LATIHAN UUS Gasal 2017/2018 simdigSMK Pancasila 9 Giriwoyo
1. Aplikasi interaksi
online diantaranya berikut ini yaitu …
a. Adobe flash
player
d. Hotmail
b. Gmail
e. semua jawaban benar
c. Skype
2. Kelebihan
komunikasi online dalam menunjang proses pembelajaran adalah…
a. Peserta didik perlu
kecermatan dalam mencerna materi
b. Dalam kegiatan
dapat dalam keadaan offline
c. Guru dan peserta
didik dapat langsung bertatap muka secara massal
d. Kegiatan
pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja
e. Interaksi antara
guru dan peserta didik semakin interaktif
3. Berikut ini fitur
yang tidak termasuk dalam aplikasi yahoo messenger yaitu…
a. Konferensi telepon
d. video call
b. Text
chat
e. SMS
c. Y update
4. Fungsi pemanfaatan
teknologi komunikasi adalah…
a. Untuk memperlancar
komunikasi
b. Sebagai sarana
penghubung antara peserta didik dan guru
c. Untuk mendukung dan
meningkatkan kegiatan pembelajaran
d. Sebagai pengolah
data dan informasi yang nasuk
e. Media pengelola
kelas berbasis web
5. Pengertian tentang
kelas maya yang paling tepat berikut ini adalah…
a. Pembelajaran yang
memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi dengan media internet
b. Pembelajaran yang
memanfaatkan media internet untuk berkomunikasi
c. Kegiatan belajar
berbasis web
d. Pengelolaan kelas
yang berbasis web
e. System pembelajaran
online antara guru dan peserta didik dapat berkomunikasi dengan media internet
6. Manfaat kelas maya
bagi pembelajaran adalah…
a. Pembelajaran
bersifat sosial
b. Akses internet
tersedia luas
c. Informasi dapat
ditemukan dimana saja
d. Pembelajaran
menarik sehingga mampu meningkatkan kemapuan peserta didik
e. Interaksi guru dan
peserta didik efektif
7. Faktor yang perlu
diperhatikan dalam penerapan kelas maya adalah…
a. Hadware dan
software yang harus diperlukan harus spesifikasi yang tinggi
b. Cara mengelola
kelas maya
c. Data yang akan di
share perlu dipecah menjadi lebih kecil
d. Kemapuan dengan
spesifikasi tinggi
e. Ketersediaan
infrastruktur jaringan pendukung yang memadai
8. Langkah perubahan
password peserta didik pada edmodo adalah…
a. Account, setting,
password, klik change password
b. Account, setting,
password
c. Setting, account,
password
d. Account, setting,
change password
e. Setting, account,
change password
9. Dalam komunikasi
daring sebisa mungkin dihindari dalam penggunaan huruf capital. Hal ini
dimaksudkan karena…
a. Huruf capital
berarti tidak menghargai
b. Huruf capital
bermakna menyuruh
c. Huruf capital
berarti memaksakan kehendak
d. Huruf capital
bermakna menghina
e. Huruf capital
mengandung makna teriakan
10. Chatting dan
mendengarkan music serta dapat digunakan untuk update status music adalah fitur
dari aplikasi…
a. Gtalk
d. campfrog
b. WeChat
e. Line
c. Skype
11. Fitur add pada
Gtalk berfungsi sebagai…
a. Untuk menambah
aplikasi
d. ditambahkan sebagai teman
b. Menambah
jaringan
e. menambah quota
c. Menambah teman
12. Pengertian tentang
kelas maya yang paling tepat berikut ini adalah…
a. System pembelajaran
online antara guru dan peserta didik dapat berinteraksi sesukanya.
