MODUL SIMDIG
KELAS X KTSP 2006
SMK PANCASILA 9 GIRIWOYO
KELAS X KTSP 2006
SMK PANCASILA 9 GIRIWOYO
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Edmodo
merupakan satu jejaring sosial berbentuk pembelajaran yang banyak membantu guru
dan pelajar dalam proses pengajaran dan pembelajaran tanpa batasan menggunakan
teknologi maklumat. Laman web Edmodo berfungsi sama seperti laman sosial yang
lain seperti “Facebook” dan “Twitter” tetapi Edmodo lebih menekankan aspek
pembelajaran secara maya.
Penggunaan
Edmodo adalah mudah dan percuma. Guru hanya perlu mendaftar sebagai guru dan
mewujudkan sebuah kelas yang dikhaskan untuk pelajar bagi memudahkan komunikasi
secara maya. Kemudian pelajar akan mendaftar sebagai pelajar dan memasuki
ruangan yang telah dikhaskan untuk mereka dengan mendaftarkan kode ruangan yang
telah diberi.
Pembelajaran
berasaskan laman web seperti Edmodo ini amat baik serta berkesan terhadap
pelajar karena mereka mampu membina pengetahuan baru dan bermanfaat kepada diri
sendiri. Dengan penglibatan pelajar dalam laman sosial berkenaan akan membuat
pelajar terlibat secara aktif dan dapat membina ingatan jangka panjang tentang
sesuatu konsep dengan mengaitkan pengetahuan yang baru diterima dengan
pengetahuan yang ada untuk membina pengetahuan baru.
B.
Rumusan Masalah
Adapun
masalah yang dibahas pada makalah ini adalah :
1.
Sejarah dan Pengertian EDMODO
2.
Fitur-fitur yang terdapat di EDMODO
3.
Implikasi EDMODO Untuk Pembelajaran Pada
Pendidikan Jarak Jauh
4.
Manfaat Jejaring Sosial EDMODO Bagi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran
5.
Kelebihan dan Kekurangan EDMODO
C.
Tujuan
Tujuan
yang ingin diperoleh dari makalah ini adalah :
1.
Untuk mengetahui tentang Sejarah dan Pengertian EDMODO
2.
Untuk mengetahui Fitur-fitur
yang terdapat di EDMODO
3.
Untuk mengetahui Implikasi EDMODO Untuk Pembelajaran Pada Pendidikan Jarak Jauh
4.
Untuk mengetahui Manfaat
Jejaring Sosial EDMODO Bagi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran
5.
Untuk mengetahui Kelebihan dan
Kekurangan EDMODO
BAB II
PEMBAHASAN
A. Sejarah dan Pengertian EDMODO
Edmodo didirikan pada tahun 2008 oleh Nicolas Brog dan Jeff
O’Hara. Edmodo adalah sebuah platform Microblogging yang secara khusus
dikembangkan dan dirancang untuk digunakan oleh guru dan siswa dalam suatu
ruang kelas. Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah untuk berkomunikasi
dan berkolaborasi antara siswa dan guru, berbagi konten berupa teks, gambar,
links, video, maupun audio. Edmodo bertujuan untuk membantu pendidik
memanfaatkan fasilitas social networking sesuai dengan kondisi
pembelajaran di dalam kelas.
Edmodo adalah
layanan gratis yang memungkinkan guru dapat menciptakan dan memelihara
komunitas kelas mereka sendiri dengan aman. Edmodo digunakan untuk berbagi
konten pendidikan, mengelola proyek dan tugas, menangani pemberitahuan setiap
aktifitas, melakukan kuis dan acara, dan memfasilitasi secara penuh terhadap
keterlibatan pengalaman belajar antar siswa di kelas juga siswa lainnya dalam jaringan
belajar professional.
Menurut Pitoy
(2012), menyatakan bahwa Edmodo merupakan sebuah platform sosial network bagi
guru dan siswa untuk berbagi ide, file, agenda kegiatan dan penugasan. Edmodo
dirancang untuk menciptakan interaksi guru dan siswa yang menekankan pada
komunikasi yang cepat, poling, penugasan, berbagi ide, dan banyak hal lagi.
Sebagai pendidik, Edmodo memberikan fitur untuk berbagi file, link, tugas,
nilai serta peringatan secara langsung kepada siswa. Sedangkan sebagai siswa,
fitur yang diberikan adalah mereka dapat berkomunikasi dengan gurunya secara
langsung, berdiskusi dengan siswa lain, mengirimkan tugas secara langsung dan
banyak lagi.
