KISI – KISI SOAL ULANGAN  TENGAH SEMESTER GASAL KELAS X
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Satuan Pendidikan      :        SMK                                          Tahun Pelajaran                                          :        2014/2015
Mata Pelajaran              :        Bahasa Inggris                                          Waktu                                          :       
Kelas/Program              :        X                                          Jumlah Soal                                          :        40 soal Pilgan
                                                                                                                                                                                                                                         10 Essay
No.
Urut
Kompetensi Dasar/ Indikator
Bahan Kelas/ smt.
Materi
Indikator Soal
Bentuk Tes
No. Soal
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
1
3.1.  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.

X/ 1
Teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparanjati diri





Menyebutkan nama orang

Menyebutkan lawan kata dari dialog perkenalan (rujukan kata)

Menyebutkan alamat / domisili

Menyebutkan hubungan keluarga & kekerabatan

Menyebutkan persamaan kata dari dialog perkenalan (rujukan kata)

Menyebutkan kata terkait dengan profesi

Menyebutkan kata terkait dengan hobi / kesukaan

Menggunakan kata Tanya “How” berkaitan dengan dialog perkenalan

Menyebutkan ucapan yang benar

Menggunakan kata kerja dalam simple present yang berupa be

Menggunakan kata Tanya Who

Menggunakan kata kerja dalam simple present yang berupa Have

Menggunakan kata Tanya “What” berkaitan dengan dialog perkenalan

Merespon pemaparan jati diri

PG

PG

PG

PG



PG


PG


PG


PG


PG

PG


PG


PG

PG


PG
1

2

3

4



5


6


7


8


9 & 10

11


12


13 & 14

15


16
2
3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memujibersayapserta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.


X / 1
Teks  lisan dan tulis untuk memujibersayap (extended) serta responnya






Mengungkapkan pujian

Merespon pujian

Mengungkapkan pujian

Menjawab pertanyaan berkaitan dengan bacaan tentang pujian

Menemukan arti kata dalam bacaan tentang pujian


Menggunakan struktur kebahasaan tentang cara memuji

Memilih ucapan yang benar berkaitan dengan kata untuk memuji

PG

PG

PG

PG


PG



PG


PG
17

18

19

20, 21, 22


23 & 24



25, 26, 27, 28

29 & 30
3
3.3. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.


X / 1
Teks  lisan dan tulis untuk menunjukkan perhatian (care)

Mengungkapkan perhatian (care/ sympathy)

Menyimpulkan gagasan suatu percakapan tentang pemberian perhatian

Mengungkapkan perhatian (care/ sympathy)

Mencari kata yang salah dari percakapan tentang pemberian perhatian (care/ sympathy)

Menjawab pertanyaan berkaitan dengan bacaan tentang pemberian perhatian

Memilih ucapan yang benar berkaitan dengan kata untuk menunjukkan perhatian

Menggunakan struktur kebahasaan tentang cara memuji

PG


PG



PG


PG



PG



PG



PG
31


32



33


34 & 35



36 & 37



38



39 & 40



4
3.1. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.2 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memujibersayapserta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.3   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.







X/1
Teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparanjati diri






Merespon dialog tentang pemaparan jati diri

Membuat pertanyaan tentang profesi pada dialog pemaparan jati diri


Melengkapi ungkapan tentang pujian

Menjawab pertanyaan berkaitan dengan dialog tentang pujian


Menyusun kata acak menjadi kalimat yang benar berkaitan dengan pemberian perhatian (care / sympathy)
Uraian


Uraian




Uraian


Uraian



Uraian


41, 42, 43


44




45


46 & 47



48, 49, 50











               


 KISI – KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER GASAL 2014/2015
SMK PANCASILA 1 WONOGIRI

MATA PELAJARAN: BAHASA INGGRIS
KELAS: XI (SEBELAS)
SEMESTER: TENGAH SEMESTER GASAL

KompetensiDasar
Materi
Indikator
JenisSoal
No.Urut
Keterangan
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.





3.1Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespons ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks





Teks lisan dan tulis untuk memberi saran dan tawaran dan responnya.
Unsur kebahasaan
(1)      Kosa kata terkait dengan kesehatan, tugassekolah, kebersihanlingkungan , dsb.
(2)      Tata bahasa:  simple past tense, simple present tense present perfect tense.
(3)      Kata kerjabantu modal should, have to, can, will, dsb.
(4)      UngkapanI think, I know.
(5)      Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(6)      Ucapan, tekanan kata, intonasi
(7)      Ejaan dan tanda baca
(8)      Tulisan tangan
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi siswadengan guru, teman, adik, kakak, dsb. tentangberbagaikegiatansiswasehari-hari di rumah, sekolah, di dalammaupun di luar kelas.




