KISI – KISI SOAL
ULANGAN TENGAH SEMESTER GASAL KELAS X
TAHUN PELAJARAN
2014/2015
Satuan Pendidikan : SMK Tahun
Pelajaran : 2014/2015
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Waktu :
Kelas/Program : X Jumlah
Soal : 40 soal Pilgan
10 Essay
No.
Urut
|
Kompetensi
Dasar/ Indikator
|
Bahan
Kelas/ smt.
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Tes
|
No.
Soal
|
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
|
1
|
3.1. Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
X/ 1
|
Teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan,
dan merespon pemaparanjati diri
|
Menyebutkan nama orang
Menyebutkan lawan kata dari dialog
perkenalan (rujukan kata)
Menyebutkan alamat / domisili
Menyebutkan hubungan keluarga &
kekerabatan
Menyebutkan persamaan kata dari
dialog perkenalan (rujukan kata)
Menyebutkan kata terkait dengan
profesi
Menyebutkan kata terkait dengan
hobi / kesukaan
Menggunakan kata Tanya “How”
berkaitan dengan dialog perkenalan
Menyebutkan ucapan yang benar
Menggunakan kata kerja dalam
simple present yang berupa be
Menggunakan kata Tanya Who
Menggunakan kata kerja dalam
simple present yang berupa Have
Menggunakan kata Tanya “What” berkaitan dengan dialog
perkenalan
Merespon pemaparan jati diri
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9 & 10
11
12
13 & 14
15
16
|
|
2
|
3.2. Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memujibersayapserta
responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
X / 1
|
Teks lisan dan tulis untuk memujibersayap (extended) serta responnya
|
Mengungkapkan pujian
Merespon pujian
Mengungkapkan pujian
Menjawab pertanyaan berkaitan
dengan bacaan tentang pujian
Menemukan arti kata dalam bacaan
tentang pujian
Menggunakan struktur kebahasaan
tentang cara memuji
Memilih ucapan yang benar
berkaitan dengan kata untuk memuji
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
17
18
19
20, 21, 22
23 & 24
25, 26, 27, 28
29 & 30
|
|
3
|
3.3. Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian
(care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
X / 1
|
Teks lisan dan tulis untuk menunjukkan perhatian
(care)
|
Mengungkapkan perhatian (care/
sympathy)
Menyimpulkan gagasan suatu
percakapan tentang pemberian perhatian
Mengungkapkan perhatian (care/
sympathy)
Mencari kata yang salah dari
percakapan tentang pemberian perhatian (care/ sympathy)
Menjawab pertanyaan berkaitan
dengan bacaan tentang pemberian perhatian
Memilih ucapan yang benar
berkaitan dengan kata untuk menunjukkan perhatian
Menggunakan struktur kebahasaan
tentang cara memuji
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
31
32
33
34 & 35
36 & 37
38
39 & 40
|
|
4
|
3.1. Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.2 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
memujibersayapserta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3 Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian
(care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
X/1
|
Teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan,
dan merespon pemaparanjati diri
|
Merespon dialog tentang pemaparan
jati diri
Membuat pertanyaan tentang profesi
pada dialog pemaparan jati diri
Melengkapi ungkapan tentang pujian
Menjawab pertanyaan berkaitan
dengan dialog tentang pujian
Menyusun kata acak menjadi kalimat
yang benar berkaitan dengan pemberian perhatian (care / sympathy)
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
41, 42, 43
44
45
46 & 47
48, 49, 50
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
||
|
|||||||
|
SMK PANCASILA 1
WONOGIRI
MATA
PELAJARAN: BAHASA INGGRIS
KELAS: XI
(SEBELAS)
SEMESTER:
TENGAH SEMESTER GASAL
KompetensiDasar
|
Materi
|
Indikator
|
JenisSoal
|
No.Urut
|
Keterangan
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan
dalam semangat belajar
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli
dalam melaksanakan komunikasi interpersonal
dengan guru dan teman.
|
|
|
|
|
|
3.1Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan, menanyakan, dan merespons ungkapan memberi saran dan
tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Teks lisan dan tulis untuk
memberi saran dan tawaran dan responnya.
Unsur
kebahasaan
(1)
Kosa kata terkait dengan kesehatan, tugassekolah, kebersihanlingkungan , dsb.
(2)
Tata bahasa: simple past tense,
simple present tense present perfect tense.
(3)
Kata kerjabantu modal should, have to, can, will, dsb.
(4)
UngkapanI think, I know.