b. Pembelajaran
yang memanfaatkan media internet untuk berkomunikasi
c. Pembelajaran yang
memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi dengan media internet
d. Kegiatan belajar
berbasis web
e. Pengelolaan kelas
yang berbasis web
13. Fungsi learning
management system (LMS) dalam pengelolaan pembelajaran kelas maya yaitu…
a. Untuk membuat
materi pembelajaran dan megelola hasil pembelajran yang berbasis web
b. Menggunakan
kembali, menempatkan, menyampaikan, mengelola, dan memperbaiki, materi
pembelajaran
c. Digunakan membuat
materi pelajaran saja
d. Digunakan hanya
mengelola informasi yang diterima
e. Hanya digunakan
untuk mendistribusikan informasi yang akan dikirim
14. Fungsi pemanfaatan
teknologi komunikasi adalah…
a. Untuk memperlancar
komunikasi
b. Untuk mendukung dan
meningkatkan kegiatan pembelajaran
c. Sebagai sarana
penghubung antara peserta didik dengan guru
d. Media pengelola
kelas berbasis web
e. Sebagai pengelola
data dan informasi yang masuk
15. Berikut yang
termasuk dalam kegiatan pembelajaran dalam kelas maya dinataranya…
a. Interaksi antara peserta
didika dan guru tidak perlu
b. Peserta didik tidak
perlu cermat dalam mempelajari materi di kelas maya
c. Kegiatan
pembelajaran dan mata pelajaran dijadwalkan pada jam- jam tertentu sehingga
antar mata pelajaran tidak bertumbukan
d. Guru sebagai
fasilitator untuk menyampaikan materi pembelajaran
e. Peserta didik tidak
perlu cermat dalam mempelajari materi dikelas maya
16. Manfaat kelas maya
bagi pembelajaran adalah…
a. Interaksi guru dan
peserta didik efektif
b. Akses internet
tersedia luas
c. Informasi dapat
ditemukan dimana saja
d. Pembelajaran
menarik sehingga mampu meningkatkan kemampuan peserta didik
e. Pembelajaran
bersifat sosial
17. Factor yang perlu
diperhatikan dalam penerapan kelas maya adalah…
a. Hardware dan
software harus dalam spesifikasi tinggi
b. Data yang perlu
dshare perlu dipecah menjadi lebih kecil
c. Cara mengelola
kelas maya
d. Kemampuan dengan
spesifikasi yang tinggi
e. Katersediaan
infrastruktur jaringan pendukung yang memadai
18. Langkah perubahan
password peserta didik dalam edmodo adalah…
a. Setting, account,
password
b. Account, setting,
password, klik change password
c. Account, setting,
password
d. Account, setting, change
password
e. Setting, password
change password
19.Yang bukan
adanya kelas maya yaitu…
a. Kelas maya daoat
mengukur kemampuan peserta didik dengan sendirinya
b. Menumbuhkan minta
peserta didik akan belajar
c. Menciptakan lingkungan
belajar yang kondusif
d. Memfasilitasi
interaksi antara guru dan peserta didik
e. Meningkatkan
kemampuan peserta didik dalam belajar
20. Fasilitas
Perpustakaan maya di edmodo berfungsi …
a. Sebagai
katalog materi dengan koneksi internet
b. Untuk mengunggah
dan menyimpan materi
c. Untuk menyediakan
materi pembelajaran baik video, audio, teks dan sebagainya
d. Sebagai perangkat
elektronik untuk mencari sumber belajar
e. Untuk mendukung
pembelajaran
21. Format materi yang
dapat diunggah di perpustakaan maya edmodo adalah…
a. Mkv
d. pdf
b. Mp4
e. semua jawaban benar
c. Doc
22.Pertama kali
yang dilakukan peserta didik yang menggunakan edmodo adalah…
a. Membuat
account
d. merubah password
b. Pengaturan
profile
e. mengerjaka tugas
c. Membuat jadwal
dikalender
23.Yang merupakan
tujuan penggunaan polling adalah…
a. Ntuk membantu
peserta didik mencapai tujuan pembelajaran
b. Untuk mengetahui
seberapa minat peserta didik terhadap suatu pelajaran
c. Untuk menemukan
konsep pembelajaran yang tepat
d. Memberi kemudahan
akses peserta didik dalam megakses materi
e. Sebagai media media
perantara anatara guru dan peserta didik
24.Yang bukan jenis
pertanyaan yang terdapat pada fitur kuis adalah…
a. Benar salah
d. uraian ganda
b. Pilihan
ganda
e. uraian singkat
c. Mencocokkan
25. Syarat utama untuk
dapat mengunduh materi diperpustakaan maya yaitu dengan …
a. Terkoneksi
internet
d. keahlian yang tinggi
b. Keahlian yang
tinggi
e. spesifikasi hardware yang tinggi
c. Diakses hanya
orang- orang tertentu
26. Berikut aplikasi
yang digunkan untuk mendukung presentasi video yaitu…
a. Movie
maker
d. adobe reader
b. Adobe
premiere
e. ulead photoshop
c. Screen o matic
27. Berikut syarat-
syarat presentasi video yang tepat diantaranya…