3.2.  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespons ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, benar dan sesuai konteks.
Teks  lisan dan tulis untukmenyatakan pendapat dan pikiran serta responnya
Unsur kebahasaan
(1)      Kosa kata terkait dengan kegiatanekstrakurikuler, tugassekolah, kebersihanlingkungan , dsb.
(2)      Tata bahasa: simple past tense, simple present tense present perfect tense.
(3)      Ungkapan: I think... I suppose… In my opinion…, agree, diasagree,dsb.
(4)      Kata kerjabantu modal: need, should, will, dsb.
(5)      Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(6)      Ucapan, tekanan kata, intonasi
(7)      Ejaandan tanda baca
(8)      Tulisan tangan
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi siswadengan guru, teman, adik, kakak, dsb. tentangberbagaikegiatansiswasehari-hari di rumah, sekolah, di dalammaupun di luar kelas.




3.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan harapan dan doa bersayap (extended), sesuai dengan konteks penggunaannya
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespons ungkapan harapan dan doa, bersayap (extended) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks
Teks  lisan dan tulis untuk menyatakan  harapan dan doa bersayap (extended), serta responnya
Fungsi sosial:
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
Struktur teks
Fitri: I hope the principal understands the situation. He knows you did not do it purposefully.
Amat: Yes, I hope so, too.

Yudi: As always, your volley ball team will win again this year. I wish you all the best!
Freddy: I hope so. Cross your fingers for us.
Unsur kebahasaan
(1)      Kosa kata terkait dengan kualitas pekerjaan, kekerhasilan, prestasi.
(2)      Tata bahasa:  simple past tense, present perfect tense, present perfect continuous tense,
(3)      Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(4)      Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5)      Ejaandan tanda baca
(6)      Tulisan tangan

Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi siswadengan guru, teman, adik, kakak, dsb. tentangberbagaikegiatansiswasehari-hari di rumah, sekolah, di dalammaupun di luar kelas.




3.4Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks undangan resmi, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.4    Menangkap makna teks undangan resmi.
4.5    Menyunting undangan resmi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6    Menyusun teks tulis undangan resmi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks tulis berbentuk undangan resmi
Fungsisosial
Menjalinhubungan interpersonal dalam konteks formal
Struktur text
(gagasanutamadaninformasirinci)
a.     Menyebutkan tujuan undangan.
b.     Menyebutkan informasi rinci undangan
Unsurkebahasaan
(1)      Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan dalam undangan resmi
(2)      Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(3)      Ucapan, tekanan kata, intonasi
(4)      Ejaan dan tanda baca
(5)      Tulisan tangan
Topik
Kegiatan dan acara formal yang terkait dengan sekolah, rumah, dan masyarakat yang relevan dengan kehidupan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percayadiri, kerjasamadanbertanggungjawab
Multimedia:
Layout dandekorasi yang membuattampilantekslebihmenarik.





3.5   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat pribadi, sesuai dengan konteks penggunaannya 
4.7    Menangkap makna teks surat pribadi.
4.8    Menyusun teks surat pribadi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Teks tulis berbentuk surat pribadi
Fungsisosial
Menjalinkedekatan hubungan antar pribadi
Struktur text
(gagasanutamadaninformasirinci)
a.   Menyebutkan tujuan surat.
b.   Menyebutkan informasi rinci surat.
Unsurkebahasaan
(1)      Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan  dalam surat pribadi sederhana
(2)      Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(3)      Ucapan, tekanan kata, intonasi
(4)      Ejaan dan tanda baca
(5)      Tulisan tangan
Topik
Pengalaman, informasi, masalah yang terkait dengan sekolah, rumah, dan masyarakat yang relevan dengan kehidupan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percayadiri, kerjasamadanbertanggungjawab
Multimedia:
Layout dandekorasi yang membuattampilantekslebihmenarik.





