
|
3
|
4
|
4
|
3
|
14
|
....
|
..........................
|
...
|
...
|
...
|
...
|
|
Rumus
perhitungan nilai siswa, sebagai berikut :
Jumlah skor yang
diperoleh siswax 100
Skor maksimal/ideal
Keterangan:
·
Jumlah skor yang
diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria ke-1
sampai dengan ke-5
·
Skor maksimal/ideal
adalah hasil perkalian skor tertinggi (4) dengan jumlah kriteria yang
ditetapkan (ada 4 kriteria). Jadi skor maksimal/ideal= 4x4 = 16
Sehingga
perhitungan nilai akhir siswa adalah :
1. Annisa
Larasati : 12 x 100 = 75 2. Asep
Sudrajat: 14 x 100 = 87,5
16 16
c. Rubrik
Penilaian Proyek
Kriteria
|
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
Orisinalitas
ide
|
Ide
ditentukan sendiri dengan mandiri.
|
Ide
dirumuskan dengan adanya masukan dari
guru atau pihak lain.
|
Ide
dirumuskan dengan bantuan guru atau pihak lain
|
Ide
diberikan oleh guru atau pihak lain.
|
Kreatifitas
|
Kreatifitas
dalam membuat proyek sangat menonjol dengan adanya komposisi warna, garis,
bentuk, dan ornamen-ornamen yang menarik dan variatif, tanpa mengganggu isi
dan tujuan pembuatan proyek
|
Kreatifitas
cukup dengan adanya variasi warna, garis, dan bentuk, namun tampilan kurang
menarik, sedangkan isi dan tujuan proyek sudah sesuai dengan ketentuan yang
ditetapkan
|
Kreatifitas
kurang sehingga tampilan kurang menarik, isi dan tujuan proyek masih sesuai
dengan ketentuan yang ditetapkan
|
Baik
kreatifitas maupun isi dan tujuan proyek tidak sesuai dengan yang telah
ditetapkan
|
Waktu
penyelesaian proyek
|
Proyek
diselesaikan sesuai dengan target waktu yang diberikan
|
Proyek
diselesaikan dengan sedikit tambahan waktu, namun tidak melebihi hari yang
ditetapkan
|
Proyek
diselesaikan dengan tambahan waktu maksimum 1 hari
|
Proyek
tidak selesai meskipun sudah diberikan tambahan waktu 1 hari.
|
Kesesuaian
proyek dengan permintaan tugas
|
Proyek
memenuhi semua ketentuan yang ditetapkan
|
Ada
sebagian kecil ketentuan tidak terpenuhi
|
Sebagian
besar ketentuan tidak terpenuhi
|
Proyek
tidak sesuai dengan ketentuan sama sekali.
|
Cara Penilaian
Proyek :
No.
|
Kelompok
|
Perolehan Skor
|
Jumlah skor perolehan
|
|||
Kriteria ke-1
|
Kriteria ke-2
|
Kriteria ke-3
|
Kriteria ke-4
|
|||
1.
|
Kelompok
1
|
3
|
3
|
3
|
4
|
12
|
2.
|
Kelompok
2
|
4
|
3
|
3
|
4
|
14
|
3.
|
Kelompok
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
14
|
....
|
..........................
|
...
|
...
|
...
|
...
|
|
Rumus
perhitungan nilai kelompok, sebagai berikut :
Jumlah skor yang
diperoleh kelompok x 100
Skor maksimal/ideal
Keterangan:
·
Jumlah skor yang
diperoleh kelompok adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria ke-1
sampai dengan ke-5
·
Skor maksimal/ideal
adalah hasil perkalian skor tertinggi (4) dengan jumlah kriteria yang
ditetapkan (ada 4 kriteria). Jadi skor maksimal/ideal= 4x4 = 16
Sehingga
perhitungan nilai akhir kelompok adalah :
1. Kelompok
1 : 12 x 100 = 75 2.
Kelompok 2: 14 x 100 = 87,5
16 16
Nilai
kelompok secara otomatis akan menjadi nilai anggotanya.
3. Penilaian
Sikap Melalui Observasi
a. Lembar
Pengamatan Sikap pada Kegiatan Membaca
No.
|
Sikap yang diamati
|
Terlihat (√)
|
Tidak terlihat (√)
|
1.
|
Ketertiban selama kegiatan
|
|
|
2.
|
Keseriusan selama kegiatan
|
|
|
3.
|
Tanggung jawab dalam melaksanakan
tugas
|
|
|
b. Lembar
Pengamatan Sikap pada Kegiatan Diskusi
No.
|
Sikap yang diamati
|
Terlihat (√)
|
Tidak terlihat (√)
|
1.
|
Partisipasi dalam diskusi
|
|
|
2.
|
Rasa percaya diri dalam mengemukakan
pendapat
|
|
|
3.
|
Saling menghormati dan menghargai
|
|
|
4.
|
Tanggung jawab dalam menyelesaikan
tugas
|
|
|
c. Lembar
Pengamatan Sikap pada Kegiatan Kerja Kelompok
No.
|
Sikap yang diamati
|
Terlihat (√)
|
Tidak terlihat (√)
|
1.
|
Kerja sama
|
|
|
2.
|
Ketertiban
|
|
|
3.
|
Tanggung jawab
|
|
|
4.
|
Kepedulian
|
|
|
Contoh Format Hasil Pengamatan Kegiatan
Membaca
No.
|
Nama
Siswa
|
Sikap 1
|
Sikap 2
|
Sikap 3
|
|||
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
||
1.
|
Annisa
Larasati
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Asep
Sudrajat
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Beni
Hermawan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
............................
|
|
|
|
|
|
|
....................,
.............................. 2014
Mengetahui
Kepala SMK Guru
Mata Pelajaran
_______________________ _________________________
NIP. ... NIP. ..
Comments