LATIHAN UUS Gasal 2017/2018 simdigSMK Pancasila 9 Giriwoyo


1.    Aplikasi interaksi online diantaranya berikut ini yaitu …
a.       Adobe flash player                                         d.  Hotmail
b.      Gmail                                                             e.  semua jawaban benar
c.       Skype
2.    Kelebihan komunikasi online dalam menunjang proses pembelajaran adalah…
a.       Peserta didik perlu kecermatan dalam mencerna materi
b.      Dalam kegiatan dapat dalam keadaan offline
c.       Guru dan peserta didik dapat langsung bertatap muka secara massal
d.      Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja
e.       Interaksi antara guru dan peserta didik semakin interaktif
3.     Berikut ini fitur yang tidak termasuk dalam aplikasi yahoo messenger yaitu…
a.       Konferensi telepon                                         d.  video call
b.      Text chat                                                        e.  SMS
c.       Y update
4.    Fungsi pemanfaatan teknologi komunikasi adalah…
a.       Untuk memperlancar komunikasi
b.      Sebagai sarana penghubung antara peserta didik dan guru
c.       Untuk mendukung dan meningkatkan kegiatan pembelajaran
d.      Sebagai pengolah data dan informasi yang nasuk
e.       Media pengelola kelas berbasis web
5.    Pengertian tentang kelas maya yang paling tepat berikut ini adalah…
a.       Pembelajaran yang memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi dengan media internet
b.      Pembelajaran yang memanfaatkan media internet untuk berkomunikasi
c.       Kegiatan belajar berbasis web
d.      Pengelolaan kelas yang berbasis web
e.       System pembelajaran online antara guru dan peserta didik dapat berkomunikasi dengan media internet
6.    Manfaat kelas maya bagi pembelajaran adalah…
a.       Pembelajaran bersifat sosial
b.      Akses internet tersedia luas
c.       Informasi dapat ditemukan dimana saja
d.      Pembelajaran menarik sehingga mampu meningkatkan kemapuan peserta didik
e.       Interaksi guru dan peserta didik efektif
7.    Faktor yang perlu diperhatikan dalam penerapan kelas maya adalah…
a.       Hadware dan software yang harus diperlukan harus spesifikasi yang tinggi
b.      Cara mengelola kelas maya
c.       Data yang akan di share perlu dipecah menjadi lebih kecil
d.      Kemapuan dengan spesifikasi tinggi
e.       Ketersediaan infrastruktur jaringan pendukung yang memadai



8.    Langkah perubahan password peserta didik pada edmodo adalah…
a.       Account, setting, password, klik change password
b.      Account, setting, password
c.       Setting, account, password
d.      Account, setting, change password
e.       Setting, account, change password
9.    Dalam komunikasi daring sebisa mungkin dihindari dalam penggunaan huruf capital. Hal ini dimaksudkan karena…
a.       Huruf capital berarti tidak menghargai
b.      Huruf capital bermakna menyuruh
c.       Huruf capital berarti memaksakan kehendak
d.      Huruf capital bermakna menghina
e.       Huruf capital mengandung makna teriakan
10. Chatting dan mendengarkan music serta dapat digunakan untuk update status music adalah fitur dari aplikasi…
a.       Gtalk                                                              d.  campfrog
b.      WeChat                                                          e.  Line
c.       Skype
11. Fitur add pada Gtalk berfungsi sebagai…
a.       Untuk menambah aplikasi                              d.  ditambahkan sebagai teman
b.      Menambah jaringan                                        e.  menambah quota
c.       Menambah teman
12. Pengertian tentang kelas maya yang paling tepat berikut ini adalah…
a.       System pembelajaran online antara guru dan peserta didik dapat berinteraksi sesukanya.
b.       Pembelajaran yang memanfaatkan media internet untuk berkomunikasi
c.       Pembelajaran yang memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi dengan media internet
d.      Kegiatan belajar berbasis web
e.       Pengelolaan kelas yang berbasis web
13. Fungsi learning management system (LMS) dalam pengelolaan pembelajaran kelas maya yaitu…
a.       Untuk membuat materi pembelajaran dan megelola hasil pembelajran yang berbasis web
b.      Menggunakan kembali, menempatkan, menyampaikan, mengelola, dan memperbaiki, materi pembelajaran
c.       Digunakan membuat materi pelajaran saja
d.      Digunakan hanya mengelola informasi yang diterima
e.       Hanya digunakan untuk mendistribusikan informasi yang akan dikirim
14. Fungsi pemanfaatan teknologi komunikasi adalah…
a.       Untuk memperlancar komunikasi
b.      Untuk mendukung dan meningkatkan kegiatan pembelajaran
c.       Sebagai sarana penghubung antara peserta didik dengan guru
d.      Media pengelola kelas berbasis web
e.       Sebagai pengelola data dan informasi yang masuk
15. Berikut yang termasuk dalam kegiatan pembelajaran dalam kelas maya dinataranya…
a.       Interaksi antara peserta didika dan guru tidak perlu
b.      Peserta didik tidak perlu cermat dalam mempelajari materi di kelas maya
c.       Kegiatan pembelajaran dan mata pelajaran dijadwalkan pada jam- jam tertentu sehingga antar mata pelajaran tidak bertumbukan
d.      Guru sebagai fasilitator untuk menyampaikan materi pembelajaran
e.       Peserta didik tidak perlu cermat dalam mempelajari materi dikelas maya
16. Manfaat kelas maya bagi pembelajaran adalah…
a.       Interaksi guru dan peserta didik efektif
b.      Akses internet tersedia luas
c.       Informasi dapat ditemukan dimana saja
d.      Pembelajaran menarik sehingga mampu meningkatkan kemampuan peserta didik
e.       Pembelajaran bersifat sosial
17. Factor yang perlu diperhatikan dalam penerapan kelas maya adalah…
a.       Hardware dan software harus dalam spesifikasi tinggi
b.      Data yang perlu dshare perlu dipecah menjadi lebih kecil
c.       Cara mengelola kelas maya
d.      Kemampuan dengan spesifikasi yang tinggi
e.       Katersediaan infrastruktur jaringan pendukung yang memadai