Menurut Jenna
Zwang (2010) dalam artikelnya yang berjudul Edmodo: A Free, Secure Social
Networking Site For School, menyatakan bahwa Edmodoadalah sebuah situs
pendidikan berbasis social networkingyang di dalamnyaterdapat berbagai konten
untuk pendidikan. Guru dapat memposting bahan-bahan pembelajaran, berbagi link
dan video, penugasan proyek, dan pemberitahuan nilai siswa secara langsung.
Selain itu juga Edmodo dapat menyimpan dan berbagi semua konten digital
termasuk blog, link, gambar, video, dokumen, dan presentasi.
Menurut Frank
Gruber (2008) dalam artikelnya yang berjudul Edmodo: Microblogging for Education,
Edmodo memberikan kemudahan bagi user untuk membuat grup dah berbagi file,
links, video (embed video) dan gambar dilengkapidengan peringatan (alert),
penugasan (assignment) dan agenda kegiatan (event).
Maka dapat
disimpulkan bahwa Edmodo adalah sebuah platform web dengan menggunakan
konsep social networking berbasis Microblogging yang dikhususkan
untuk membangun lingkungan belajar online yang aman untuk berbagi data,
informasi serta konten-konten pendidikan baik berupa tulisan,dokumen, video,
audio, foto, kalender, link yang dapat dibagikan baik oleh guru maupun
siswa danjuga konten khusus berupa nilai, kuis, acara kegiatan, penugasan dan
poling yang hanya dapat dibagikan oleh guru.
B.
Fitur-fitur yang
terdapat di EDMODO
Edmodo memiliki
fitur yang dikhususkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Edmodo
mengklasifikasikan fiturnya berdasarkan pengguna yaitu guru dan siswa. Dibawah
ini adalah fitur yang ada pada Edmodo.
a.
Assignment
Assignment
digunakan oleh guru untuk memberikan penugasan kepada siswa secara online.
Fitur ini dilengkapi dengan waktu deadline danfitur attach file sehingga siswa
dapat mengirimkan tugas dalam bentuk file secara langsung kepada guru. selain
itu, kiriman Assignment jugaterdapat tombol “Turn in” yang menandakan bahwa
siswa telah menyelesaikan tugas mereka.Guru dapat secara langsung memberikan
penilaian terhadap hasil tugas yang telah dikerjakan siswa. Skor yang diberikan
secara otomatis akan tersimpan dalam fitur gradbook..
b.
File and Links
Pada fitur ini
guru dan siswa dapat mengirimkan pesan dengan melampirkan file dan link pada
grup kelas, siswa atau guru lainnya. File yang dilampirkan berlaku untuk semua
jenis ekstensi seperti .doc, .pdf, .ppt, .xls, dll.
c.
Quiz
Quiz digunakan
untuk memberikan evaluasi secara online baik berupa pilihan ganda, isian
singkat, maupun soal uraian. Quiz hanya dapat dibuat oleh guru, sedangkan siswa
hanya mengerjakannya saja. Fitur ini dilengkapi dengan batas waktu pengerjaan,
informasi tentang kuis yangakan dibuat, judul kuis dan tampilan kuis.
Perhitungan skor pada setiap butir soal quiz dilakukan secara otomatis untuk
jenis pertanyaan pilihan ganda dan isian singkat, sedangkan untuk penskoran
soal uraian harus diperiksa oleh guru terlebih dahulu.
d.
Polling
Polling hanya
dapat dibuat oleh guru untuk dibagikan kepada siswa. Biasanya guru menggunakan
poling untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal tertentu yang berkenaan
dengan pelajaran. Berikut dibawah ini adalah tampilan poling mengenai tanggapan
siswa terhadap materi fungsi logika sebelum pembelajaran diberikan.
e.
Gradebook
Fitur gradebook
digunakan sebagai catatan nilai siswa. Pemberian nilai dapat dilakukan oleh
guru dan dapat diisi secara manual atau secara otomatis. Pengisian nilai secara
otomatis hanya bisa dilakukanberdasarkan hasil skor Assignment dan
Quiz.Penilaian pada gradebookdapat di-export menjadi file.csv. Dalam fitur ini,
guru mengatur penilaian hasil belajar seluruh siswa.Guru dapat mengatur nilai
maksimal pada masing-masing subjek nilai. Nilai total adalah persentase dari
nilai keseluruhan setiap siswa secara otomatis oleh sistem. Untuk penilaian
Quiz diisi secara otomatis oleh sistem berdasarkan hasil Quiz setiap siswa.
Pada siswa, fitur ini hanya dapat dilihat berupa rekapan nilai dalam bentuk
grafik dan penilaian langsung.
f.