a. Audien mengerti
sebelum materi informasi disampaikan
b. Maksud dan tujuan
jelas
c. Terdapat
pendahuluan, isi, penutup
d. Presentasi video
sederhana
e. Presentasi berupa
video, audien, teks
28. Salah satu fungsi
presentasi video ialah dapat memepengaruhi. Maksud dari mempengaruhi tersebut
yaitu…
a. Orang lain dapat
melakukan sesuka hati sesuai apa yang diinginkan presenter
b. Supaya orang lain
melakukan sesuatu (tujuan tertentu) sesuai dengan pa yang diinginkan presenter
c. Agar orang lain
dapat mengerti informasi yang disampaikan dan membeli produk
d. Supaya dapat
digunkana untuk memasarkan hasil produksi
e. Orang lain dapat
memahami maksud dan tujuan presenter mempresentasikan video
29. Kelebihan
presentasi video pembelajaran adalah…
a. Tidak terpaku pada
presentasi konvensional
b. Menggabungkan semua
unsur media, seperti teks, audio, animasi, gambar, grafik, dan video, yang
menjadi satu kesatuan
c. Penyajian materi
menjadi lebih menarik
d. Pemilihan materi
lebih luas
e. Simpel
30. Dalam
presentasi video informasi yang dosampaikan harus jelas, hal ini
berkaitan dengan …
a. Pesan yang
disampaikan supaya tepat dan mudah dimengerti
b. Alur kerja runtut
c. Komunikasi lebih
mudah
d. Proses pembuatan
presentasi video rumit
e. Pemahaman setiap
orang berbeda- beda
31. Synopsis adalah…
a. Skenario sebuah
video yang diperankan oleh pemain
b. Rangkaian suatu
proses pembuatan suatu video yang dilengkapi dengan alur
c. Rangkaian suatu
peristiwa yang dikisahkan dalam bentuk cerita yang disimpulkan dalam bentuk
uraian singkat dan jelas
d. Alur cerita yang dikisahkan
dalam bentuk teks dalam bentuk teks dan diperankan oleh pemain
e. Kupulan teks yang
berisis tentang alur cerita diperankan oleh pemain.
32. Berikut yang bukan
tujuan dari presentasi video yaitu…
a. Menyampaiakan ide
b. Memanfaatkan orang
lain untuk melakukan sesuatu
c. Mengomunikasikan
gagasan
d. Memberikan
informasi
e. Memperoleh
informasi mengenai sesuatu
33. Pengambila
gambar maksimal 10 detik bertujuan untuk…
a. Memudahkan editor
memotong gambar
b. Resolusi video
supaya besar
c. Data video terekam
baik
d. Objek tidak mudah
bergerak
e. File size tidak
terlalu besar
34. Cara memegang
kamera atau handycam yang baik diantaranya…
a. Kedua tangan
mengatur pemain dengan aba- aba dan satunya memegang zoom
b. Tangan kanan
memeganag tombol zoom dan power , dan tangan kiri menjaga keseimbangan
c. Satu tangan
memegang tombol power dan satunya memegang tombol zoom
d. Satu tangan
ditombol zoom, dan satunya memegang keseimbangan kamera
e. Kedua tangan sama-
sama menjaga keseimbangan kamera
35.Presentasi video
harus memiliki alur yang logis. Hal ini berkaitan dengan…
a. Kemampuan presenter
meyajikan presentasi video
b. Kondisi peralatan
c. Kebutuhan pasar
d. Kemampuan editor
membuat video
e. Keruntutan cerita
mengenai informasi suatu produk
36. Manakah yang tidak
termasuk software 3D animasi…
a. 3DSMax
d. FLV
b. FBF
e. JGW
c. GIF
37. Dibawah ini yang
termasuk dalam media penyimpanan dan publikasi online untuk visualisasi digital
adalah…
a. Ekternal
hardisk
d. Flashdisk
b. Memory
card
e. youtube
c. DVDC
38. Berikut yang tidak
termasuk pengertian simulasi visual 3D adalah…
a. Memiliki
ruang
d. panjang, lebar, tinggi
b. Memiliki
volume
e. panjang, lebar, tinggi, luas
c. Titik koordinat
sumbu x (datar), sumbu y(tegak), dan sumbu z (miring)
39. Yang tidak termasuk
dalam fungsi simulasi visual adalah…
a. Media
pembelajaran
d. media produksi sekaligus penjualan
b. Menyampaikan
informasi
e. menyampaikan gagasan komersial
c. Sarana komunikasi
40. teknik yang tidak
digunakan untuk membuat animasi video adalah…
a. digital
2D
d. dubbling
b. collage
e. stop motion
c. rotoscoping
B. Kerjakan soal
uraian berikut dengan benar!
1.
Jelaskan
pengertian Komunikasi dalam jaringan ( Daring)!
2.
Sebiutkan 5 elemen
penting dalam komunikasi!
3.
Jelaskan
pengertian system komunikasi berikut
a.
Real time system
b.
Batch processing
system
c.
Time sharing
system
d.
Distributed Data
Processing system
4.
Jenis komunikasi
ada 2 yaitu
a.
Langsung (
Synchronous)
b.
Tidak langsung
(asynchronous)
Jelaskan pengertiannya!
5.
Menurut Arnold dan
bowers, Tujuan Komunikasi ada 4 sebutkan dan jelaskan!
Comments