18. Langkah perubahan password peserta didik dalam edmodo adalah…
a.       Setting, account, password
b.      Account, setting, password, klik change password
c.       Account, setting, password
d.      Account, setting, change password
e.       Setting, password change password
19.Yang bukan adanya kelas maya yaitu…
a.       Kelas maya daoat mengukur kemampuan peserta didik dengan sendirinya
b.      Menumbuhkan minta peserta didik akan belajar
c.       Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
d.      Memfasilitasi interaksi antara guru dan peserta didik
e.       Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam belajar
20. Fasilitas Perpustakaan maya di edmodo berfungsi …
a.       Sebagai katalog  materi dengan koneksi internet
b.      Untuk mengunggah dan menyimpan materi
c.       Untuk menyediakan materi pembelajaran baik video, audio, teks dan sebagainya
d.      Sebagai perangkat elektronik untuk mencari sumber belajar
e.       Untuk mendukung pembelajaran
21. Format materi yang dapat diunggah di perpustakaan maya edmodo adalah…
a.       Mkv                                                                d.  pdf
b.      Mp4                                                                e.  semua jawaban benar
c.       Doc
22.Pertama kali yang dilakukan peserta didik yang menggunakan edmodo adalah…
a.       Membuat account                                          d.  merubah password
b.      Pengaturan profile                                          e. mengerjaka tugas
c.       Membuat jadwal dikalender
23.Yang merupakan tujuan penggunaan polling adalah…
a.       Ntuk membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran
b.      Untuk mengetahui seberapa minat peserta didik terhadap suatu pelajaran
c.       Untuk menemukan konsep pembelajaran yang tepat
d.      Memberi kemudahan akses peserta didik dalam megakses materi
e.       Sebagai media media perantara anatara guru dan peserta didik
24.Yang bukan jenis pertanyaan yang terdapat pada fitur kuis adalah…
a.       Benar salah                                                     d.  uraian ganda
b.      Pilihan ganda                                                 e.  uraian singkat
c.       Mencocokkan
25. Syarat utama untuk dapat mengunduh materi diperpustakaan maya yaitu dengan …
a.       Terkoneksi internet                                        d.  keahlian yang tinggi
b.      Keahlian yang tinggi                                      e.  spesifikasi hardware yang tinggi
c.       Diakses hanya orang- orang tertentu
26. Berikut aplikasi yang digunkan untuk mendukung presentasi video yaitu…
a.       Movie maker                                                  d.  adobe reader
b.      Adobe premiere                                             e.  ulead photoshop
c.       Screen o matic
27. Berikut syarat- syarat presentasi video yang tepat diantaranya…
a.       Audien mengerti sebelum materi informasi disampaikan
b.      Maksud dan tujuan jelas
c.       Terdapat pendahuluan, isi, penutup
d.      Presentasi video sederhana
e.       Presentasi berupa video, audien, teks
28. Salah satu fungsi presentasi video ialah dapat memepengaruhi. Maksud dari mempengaruhi tersebut yaitu…
a.       Orang lain dapat melakukan sesuka hati sesuai apa yang diinginkan presenter
b.      Supaya orang lain melakukan sesuatu (tujuan tertentu) sesuai dengan pa yang diinginkan presenter
c.       Agar orang lain dapat mengerti informasi yang disampaikan dan membeli produk
d.      Supaya dapat digunkana untuk memasarkan hasil produksi
e.       Orang lain dapat memahami maksud dan tujuan presenter mempresentasikan video