(5)
Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa
a, the, this, those, my, their, dsb
secara tepat dalam frasa nominal
(6)
Ucapan, tekanan kata, intonasi
(7)
Ejaan dan tanda baca
(8) Tulisan tangan
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi siswadengan
guru, teman, adik, kakak, dsb. tentangberbagaikegiatansiswasehari-hari di
rumah, sekolah, di dalammaupun di luar kelas.
|
|
|
|
|
3.2.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan merespons ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, benar dan
sesuai konteks.
|
Teks lisan dan
tulis untukmenyatakan pendapat dan pikiran serta responnya
Unsur kebahasaan
(1)
Kosa kata terkait
dengan kegiatanekstrakurikuler,
tugassekolah, kebersihanlingkungan , dsb.
(2)
Tata bahasa: simple past tense, simple present tense present perfect
tense.
(3)
Ungkapan:
I think... I suppose… In my opinion…,
agree, diasagree,dsb.
(4)
Kata
kerjabantu modal: need, should, will, dsb.
(5)
Penggunaan
nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb
secara tepat dalam frasa nominal
(6)
Ucapan,
tekanan kata, intonasi
(7)
Ejaandan tanda baca
(8) Tulisan tangan
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi siswadengan guru,
teman, adik, kakak, dsb. tentangberbagaikegiatansiswasehari-hari di rumah,
sekolah, di dalammaupun di luar kelas.
|
|
|
|
|
3.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan pada ungkapan harapan dan doa bersayap (extended),
sesuai dengan konteks penggunaannya
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan merespons ungkapan harapan dan doa, bersayap (extended) dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar
dan sesuai konteks
|
Teks lisan dan
tulis untuk menyatakan harapan dan doa
bersayap (extended), serta
responnya
Fungsi sosial:
Menjaga hubungan
interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
Struktur teks
Fitri: I hope the principal understands the
situation. He knows you did not do it purposefully.
Amat: Yes, I hope so, too.
Yudi: As always, your volley ball team will win
again this year. I wish you all the best!
Freddy: I hope so. Cross your fingers for us.
Unsur
kebahasaan
(1)
Kosa kata terkait dengan kualitas pekerjaan, kekerhasilan, prestasi.
(2)
Tata bahasa: simple past tense,
present perfect tense, present perfect continuous tense,
(3)
Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa
a, the, this, those, my, their, dsb
secara tepat dalam frasa nominal
(4)
Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5)
Ejaandan tanda baca
(6)
Tulisan tangan
Topik
Berbagai hal
terkait dengan interaksi siswadengan guru, teman, adik, kakak, dsb.
tentangberbagaikegiatansiswasehari-hari di rumah, sekolah, di dalammaupun di luar kelas.
|
|
|
|
|
3.4Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks undangan resmi, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.4 Menangkap
makna teks undangan resmi.
4.5 Menyunting
undangan resmi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6 Menyusun
teks tulis undangan resmi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks tulis berbentuk undangan resmi
Fungsisosial
Menjalinhubungan interpersonal dalam konteks formal
Struktur text
(gagasanutamadaninformasirinci)
a. Menyebutkan tujuan undangan.
b. Menyebutkan informasi rinci
undangan
Unsurkebahasaan
(1)
Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan dalam undangan resmi
(2)
Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa
a, the, this, those, my, their, dsb
secara tepat dalam frasa nominal
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi
(4)
Ejaan dan tanda baca
(5)
Tulisan tangan
Topik
Kegiatan
dan acara formal yang terkait dengan sekolah, rumah, dan masyarakat yang
relevan dengan kehidupan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang
perilaku jujur,
disiplin, percayadiri, kerjasamadanbertanggungjawab
Multimedia:
Layout dandekorasi yang
membuattampilantekslebihmenarik.
|
|
|
|
|
3.5
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks surat pribadi, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7 Menangkap
makna teks surat pribadi.
4.8 Menyusun
teks surat pribadi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Teks tulis berbentuk surat pribadi
Fungsisosial
Menjalinkedekatan hubungan antar pribadi
Struktur text
(gagasanutamadaninformasirinci)
a. Menyebutkan tujuan surat.
b. Menyebutkan informasi rinci
surat.
Unsurkebahasaan
(1)
Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan dalam surat pribadi sederhana
(2)
Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa
a, the, this, those, my, their, dsb
secara tepat dalam frasa nominal
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi
(4)
Ejaan dan tanda baca
(5) Tulisan tangan
Topik
Pengalaman,
informasi, masalah yang terkait dengan sekolah, rumah, dan masyarakat yang
relevan dengan kehidupan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang
perilaku jujur,
disiplin, percayadiri, kerjasamadanbertanggungjawab
Multimedia:
Layout dandekorasi yang membuattampilantekslebihmenarik.