KISI KISI SOAL
MID SEMESTER GASAL 2013/2014

Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris                                                                                 Tingkat                        :  XII
Program Keahlian       : Semua Program                                                                                 Waktu                         : 120 menit
            Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay     

No
Kompetensi
KD/Materi
Jml soal
Indikator
No Soal
Aspek Kognitif
Tk Kesukaran






R
UA
AEC
MD
SD
SK
1.
Students are able to communicate using English in Novice Level
a. Simple present




b. Expressing for permission

c. Asking for direction

d. Describing people/thing


e. Expression for symphaty


f. Expressing for Command

g. Invitation



h. Expressing preference

i.                   i. Expression for request


j. Expression for ability

2




1


1


1



1



1


1



2



1


1
Siswa dapat menerapkan penggunaan simple present dalam percakapan sehari-hari untuk menyatakan suatu kebiasaan

Siswa dapat menerapkan penggunaan ungkapan permohonan ijin

Siswa dapat menerapkan penggunaan ungkapan untuk menanyakan arah

Siswa dapat menerapkan penggunaan ungkapan untuk mendeskripsikan benda

Siswa dapat menerapkan penggunaan ungkapan untuk menyatakan simpati

Siswa dapat menggunakan ungkapan perintah dengan tepat


Siswa dapat menerapkan penggunaan ungkapan untuk mengundang seseorang

Siswa dapat menerapkan penggunaan ungkapan untuk menyatakan pilihan

Siswa dapat menerapkan penggunaan ungkapan untuk melakukan sesuatu/permohonan

Siswa dapat menerapkan penggunaan ungkapan untuk menyatakan kemampuan
5,11




2


10


27



9



7


16



15,26


13



3

V



V























V















V


V



V


V



V



V






V








































V



V









V











V








V

V


V





V


V

V






V




















V









2.
Students are able to communicate using English in Elementary Level
a. Telling about past event/recount


b. Telling about future plan


c. Expression for 
   Advice

d.Conditional Sentences


f. Understanding schedule/table

g. Expression for possibility


h. Expression for compliment

i.      Expression for handling guest

j. Understanding memo

h. Adjective clause

1



1



1


1



1


1



1


1


3


1
Siswa dapat memahami teks yang berhubungan dengan pengalaman/past event

Siswa dapat menerapkan penggunaan ungkapan untuk menyatakan kegiatan pada masa yang akan datang

Siswa dapat menerapkan penggunaan ungkapan untuk menyatakan saran

Siswa dapat menerapkan penggunaan conditional sentence/ pengandaian dalam kalimat

Siswa dapat memahami jadwal perjalanan/tabel

Siswa dapat menerapkan penggunaan ungkapan untuk menyatakan kemungkinan

Siswa dapat menerapkan penggunaan ungkapan untuk menyatakan pujian

Siswa dapat menerapkan penggunaan ungkapan menangani tamu

Siswa dapat memahami isi dari memo


Siswa dapat menerapkan penggunaan adjective clause

18



23



1


20



6


22



4


17


38,39,
40

30




V






V






















V







V






V


V



V


V


V


V









































V


V








V


V


V








V


V





V




















3
Students are able to communicate using English in Intermediate Level
a. Understanding Monolog




b.    Percakapan di telepon tentang reservasi

c. Expressions dealing with arrangementt

d. Expression for confirmation and cancellation

e. Expression for complaining

f. Conditional Sentence type 2/3


g. Letter
2


2


3



3


4



3

5



3
Siswa dapat memahami isi dari sebuah iklan tertulis

Siswa dapat memahami isi dari sebuah Pengumuman tertulis

Siswa dapat melakukan reservasi atau menangani reservasi melalui telepon


Siswa dapat memahami ungkapan arrangement

Siswa dapat menerapkan penggunaan ungkapan untuk menyatakan konfirmasi

Siswa dapat menerapkan penggunaan ungkapan untuk menyatakan keluhan
Siswa dapat menerapkan penggunaan conditional sentence/ pengandaian dalam kalimat

Siswa dapat memahami isi dari sebuah surat

33,34


31,32


45, 8,12


44,
14,19


21,24,25,45

41,42,43
28,29
48,49,50

35,36,37




























V



V


V




V

V

























V


V


V


















V



V


V


V






V



V


V

V



V




V



V











V



Ket: menghafal (remember), memahami (understand), menerapkan (apply), menganalisis (analyze), mengevaluasi (evaluate), dan membuat (create).

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    Wonogiri,  September 2014
                                                                                                                                                                                               

Comments

Popular posts from this blog

LATIHAN SOAL BAHASA INGGRIS KELAS XII UAS GASAL 2016/2017