Library
Fitur ini
digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai sumber pembelajaran dengan konten
yang beragam. Dengan fitur library, guru dapat meng-upload bahan ajar, materi,
presentasi, sumber referensi, gambar, video, audio dan konten digital
lainnya.Link dan File yang terdapat di Library dapat dibagikan baik kepada
siswa maupun grup. Siswa juga dapat menambahkan konten yang dibagikan oleh guru
ke dalam library-nya. Fitur ini dapat digunakan sebagai media untuk menampung
berbagai sumber dari dalam dan luar. Sehingga siswa dapat menyimpan berbagai
informasi dari luar namun tetap diakses melalui Edmodo.
g.
Award Badges
Fitur ini
digunakan untuk memberikan suatu penghargaan baik kepadasiswa maupun kelompok.
Penghargaan dapat ditentukan oleh guru itu sendiri sehingga tidak menghambat
kreatifitas guru dalam memberikan penghargaan.
h.
Parents Codes
Menurut
Rismayanti (2012), Fitur ini berfungsi memberi kesempatan kepada orangtua/wali
masing-masing siswa dapat bergabung memantauaktivitas belajar dan prestasi
putra-putrinya, guru harus mengakses kode untuk orang tua siswa dan kemudian
membagikannya pada masing-masing orangtua/wali. Akses kode untuk orang tua
siswa dapat diperoleh dengan mengklik nama kelas.
C.
Implikasi EDMODO Untuk Pembelajaran Pada Pendidikan Jarak Jauh
Edmodo seperti
alat bantu belajar lainnya, bisa menjadi hanya sebuah platform
online untuk mendorong pembelajaran pendidik secara jarak jauh, atau
dapat menjadi cara lebih kreatif untuk melibatkan para peserta didik dalam
pembelajaran kolaboratif dan kognisi terdistribusi (Jenkins) jarak jauh. Edmodo
bukanlah jawaban untuk setiap kelas tetapi yang terpenting adalah platform ini
memberikan aspek penting dari sebuah lingkungan belajar yang positif pada
pendidikan jarak jauh. Platform ini memberikan peserta didik
jalur untuk berinteraksi dengan rekan-rekan mereka dan pendidik mereka dalam
suasana akademis yang berjauhan. Lebih jauh lagi penggunaan platform ini
dapat mengajarkan peserta didik untuk bagaimana berperilaku secara online dan
bertanggung jawab dalam mengatur kegiatan belajar mereka dengan sistem yang
keamanannya terjamin yang dapat melatih kemandirian peserta didik pada pembelajaran.
Pada
hakikatnya platform ini adalah mudah dipelajari dan mudah
digunakan terutama bagi para pendidik yang menganggap dirinya berada di luar
basis pengetahuan teknologi yang berkembang saat ini. Edmodo menyediakan
lingkungan dimana mengajar dan belajar dapat menghasilkan kegembiraan peserta
didik, peserta didik menjadi lebih mandiri, tanpa melupakan standar pengukuran
keberhasilan peserta didik. Tidak dapat dipungkiri bahwa peserta didik akan
sangat tertarik bahkan menyukai pembelajaran lewat platform ini,
dan ketika peserta didik merasa senang keinginan mereka untuk dapat mengatasi
materi baru dan sulit akan meningkat.
Edmodo
merupakan aplikasi yang menarik untuk membangun semangat peserta didik untuk
belajar pada pendidikan jarak jauh. Ini dikarenakan edmodo memiliki beberapa
kelebihan dibandingkan dengan media sosial maupun LMS lainnya sebagai berikut :
a)
Mirip facebook, mudah digunakan.
b)
Closed group collaboration: hanya yang
memiliki group code yang dapat mengikuti kelas.
c)
Free, diakses online, dan tersedia untuk perangkat smart phone (android dan
Iphone).
d)
Tidak memerlukan server di sekolah.
e)
Dapat diakses dimanapun dan kapanpun.
f)
Edmodo selalu diupdate oleh pengembang.
g) Edmodo dapat diaplikasikan
dalam satu kelas, satu sekolah, antar sekolah dalam satu kota/kabupaten.
h)
Edmodo dapat digunakan bagi peserta didik, pendidik, dan orang tua.
i)
Edmodo digunakan berkomunikasi menggunakan model sosial media, learning
material, dan evaluasi.
j)
Edmodo mendukung model team teaching, co-teacher, dan teacher
collaboration.
k)
Terdapat notifikasi
l)
Fitur Badge dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan motivasi
peserta didik.
D.