29. Kelebihan presentasi video pembelajaran adalah…
a.       Tidak terpaku pada presentasi konvensional
b.      Menggabungkan semua unsur media, seperti teks, audio, animasi, gambar, grafik, dan video, yang menjadi satu kesatuan
c.       Penyajian materi menjadi lebih menarik
d.      Pemilihan materi lebih luas
e.  Simpel
30. Dalam presentasi  video informasi yang dosampaikan harus jelas, hal ini berkaitan dengan …
a.       Pesan yang disampaikan supaya tepat dan mudah dimengerti
b.      Alur kerja runtut
c.       Komunikasi lebih mudah
d.      Proses pembuatan presentasi video rumit
e.       Pemahaman setiap orang berbeda- beda
31. Synopsis adalah…
a.       Skenario sebuah video yang diperankan oleh pemain
b.      Rangkaian suatu proses pembuatan suatu video yang dilengkapi dengan alur
c.       Rangkaian suatu peristiwa yang dikisahkan dalam bentuk cerita yang disimpulkan dalam bentuk uraian singkat dan jelas
d.      Alur cerita yang dikisahkan dalam bentuk teks dalam bentuk teks dan diperankan oleh pemain
e.       Kupulan teks yang berisis tentang alur cerita diperankan oleh pemain.
32. Berikut yang bukan tujuan dari presentasi video yaitu…
a.       Menyampaiakan ide
b.      Memanfaatkan orang lain untuk melakukan sesuatu
c.       Mengomunikasikan gagasan
d.      Memberikan informasi
e.       Memperoleh informasi mengenai sesuatu
33. Pengambila  gambar maksimal 10 detik bertujuan untuk…
a.       Memudahkan editor memotong gambar       
b.      Resolusi video supaya besar
c.       Data video terekam baik
d.      Objek tidak mudah bergerak
e.       File size tidak terlalu besar
34. Cara memegang kamera atau handycam yang baik diantaranya…
a.       Kedua tangan mengatur pemain dengan aba- aba dan satunya memegang zoom
b.      Tangan kanan memeganag tombol zoom dan power , dan tangan kiri menjaga keseimbangan
c.       Satu tangan memegang tombol power dan satunya memegang tombol zoom
d.      Satu tangan ditombol zoom, dan satunya memegang keseimbangan kamera
e.       Kedua tangan sama- sama menjaga keseimbangan kamera
35.Presentasi video harus memiliki alur yang logis. Hal ini berkaitan dengan…
a.       Kemampuan presenter meyajikan presentasi video
b.      Kondisi peralatan
c.       Kebutuhan pasar
d.      Kemampuan editor membuat video
e.       Keruntutan cerita mengenai informasi suatu produk
36. Manakah yang tidak termasuk software 3D animasi…
a.       3DSMax                                                         d.  FLV
b.      FBF                                                                e.  JGW
c.       GIF
37. Dibawah ini yang termasuk dalam media penyimpanan dan publikasi online untuk visualisasi digital adalah…
a.       Ekternal hardisk                                             d.  Flashdisk
b.      Memory card                                                  e.  youtube
c.       DVDC
38. Berikut yang tidak termasuk pengertian simulasi visual 3D adalah…
a.       Memiliki ruang                                               d.  panjang, lebar, tinggi
b.      Memiliki volume                                            e.  panjang, lebar, tinggi, luas
c.       Titik koordinat sumbu x (datar), sumbu y(tegak), dan sumbu z (miring)
39. Yang tidak termasuk dalam fungsi simulasi visual adalah…
a.       Media pembelajaran                                      d.  media produksi sekaligus penjualan
b.      Menyampaikan informasi                               e.  menyampaikan gagasan komersial
c.       Sarana komunikasi

40.  teknik yang tidak digunakan untuk membuat animasi video adalah…
a.       digital 2D                                                       d.  dubbling
b.      collage                                                            e.  stop motion
c.       rotoscoping

B.     Kerjakan soal uraian berikut dengan benar!
1.                  Jelaskan pengertian Komunikasi dalam jaringan ( Daring)!
2.                  Sebiutkan 5 elemen penting dalam komunikasi!
3.                  Jelaskan pengertian system komunikasi berikut
a.                   Real time system
b.                  Batch processing system
c.                   Time sharing system
d.                  Distributed Data Processing system
4.                  Jenis komunikasi ada 2 yaitu
a.                   Langsung ( Synchronous)
b.                  Tidak langsung (asynchronous)
Jelaskan pengertiannya!

5.                  Menurut Arnold dan bowers, Tujuan Komunikasi ada 4 sebutkan dan jelaskan!

Comments

Popular posts from this blog

LATIHAN SOAL BAHASA INGGRIS KELAS XII UAS GASAL 2016/2017