|
|
|
|
|
KISI
KISI SOAL
MID SEMESTER GASAL 2013/2014
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Tingkat
: XII
Program Keahlian :
Semua Program Waktu : 120 menit
Bentuk Soal : Pilihan Ganda dan Essay
No
|
Kompetensi
|
KD/Materi
|
Jml soal
|
Indikator
|
No Soal
|
Aspek Kognitif
|
Tk Kesukaran
|
||||
|
|
|
|
|
|
R
|
UA
|
AEC
|
MD
|
SD
|
SK
|
1.
|
Students are able to communicate using English in Novice
Level
|
a. Simple present
b. Expressing
for permission
c. Asking for
direction
d. Describing people/thing
e. Expression
for symphaty
f. Expressing
for Command
g. Invitation
h. Expressing
preference
i.
i. Expression for request
j. Expression
for ability
|
2
1
1
1
1
1
1
2
1
1
|
Siswa dapat
menerapkan penggunaan simple present dalam percakapan sehari-hari untuk menyatakan
suatu kebiasaan
Siswa dapat
menerapkan penggunaan ungkapan permohonan ijin
Siswa dapat
menerapkan penggunaan ungkapan untuk menanyakan arah
Siswa dapat menerapkan penggunaan ungkapan untuk
mendeskripsikan benda
Siswa dapat
menerapkan penggunaan ungkapan untuk menyatakan simpati
Siswa dapat
menggunakan ungkapan perintah dengan tepat
Siswa dapat
menerapkan penggunaan ungkapan untuk mengundang seseorang
Siswa dapat
menerapkan penggunaan ungkapan untuk menyatakan pilihan
Siswa dapat
menerapkan penggunaan ungkapan untuk melakukan sesuatu/permohonan
Siswa dapat
menerapkan penggunaan ungkapan untuk menyatakan kemampuan
|
5,11
2
10
27
9
7
16
15,26
13
3
|
V
V
V
|
V
V
V
V
V
V
V
|
|
V
V
V
V
|
V
V
V
V
V
V
V
|
V
|
2.
|
Students are able to communicate using English in Elementary
Level
|
a. Telling
about past event/recount
b. Telling
about future plan
c. Expression for
Advice
d.Conditional Sentences
f. Understanding schedule/table
g. Expression for possibility
h. Expression for compliment
i.
Expression
for handling guest
j. Understanding memo
h. Adjective clause
|
1
1
1
1
1
1
1
1
3
1
|
Siswa dapat memahami
teks yang berhubungan dengan pengalaman/past event
Siswa dapat
menerapkan penggunaan ungkapan untuk menyatakan kegiatan pada masa yang akan
datang
Siswa dapat
menerapkan penggunaan ungkapan untuk menyatakan saran
Siswa dapat
menerapkan penggunaan conditional sentence/ pengandaian dalam kalimat
Siswa dapat
memahami jadwal perjalanan/tabel
Siswa dapat
menerapkan penggunaan ungkapan untuk menyatakan kemungkinan
Siswa dapat
menerapkan penggunaan ungkapan untuk menyatakan pujian
Siswa dapat
menerapkan penggunaan ungkapan menangani tamu
Siswa dapat memahami isi dari memo
Siswa dapat
menerapkan penggunaan adjective
clause
|
18
23
1
20
6
22
4
17
38,39,
40
30
|
V
V
|
V
V
V
V
V
V
V
V
|
|
V
V
V
|
V
V
V
V
V
|
|
3
|
Students are able to communicate using English in Intermediate Level
|
a. Understanding
Monolog
b.
Percakapan di telepon tentang reservasi
c. Expressions
dealing with arrangementt
d. Expression
for confirmation and cancellation
e. Expression for complaining
f. Conditional Sentence
type 2/3
g. Letter
|
2
2
3
3
4
3
5
3
|
Siswa dapat
memahami isi dari sebuah iklan tertulis
Siswa dapat
memahami isi dari sebuah Pengumuman tertulis
Siswa dapat melakukan reservasi atau menangani reservasi melalui telepon
Siswa dapat
memahami ungkapan
arrangement
Siswa dapat
menerapkan penggunaan ungkapan untuk menyatakan konfirmasi
Siswa dapat
menerapkan penggunaan ungkapan untuk menyatakan keluhan
Siswa dapat
menerapkan penggunaan conditional sentence/ pengandaian dalam kalimat
Siswa dapat
memahami isi dari sebuah surat
|
33,34
31,32
45, 8,12
44,
14,19
21,24,25,45
41,42,43
28,29
48,49,50
35,36,37
|
|
V
V
V
V
V
|
V
V
|
V
V
V
|
V
V
V
V
V
V
V
|
V
V
V
|
Ket: menghafal
(remember), memahami (understand), menerapkan (apply), menganalisis (analyze), mengevaluasi (evaluate), dan
membuat (create).
Wonogiri, September
2014
Comments