Manfaat
Jejaring Sosial EDMODO Bagi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran
Edmodo adalah
sebuah situs yang diperuntukan bagi pendidik untuk membuat kelas virtual. Situs
tersebut gratis dan gampang digunakannya selama seorang guru dan murid bisa
terhubung dengan internet. Edmodo adalah sebuah jawaban bagi sebuah ruang kelas
virtual yang nyaman dan aman, dikarenakan :
a)
Siswa bisa berinteraksi dalam pantauan gurunya (bebas cyber crime dan cyber
bullying). Guru bisa ‘mengunci’ siswa dengan demikian ia hanya bisa membaca dan
tidak bisa berkomentar pada seisi ‘kelas’ namun tetap ia bisa berkomunikasi
langsung dengan gurunya.
b)
Tidak ada orang luar yang bisa masuk dan melihat kelas virtual yang dibuat
oleh seorang guru tanpa mendapat kode khusus dari guru yang bersangkutan
c) Guru bisa memulai
pertanyaan, menaruh foto atau video, menaruh presentasi bahan ajar, yang
kesemuanya bebas untuk diunduh oleh siswa dan dikomentari
d) Murid bisa
kembali kapan saja untuk mengulang materi yang diberikan gurunya, bahkan PR
bisa diberikan melalui edmodo. Murid juga bisa mengumpulkan PR nya lewat
edmodo, tinggal unggah saja.
e)
Edmodo bisa dipadukan dengan situs lain seperti wall wisher, glogster dan
lain sebagainya.
f)
Guru bisa menaruh nilai dari pekerjaan siswa sebagai acuan bagi siswa.
g)
Kelas virtual yang dibuat seorang guru tidak terbatas, guru bisa menaruh
bahan ajar untuk digunakan di angkatan atau tahun ajaran berikutnya
h) Siswa bisa
bekerja sama dengan siswa lain dalam grup kecil yang dibentuk oleh gurunya.
Saat mengerjakan sebuah proyek bersama mereka bisa menaruh semua dokumen yang
diperlukan dalam pengerjaannya.
i) Edmodo
memungkinkan guru menaruh bahan ajar yang sangat berguna bagi siswa yang tidak
masuk atau berhalangan saat melakukan tatap muka.
j) Siswa yang
pendiam bisa bebas berkata-kata dan berpendapat tanpa khawatir dipermalukan,
sementara sianak tipe aktif bisa posting pertanyaan kapan saja asal ia
terhubung dengan internet.
k)
guru bisa mengajarkan tata cara yang berlaku di dunia maya seperti cara berkomentar
dan sederet tata krama di dunia maya yang perlu siswanya ketahui.
E.
Kelebihan dan
Kekurangan EDMODO
Kelebihan Edmodo diantaranya :
1. User
Interface. Mengadaptasi tampilan seperti facebook, secara sederhana
edmodo relatif mudah untuk digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.
2.
Compatibility. Edmodo mendukung preview berbagai jenis format file seperti:
pdf, pptx, html, swf dan sebagainya
3.
Aplikasi. Edmodo tidak hanya dapat diakses dengan menggunakan PC (laptop /
desktop) tetapi juga bisa diakses dengan menggunakan gadget berbasis Android
OS.
Kekurangan Edmodo diantaranya :
1.
Social Media. Edmodo tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun,
seperti facebook, twitter atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini,
hampir setiap website terintegrasi dengan media sosial supaya penggunanya dapat
berbagi (sharing). Lagipula orang Indonesia lebih familiar mengetikkan kata
facebook.com ketimbang edmodo.com
2. Languange.
Penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang
menyulitkan guru dan siswa.
3.
Video Conference belum tersedia. Hal ini cukup penting untuk berinteraksi
dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas.
BAB II
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1.
Edmodo merupakan platform media sosial yang sering digambarkan sebagai
facebook buat sekolah. Berfungsi untuk memberikan peringatan, tugas, penilaian,
poling dan agenda yang diberikan kepada siswa. Aplikasi ini memerlukan jaringan
internet yang menyeluruh dan aktif. Selain itu, memerlukan kesadaran pelajar
untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran.
2.
Adapun fitur dari edmodo yang dapat dimanfaatkan oleh guru adalah
Assigment, File and Liks, Quiz, polling, Gradebook, Library, Awards Badges, dan
Parents Codec.
3. Edmodo dalam
pembelajaran dapat berfungsi sebagai platform bagi guru untuk melakukan
pemberian tugas dan penilaian kepada siswanya secara online.
B.
Saran
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya.
Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi penulis sendiri
maupun orang yang membacanya. Sebelumnya penulis mohon maaf apabila terdapat
kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan penulis memohon kritik dan saran
yang membangun demi perbaikan di masa depan.
Comments